kumpulan resep masakan indonesia dan resep sehat alami: resep ayam | masakan enak dan sehat

kumpulan resep masakan indonesia dan resep sehat alami

berbagi resep masakan dan minuman tiap hari gratis untuk menuju sehat alami dan memiliki asuransi kesehatan

Tampilkan postingan dengan label resep ayam. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label resep ayam. Tampilkan semua postingan

Jumat, 17 Mei 2019

5 Resep Opor Ayam Spesial di Hari lebaran

5 Resep Opor Ayam Spesial di Hari lebaran

Resep opor ayam lebaran- Di masyarakat kita opor ayam bisanya identik dengan hari besar keagamaan yaitu hari raya idul fitri atau lebaran.Resep opor ayam ini sangat enak jika disandingkan dengan ketupat yang bungkusnya terbuat dari janur kelapa muda.

Coba anda bayangkan bagaimana kelezatan ketupat di campur dengan opor ayam spesial yang menggugah selera pasti bunda semua ngiler mendengarnya,hehehe Resep opor ayam putih ini
biasanya terbuat dari rempah-rempah bumbu opor ayam jawa yang khas.

Jika anda ingin membeli hidangan opor ayam juga banyak disuguhkan direstoran,warung nasi,ataupun dipedagang kaki lima.Namun jika dibandingkan dengan membeli pasti anda ada yang penasaran bagai mana cara membuatnya.Di bawah ini saya sudah menyiapkan 5 resep opor ayam yang praktis dan mudah sekali dibuat.

Resep opor ayam lebaran

1. Resep opor ayam spesial bumbu kuning

opor ayam bumbu kuning

Bahan-bahan

  • Untuk 8porsi
  • 500gr Dada Ayam
  • 1 bks Santan Instant
  • 1 bks Penyedap Rasa
  • Secukupnya Air
  • Secukupnya Minyak
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Gula
  • 3 lbr Daun Salam
  • 3 lbr Daun Jeruk
  • Secukupnya Bawang Merah goreng

Bumbu yang dihaluskan :

  • 7 siung Bawang Merah
  • 4 siung Bawang Putih
  • 2 ruas Kunyit
  • 1 ruas Jahe
  • 1 sdm Ketumbar butir
  • 2 butir Kemiri
  • 1 sdm Merica

Bumbu yg digeprek:

  • 2 btg Sereh ambil putihnya
  • 1 ruas Laos/Lengkuas

Langkah dan cara membuat opor ayam bumbu kuning:

  1. Potong daging ayam bagian dada sesuai selera (me:jadi 8 bagian). Cuci bersih dan siapkan air untuk merebus dan diambil kaldu ayamnya. Setelah selesai goreng ayam hingga setengah matang,sisihkan.
  2. Siapkan bumbu yg dihaluskan lalu tumis dengan secukupnya minyak masukkan daun salam,daun jeruk, serta bumbu yg di geprek, tumis hingga harum. Tambahkan air kaldu ayam/bekas rebusan ayam tadi tunggu hingga mendidih masukkan garam,gula,penyedap rasa cicipi sesuai selera. Setelah mendidih masukkan santan instant aduk terus agar santan tidak pecah.
  3. erakhir masukkan ayam yg di goreng setengah matang dan tunggu sampai mendidih. Jika sudah mendidih matikan kompor dan sajikan hangat².
  4. Saran penyajian : potong ketupat/lontong sesuai selera masukkan dalam mangkok kemudian tambahkan ayam yg di suwir² tabur secukupnya bawang goreng dan sambal kecap lalu siram kuah opor ayam bumbu kuning 

2. Resep opor ayam putih


Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam,bagi beberapa bagian
  • 1000 ml santan
  • 4 lembar daun jeruk
  • Secukupnya garam,gula,penyedap,merica bubuk
  • Minyak
  • Bawang merah goreng

Bumbi halus :

  • 5 siung ba.putih
  • 5 siung ba.merah
  • 1 ruas lengkuas
  • 2 batang serai
  • 1 ruas jahe
  • 1/2 ruas kencur
  • 3 buah kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • Sedikit air

Langkah dan cara membuat opor ayam putih

  1. Haluskan bumbu dengan air. Jika sudah halus tuang kewajan,masak sampai air meresap. Baru tambahkan minyak,masak sampai bumbu matang.
  2. Masukkan ayam,aduk sampai ayam berubah warna. Masukkan daun jeruk. Tambahkan santan masak sampai mendidih.
  3. Tambahkan gula,garam,penyedap dan merica bubuk. Aduk rata koreksi rasa.
  4. Masak sampai ayam matang,angkat dan sajikan. Taburi ba.merah goreng.

3. Resep opor ayam sederhana


Bahan-bahan
  • 1 kg ayam kampung
  • 1 lt santan (remasan dari 1 butir kelapa)
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 batang serai (geprek)
  • 1 ruas lengkuas (geprek)
  • secukupnya Garam
  • secukupnya Lada
  • secukupnya Gula pasir
  • Penyedap rasa (optional)
  • Minyak secukupnya untuk menumis
  • Air secukupnya (optional)

Bumbu Halus:

  • 7 siung bawang merah
  • 6 siung bawang putih
  • 2 ruas kunyit
  • 1 ruas jahe
  • 2 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar

Langkah cara membuat opor ayam sederhana:

  1. Cuci bersih ayamnya, tiriskan
  2. Haluskan bumbu yg sudah disiapkan (bisa di ulek bisa di blender sesuai selera)
  3. Opor Ayam Sederhana recipe step 2 photo
  4. Tumis bumbu halus, tambahkan batang serai yang digeprek, lengkuas geprek, daun salam dan daun jeruk, tumis hingga wangi
  5. Masukkan ayam yg sudah dicuci bersih aduk, masukan garam, lada, dan gula pasir,aduk rata dan diamkn sebentar agar bumbu meresap
  6. Masukan santan aduk pelan pelan, api sedang saja biar tidak pecah santannya
  7. Koreksi rasa dan siap disajikn dengan bawang goreng dan masi panas

4. Resep opor ayam untuk pemula


Bahan-bahan
  • ayam 1/2kg potong mjd 6 bagian cuci bersih
  • 750 cc air
  • 1 bungkus kecil santan kara (saya tdk suka kuah santan kental)

bumbu halus:

  • 5 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdm garam
  • 2 ruas kunyit
  • 2 buah cabai merah uk. kecil

bumbu pelengkap:
lengkuas 2 ruas geprek
jahe 2 ruas geprek
serai 1 helai ambil bagian putih geprek
2 helai daun salam
2 helai daun jeruk

Langkah cara membuat opor ayam untuk pemula :

  1. Masukan ayam yg sudah dicuci dlm air mendidih selama 5 menit, buang air nya.
  2. Tambahkan air 750cc dlm ayam dan rebus sampai keluar kaldunya
  3. Tumis bumbu halus sampai wangi masukan daun jeruk, daun salam, lengkuas, jahe dan serai, tumis kembali sampai harum
  4. Masukan tumisan bumbu ke dlm rebusan ayam, aduk. Tunggu sampai bumbu meresap ke dlm ayam
  5. Setelah meresap masukan santan, tambahkan garam dan gula pasir sedikit, koreksi rasa, dan aduksampai mendidih agar tidak pecah
  6. Siap disajikan


5. Resep opor ayam kampung enak dan gurih


Bahan-bahan
  • 1 ekor ayam, potong 10
  • 3 lembar daun salam
  • 1 batang sereh, geprek
  • 1 cm lengkuas, geprek
  • 2 sdm irisan gula jawa
  • 2 sdm garam
  • 200 ml santan kara
  • Secukupnya minyak

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 6 butir bawang merah
  • 4 butir kemiri sangrai
  • 2 buah cabe rawit
  • 1 sdt ketumbar
  • Secukupnya kunyit (saya pakai kunyit bubuk)
Langkah dan cara membuat opor ayam kampung :
  1. Panaskan minyak untuk menumis, lalu masukkan sereh, daun salam dan lengkuas. Dilanjut dengan memasukkan bumbu halus. Masak hingga matang (wangi)
  2. Masukkan potongan ayam, tambahkan sedikit air dan aduk rata agar bumbu bisa meresap ke ayam.
  3. Tambahkan irisan gula jawa dan 1 sdm garam. Ulangi penambahan sedikit air dan aduk hingga matang. (Sampai sini bisa di simpan dulu di kulkas)
  4. Campur santan instant dengan air dan masak dengan 1 sdm garam. Aduk2 supaya santan tidak pecah.
  5. Gabungkan ayam dengan santan. Masak hingga ayam empuk
  6. Koreksi rasa dan sajikan
baca juga :

Tips Cara Membuat Ketupat Yang Benar Tahan Lama dan Tidak Mudah Lembek

Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan

5 Resep Ceker Merecon,seblak ceker, Paling Pedas

Nah mudah banget bukan cara membuat resep opor ayam spesial di hari lebarannya? semoga informasi dari artikel ini memberikan banyak manfaat untuk anda semua.Nantikan resep masakan indonesia dan resep sehat alami lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id terimakasih jika sudah berkunjung


Rabu, 24 Oktober 2018

5 Resep Sambal Ijo Ayam Penyet, pedas mantap

5 Resep Sambal Ijo Ayam Penyet, pedas mantap

Resepke17.id   Assalamualaikum wr wb
Resep Sambal Ijo - Hai apa kabar, ketemu lagi dengan susan di blog resepke17.id berbagi informasi resep masakan,dan cara pembuatan maknanan, nah di artikel kali ini susan akan membuat resep Sambal Ijo Ayam Penyet. Setelah sebelumnya susan juga telah membuat  resep Sambal Ayam Penyet,paling pedas.

Yuk simak penjelasannya...
Ayam penyet adalah makanan kahas dari pedagang kaki lima di pinggiran jalan. Yang tidak akan habis di makan jaman, Karena penyuka makanan pedas akan selalu memburunya. Nah jika anda bosan selalu membeli ayam penyet, kenapa anda tidak mencoba membuatnya sendiri dirumah, sangat mudah ko cara membuat Resep Sambal Ijo Ayam Penyet, langsung saja yuk ke tutorial pembuatanya:

1. Resep Sambal Ijo Ayam Penyet

Bahan-bahan :
  • untuk 4 porsi
  • 1/2 kg sayap ayam
  • 250 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • Lada bubuk
  • Kaldu bubuk
  • Air dingin
  • Bawang putih halus
Langkah pembuatanya :

  1. Cuci ayam dan lalu tiriskan
  2. Campur tepung,kaldu bubuk,lada,bawang putih halus,setelah itu bagi menjadi 2 adonan yaitu basah dan kering 
  3. Adonan basah: beri air sedikit tambahkan telur sebutir uleni jangan trlalu encer  
  4. Siapkan wadah berisikan air dingin  
  5. Celupkan ayam ke adonan basah lalu gulingkan ke adonan kering sambil di pijat" halus..lalu celupkan ke wadah yg berisikan air dingin ulangi adonan basah,kering,air dingin hingga 2x agar krispi  
  6. Setelah itu goreng dalam minyak panas,api kecil..hingga kuning keemasan
  7.  Angkat tiriskan dan siap digeprek. 
  8. cara membuat Sambel ijo: 10cabe ijo,3tomat ijo,1baput,4bamer ulek hingga lembut lalu tumis tambahkan 2 helai daun jeruk aduk" hingga harum dan layu.. 

2. Ayam penyet sambel lombok ijo

Bahan-bahan :
  • 6 buah ayam krispy siap saji
  • 1/4 kg cabe ijo
  • 5 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 batang serai
  • 5 lembar daun jeruk
  • 3 lembar daun salam
  • garam gula royco
Langkah pembuatanya :
  1. Rebus cabai ijo, lalu haluskan dg bawang putih  
  2. Iris tipis bawang merah, lalu tumis bersama serai yg sudah di potong serong,masukkan daun salam dan daun jeruk yg sudah di sobek" 
  3. Tambahkan garam gula royco, lalu aduk hingga tanak/meletup letup  
  4. Geprek ayam krispy lalu siram dgn sambal ijo selagi panas, hidangkan bersama nasi putih hangat  
  5. Selamat mencoba !!!

3. Ayam penyet sambal hijau kemangi

Bahan-bahan :
  • 1 ekor ayam potong menjadi 8
Bumbu ungkep:
  • 8 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 ruas lengkus
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 ruas kunyit
  • Bumbu sambal
  • 2 ons cabe hijau
  • 1/2 ons cabe rawit(jk suka pedas boleh ditambah)
  • 3 butir tomat hijau
  • 4 siung bawang putih
  • 8 sinung bawang merah
  • Royko
  • Gula
  • Garam
Langkah pembuatanya :
  1. Cuci ayam. Haluskan bumbu ukap. Ukap ayam slm kurng lebih15 menit 
  2. Goreng ayam setengh kering/ smpai coklat. Sisihkan 
  3. Goreng smua bumbu sambal hingga layu. Halusnkan dg tumbukan / cobek  
  4. Goreng sambal hijau dg minyak baru, beri royko, garam,gula.jika sdh matng angkat(jng terlalu lama numis sambal akan mnjadi berubah warna)  
  5. Geprek d cobek ayam yg dh digoreng, setelah itu balut d sambal hijau campurkan kemangi jika suka. Ayam siap dihidangkan

4. Ayam penyet Sambal Ijo Pete

Bahan-bahan :
  • 1/4 kg ayam bagian dada (potong potong)
  • 2 lonjor pete
  • Tepung bumbu serbaguna (untuk ayam crispy)
Bahan Bumbu Rebus Ayam :
  • 3 siung bawang putih
  • 1 ruas kunyit
  • secukupnya Garam
Bahan Sambal :
  • 6 siung bawang putih
  • 5 buah cabe hijau besar
  • 8 buah cabe rawit hijau
  • secukupnya Gula merah
  • secukupnya Garam
Langkah pembuatanya : 
  1. Haluskan bahan bumbu rebusan kemudian Rebus daging ayam dgn bumbu rebusan hingga matang kemudian tiriskan  
  2. Goreng ayam dengan baluran tepung (biar praktis aku make tepung instan)  
  3. Tumis bahan bumbu sambal (bawang putih, cabe ijo) hingga matang / harum, kemudian angkat  
  4. Haluskan bahan sambal dgn gula merah & garam sambil koreksi rasa  
  5. Kemudian geprek ayam tepung diatas sambal, berikan taburan pete (petenya bisa digoreng dlu ato mentah sesuai selera aja)

5. Ayam gepuk sambal hijau  

Bahan-bahan : 

bahan ayam ungkep : 
  • 1/2 ekor ayam
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 1 butir kemiri
  • 1/2 ruas jahe
  • 1/2 ruas kunyit
  • 1 sdt ketumbar
  • Lada
  • Garam dan kaldu
bahan sambal hijau :
  • 3 siung bawang merah
  • 1 ikat kemangi
  • 4 buah cabe hijau besar
  • 3 buah cabe rawit hijau
  • Garam dan kaldu
Langkah pembuatanya :
  1. ayam ungkep : bersih kan ayam potong sesuai selera (me potongan besar, jadi ayam tidak keras saat di goreng),  
  2. Halus kan semua bumbu, beri garam dan kaldu lalu campur kan ke dalam ayam beri sedikit air lalu masak, hingga ayam matang. Setelah dingin goreng ya.  
  3. sambal hijau : siapkan semua bahan, cuci bersih lalu halus kan. Masak hingga air berkurang lalu tambah kan minyak goreng, garam dan kaldu aduk2 hingga matang dan kekentalan yg di ingin kan.
Nah itulah 5 Resep Sambal Ijo Ayam Penyet, pedas mantap. Semoga banyak manfaat yang bisa kita ambil,dan menambah kamus resep nya, jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share saja, nantikan artikel terbaru dan terunik lainnnya.

Wassalamualaikum wr wb



Sabtu, 13 Oktober 2018

Resep Sambal Ayam Penyet,paling pedas

Resep Sambal Ayam Penyet,paling pedas

resep sambal ayam penyet

Resepke17.id - Assalamualaikum wr wb
Resep sambal ayam penyet - Masih dalam pembahasan tenang cara pengolahan ayam,kali ini kita akan membahas ayam penyet. Siapa yang suka dengan masakan yang satu ini?

Ayam penyet 
adalah masakan yang berasal dari daerah jawa timur tepatnya di daerah suroboyo. Hidangan ayam goreng yang dihidangkan dengan cara dihancurkan, dengan alu atau lesung agar tekturnya menjadi lembut  dan disajikan dengan sambal. Tau gak sih sob masakan ayam penyet ini bisa ditemukan di daerah malaysia,brunei,singapura dal lebih tepatnya di kawasan asia tenggara.(sumber:wikipedia)

Cara membuat ayam penyet
Bahan dan bumbu untuk membuat ayam penyet
Bahan Ayam :

  • pilihlah Ayam berukuran sedang.Dan Potonglah ayam menjadi 8 bagian, Terus cuci sampai bersih dan diamkan sejenak.
  • Untuk pemilihan ayamnya terserah kalian sukanya ayam kampung atau ayam negri(bebas)
  • Daun salam 3 lembar 
  •  jahe secukupnya
  •  lengkuas  secukupnya (lalu di memarkan)
  • Air secukupnya
  • Minyak goreng secukupnya

Bumbu halus :
  • 4 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 9buah cabai rawit
  • 5 buah cabai merah
  • 1 cm kunyit
  • Garam dan gula pasir secukupnya

Cara memasak ayam goreng penyet yang praktis/ bumbu ungkep ayam penyet :

  1. Cara membuat ayam penyet  Haluskan terlebih dahulu bumbu yang sudah dipersiapkan tadi, cara menghaluskanya boleh manual dengan cara di tumbuk atau dengan praktis menggunakan mesin blender, agar cita rasanya tetap terjaga.
  2. Cara yang ke dua, segera siapkan  panci. lalu masukan air putih bersih secukupnya saja ya? Dan masukan bumbu,yang tadi sudah dihaluskan. Kemudian Masukan  daging ayam yang sudah di potong potong tadi.
  3. Masaklah dengan api sedang dan sesekali diaduk agar bumbu meresap. Jangan lupa untuk menutup panci agar cepat matang.
  4. Jika dirasa kurang empuk tambahkan air sedikit demi sedikit
  5. Dan Jika dirasa sudah matang, diamkan supaya cepat dingin, lalu api dimatikan
  6. Nah jika sudah cukup dingin.Siapkan wajan baru Tuangkan minyak goreng sampai bisa merendam seluruh bagian potongan ayam, supaya bisa matang merata
  7. Lalu Masukanlah daging ayam dan goreng sampai berubah warna kecoklatan
  8. jika sudah matang, angkat lalu tiriskan.


resep sambal ayam penyet

  • 20 buah cabai rawit merah, buang tangkainya
  • 7 buah cabai merah keriting
  • 2 lembar daun jeruk
  • 2 buah tomat segar
  • 2 sendok maka gula merah yang sudah disisir terlebih dahulu
  • 1 sendok teh terasi yang sudah dibakar
  • 2 tangkai daun kemangi
  • Garam secukupnya
  • Gula pasir secukupnya

Cara membuat sambal ayam penyet :

  1. Pertama Haluskan terlebih dahulu semua bahan (kecuali daun kemangi).dengan menggunakan ulegan atau coet(orang sunda bilang). Jika dirasa sudah lembut tambahkan tambahkan garam dan gula pasir secukupnya.
  2. Dan Masukanlah ayam yang sudah digoreng tadi,ke dalam cobekan yang masih terisi sambal, sambil ditekan hingga sambal dapat menempel pada ayam tersebut.
  3. Ayam penyet siap disantap bersama lalapan. dan bersama keluarga tercinta

tambahan:
Resep ayam penyet wong solo
resep ayam penyet wong solo

Bahan-bahan yang harus dipersiapkan
untuk 5 porsi makan

  • ungkep ayam :
  • 1 ekor ayam daging (potong 10 bagian)
  • 2 jari kunyit (iris)
  • 2 jari jahe (iris)
  • 4 lembar daun salam
  • secukupnya garam dan penyedap
  • 1500 ml air

sambal penyet :

  • 100 gram cabe rawit
  • 1 bongkol bawang putih
  • secukupnya garam,gula dan penyedap
  • minyak untuk menggoreng

Langkah pembuatanya :

  1. Ungkep ayam : masukkan kunyit, jahe iris dan daun salam ke dalam air rebusan. Setelah mendidih masukkan ayam, masak hingga ayam empuk (kurang lebih 30menit). Setelah matang tiriskan.
  2. Sambal penyet : sambil menunggu ayam di ungkep, ulek cabe rawit, garam, gula dan penyedap. Sisihkan  
  3. Goreng bawang putih geprek sebentar. Angkat dan ulek bersama cabe rawit. Masukkan minyak panas sisa menggoreng bawang putih kurang lebih 4-5 sendok makan, ulek kembali hingga tercampur rata. 
  4. Goreng ayam hingga kuning keemasan. Angkat dan langsung di geprek dgn cobek sambil di beri sambal agar bumbu lebih meresap. 
  5. Sajikan hangat dengan tempe dan tahu goreng. Selamat mencoba 

Bagaimana gampang bukan cara pembuatan ayam penyet dan cara pembuatan resep sambal ayam penyet nya? jika kalian suka silahkan tinggalkan komentar yang telah disediakan, dan silahkan share sesuka hati. Nantikan resep terbaru dan terunik lainya.

Wassalamualaikum wr wb

Jumat, 12 Oktober 2018

7 Cara Memasak Resep Fillet Ayam, mudah dan praktis

7 Cara Memasak Resep Fillet Ayam, mudah dan praktis

Cara masak ayam fillet


resep ayam fillet
7 cara memasak ayam fillet mudah praktis

resepke17.id - assalamualaikum wr wb
7 cara memasak fillet ayam mudah dan praktis - Selamat pagi sobat susan semua apa kabarnya nih, nah itulah judul yang akan susan angkat pada artikel ini mengenai cara memasak ayam lagi.

Ayam memang sangat menjadi makanan primadona di kalangan masyarakat kita, karena ayam adalah salah satu bahan makanan sehat dan bisa dibuat menjadi berbagai masakan. Anda semua dapa membuatanya di goreng, di sop, atau bahkan di penggang, rasanya pun akan tetap sama daging ayam akan tetap enak.

Jika dibandingkan dengan daging domba atau sapi daging ayam jauh lebih murah, Dan anda dapat membeli daging ayam yang fresh di minimarket,swalayan,supermarket, ataupun pasar tradisional, sampai tukang sayur yang biasa berjualan di komplek tinggal kitapun pasti ada.

Tapi pasti dong diantara kalian ada yang sangat terganggu dengan tulang yang keras, dan menempel pada daging, Apalagi sesudah kita menkonsumsinya suka nempel di gusi gigi kita, pasti sangan jengkel kan? Nah jika itu yang banyak dikeluhkan, Kalian jangan khawatir karena sekarang banyak daging ayam fillet, yang sudah terbebas dari tulang. Simak yuk 7 Cara Memasak Resep Fillet Ayam 

baca juga : 5 Resep Membuat  Masakan ayam Lezat dan Simpel

Cara fillet ayam yang benar

1. Resep Ayam fillet kecap cabai ijo

ayam fillet cabai hijau

Bahan-bahan

  • 1 kg Ayam fillet
  • 5 Biji Cabai Ijo besar
  • 1 buah bawang bombay
  • 6 siung bawang putih
  • 1 sdt lada
  • 3 cm jahe
  • secukupnya garam
  • 1 sdm gula pasir
  • 1 sdm bumbu penyedap rasa ayam
  • secukupnya kecap manis

Langkah pembuatanya :

  1. Ayam fillet potong bentuk dadu, goreng ayam setengah mateng.  
  2. Haluskan lada, bawang putih dan jahe.  
  3. Iris bawang bombay & cabai ijo. 
  4. Tumis bumbu yang telah di haluskan,setelah bumbu harum masukkan bawang bombay & cabai ijo, aduk-aduk sampai rata.
  5. Masukkan ayam yang sudah di potong ke dalam penggorengan yang berisi bumbu, lalu aduk dan beri 300 ml air.
  6. Masukkan kecap manis secukupnya, garam, gula pasir & bumbu penyedap rasa ayam, aduk kembali sampai bumbu merata.  
  7. Masak ayam sampai mendidih kuahnya, lalu angkat.  
  8. Ayam fillet cabai ijo siap di nikmati dengan nasi putih.


2.  Resep Ayam filet tepung asam manis

ayam fillet asam manis pedas

Bahan-bahan

  • 500 gr dada ayam filet
  • secukupnya Tepung terigu
  • Lada bubuk
  • secukupnya Penyedap rasa ayam

Bumbu saus:

  • 1 Bawang bombay,iris
  • 2 bawang putih,cincang halus
  • 2 bh cabai merah,diiris
  • 2 sdm maizena (dilarutkan dgn air sedikit)
  • 2 sdm saus pedas
  • 1 sdm saus tomat
  • 1 sdt saori saus tiram
  • secukupnya Air
  • Penyedap rasa
  • Garam
  • Gula
  • Minyak/mentega sedikit utk menumis

Langkah pembuatanya :

  1. Cuci bersih ayam filet,potong2 sesuai selera  
  2. Siapkan adonan tepung basah,tambahkan lada,penyedap rasa sedikit aduk rata  
  3. Siapkan tepung kering diwadah lain
  4. Celupkan ayam ke adonan basah lalu adonan kering  
  5. Masukkan ke dlm minyak yg sdh panas,goreng dgn api kecil 
  6. Tiriskan ayam yg sdh digoreng ke wadah  
  7. Cara buat saus asam manis: tumis bawang bombay dan putih yg sdh diirs dan cincang lalu masukan cabai  
  8. Masukan saus tomat,saus sambal,saori saus tiram dan maizena yg sdh dilarutkan  
  9. Tambahkan air jika terlalu kental,tunggu sampai matang dan mengental.tambahkan penyedap rasa,gula dan garam.koreksi rasa
  10. Sajikan,bisa dipisah sausnya atau di baluri di atas ayam.
baca juga : Belum tahu, Cara Membuat Resep Ayam Geprek Bensu?? yukk simak..

3.  Resep Ayam Fillet Saus Padang

fillet ayam saus padang

Bahan-bahan

  • 250 gr Fillet Dada Ayam
  • 1 sdt Garlic powder
  • 1/4 sdt Lada bubuk
  • 1 btr Telur
  • 4 sdm Saus Sambal
  • 3 sdm Saus Tomat
  • 1 sdm Saus Tiram
  • 15 bh Cabe rawit,iris (wien hanya pakai 5 bh)
  • 2 bh Cabe keriting, iris
  • 1/2 btr Bawang bombay potong"
  • 1 sdt Tepung Maizena larut dgn air
  • 1 btg Daun bawang
  • Secukupnya Air
  • Secukupnya Garam, Gula
  • Secukupnya Kaldu bubuk

Bahan Pelapis Ayam :

  • 5 sdm Terigu
  • 1 sdm Tepung maizena
  • Bumbu Halus :
  • 3 siung Bawang putih
  • 4 siung Bawang Merah
  • 2 bh Cabe merah besar, buang biji

Langkah pembuatanya :

  1. Cuci ayam hingga bersih lalu potong sesuai selera..baluri dengan bawang putih bubuk /Garlic Powder,merica, kaldu bubuk dan garam..biarkan selama 30 menit. Tambahkan telur aduk merata
  2. Celupkan ke dalam bahan pelapis ayam sambil dicubit cubit dan ditepuk". 
  3. Goreng hingga kuning keemasan lalu tiriskan
  4. Tumis bumbu halus, irisan cabe rawit dan cabe keriting hingga harum lalu tambahkan air, saus tomat, saus sambal, saus tiram, kaldu bubuk, garam dan gula. Aduk rata lalu tambahkan larutan maizena dengan sedikit air.. aduk rata,koreksi rasa  
  5. Masukkan ayam aduk rata sebentar saja lalu matikan kompor. Sajikan diatas piring dengan taburi daun bawang.. selesai 

baca juga : Resep Ayam Kecap Mentega Simple dan Praktis

4.Resep Ayam fillet dada kuah santan cabe hijau

ayam fillet kuah santan cabai ijo

Bahan-bahan

  • Fillet ayam bagian dada
  • 3 biji cabe hijau besar
  • 1 batang sereh
  • 3 lembar daun salam
  • secukupnya Garam dan penyedap
  • 1 bungkus santan kara, ukuran paling kecil
  • Bumbu yang diulek/dihaluskan
  • 2 siung bawang putih, pilih yg sedang atau kecil
  • 3 siung bawang merah, pilih yang besar

Langkah pembuatanya :

  1. Cuci bersih ayam filletnya,
  2. Potong sesuai selera.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan, 
  4. Kemudian jika sudah harum dan agak matang masukan 3 gelas air, 
  5. Setelah itu masukan daun salam, sereh, santan, 
  6. Kemudian disusul dengan ayam jika sudah agak mendidih masukan cabe hijau, masak selama 5 menit. Jangan lupa garam dan penyedap dicicip icip ya mama
  7. Tunggu sampai matang.


 5. Resep Ayam fillet teriyaki

resep dada ayam diet

Bahan-bahan

  • untuk 4 porsi
  • 1/4 dada ayam fillet
  • 3 biji sosis ayam
  • 2-4 biji jagung muda
  • 1 buah bawang bombay ukuran besar
  • 2 siung bawang putih
  • 4 siung bawang merah
  • 1/2 sdt merica
  • 2 sdm saus tiram
  • 4 sdm saus teriyaki
  • Sejumput gula garam

Langkah pembuatanya :

  1. Waktu yang dibutuhkan 20 menit
  2. Potong dadu ayam fillet dan sosis  
  3. Iris tipis-tipis jagung muda dan bawang bombay  
  4. Haluskan bawang putih, bawang merah dan merica. Jangan lupa tambahkan garam biar mudah.  
  5. Tumis bumbu halus hingga harum.  
  6. Tambahkan bawang bombay dan daging ayam yang sudah di potong. Tumis sebentar hingga ayam berubah warna. Lalu tambahkan sosis dan jagung muda
  7. Tuang saus sesuai takaran. Aduk-aduk sebentar lalu tambahkan air secukupnya. Tunggu beberapa saat lalu tambahkan gula garam. Koreksi rasa.
  8. Makanan siap dihidangkan. Dijamnin enakkk
baca juga : Resep ES Teler 77 Asli Paling Seger, Bikin Ngiler

6. Resep Ayam Fillet Panggang

kebab ayam

Bahan-bahan

  • 1/4 kg ayam fillet
  • Lemon
  • Kecap secukupnya
  • Saos tiram
  • Merica
  • Garam secukupnya
  • Minyak secukupnya

Langkah pembuatanya :
  1. Marinasi ayam dengan perasan lemon, kecap, saos tiram (sedikit saja, lbh dikit dari kecap), garam dan merica secukupnya
  2. Diamkan minimal 15 menit agar bumbu meresap sempurna ke dalam ayam
  3. Panaskan pan, olesi dengan mentega (apabila menggunakan minyak sedikit saja lalu disebar  
  4. Panggang ayam dengan api kecil hingga warna kecoklatan 
  5. Ayam fillet panggang siap dihidangkan dan dimakan dengan nasi ataupun lauk lainnya
baca juga : Resep ES air mata Janda di Malam Pengantin

7.Resep Rica rica ayam fillet

ayam fillet rica-rica

Bahan-bahan

  • 1/2 kg ayam fillet (potong 2cm)
  • 1 buah jeruk nipis
  • 1 sdt garam
  • 10 siung bawang merah (iris tipis)
  • 2 buah tomat hijau (iris tipis)
  • 2 batang sereh (iris tipis)
  • 5 lembar daun jeruk (iris tipis)

Bumbu halus :

  • 3 siung bawang putih
  • 10 buah cabe rawit merah
  • 10 buah cabe hijau
  • 2 butir kemiri
  • 1 ruas kunyit
  • 1 sdm garam
  • 1 sdm gula pasir
  • Secukupnya minyak goreng

Langkah pembuatanya :

  1. Ayam fillet cuci bersih lalu lumuri garam, lada bubuk dan air jeruk nipis, goreng hingga matang lalu angkat sisihkan
  2. Haluskan bumbu dan siapkan bumbu irisnya 
  3. Panaskan minyak masukan bawang merah iris hingga layu lalu masukan bumbu halus, sereh, daun jeruk dan tomat yang telah diiris halus setelah harum masukan ayam yang telah digoreng beri garam, gula, air lalu tutup dan masak hingga air meresap 
  4. Jika air sudah menyusut, koreksi rasanya jika sudah pas angkat
baca juga : Kue atau Cemilan apa saja sih yang bisa dibuat dari Tepung segitiga biru??  

Sampai disini pembahasan  Cara Memasak Resep Fillet Ayam semoga banyak manfaatnya, untuk kalian yang membaca, dan nantikan artikel terbaru dan unik lainya. Jika kalian semua suka dengan artikel ini silahkan share.

Wassalamualaikum wr wb


  

Sabtu, 06 Oktober 2018

5 Resep Ceker Merecon,seblak ceker, Paling Pedas ala susan

5 Resep Ceker Merecon,seblak ceker, Paling Pedas ala susan

ceker ayam merecon


Resepke17.id - Assalamualaikum wr wb
Selamat pagi sobat susan, Apa kabarnya? udah pada sarapan pagi belum nih? Di artikel kali ini susan mau berbagi resep tentang ceker ayam. Ada yang suka atau menjadi pavoritnya? Aneka masakan ceker ayam memang banyak sekali ya, bisa di buat seperti seblak ceker pedas, ada ceker bumbu kencur pedas,ceker ayam kecap manis,ceker ayam bumbu kecap, ada juga sup ceker bakso.

Menurut saya,ceker ayam menjadi salah satu bagian paling enak dari ayam,karena kaya akan kandungan gizi dan protein,dan dalam kandungan ceker ayam mempunyai kolagen yang sangat bagus untuk kulit kita.

Yuk langsung saja ke pembuatan dan tutorial resep pengolahan ceker ayam :

1. Resep ceker merecon
olahan ceker ayam


Bahan bahan :
  • 1 kg ceker ayam
  • 1/2 kg kepala ayam (sesuai selera)
  • 10 cabe rawit merah
  • 20 cabe merah biasa
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 1 ruas jahe
  • 1 daun salam Dan jeruk
  • Sereh atau serai
  • 1 buah penyedap rasa
  • secukupnya Air

Langkah pembuatanya :
  1. Bersihkan dahulu ceker ayam Dan kepala ayam hingga bersih. Lalu rebus ceker Dan kepala ayam sekitar 20 menit  
  2. Sambil ngerebus, lalu ulek bumbu cabe, bawang merah, bawang putih Dan jahe hingga halus.Kalau pengen cepat di blender saja  
  3. Geprek  sereh.  
  4. Tumis bumbu yg sudah d ulek tersebut, masukan daun salam dan jeruk tambahkan air secukupknya tunggu hingga mendidih dan harum bumbunya lalu masukan ceker, kepala ayam yg sudah di rebus tadi.jgn lupa masukan penyedap rasa sesuai selera.
  5. Tunggu sekitar 15 menit setelah ceker dan kepala ayam d masukan ke dalam bumbu. Lalu siap di hidangkan.

baca juga :5 Resep Membuat  Masakan ayam Lezat dan Simpel 


2. Resep Seblak ceker bakso
ceker seblak bakso merecon


Bahan-bahan

  • 20 ceker Ayam
  • 1 bks bakso sapi
  • 1 ikat Sawi sesim
  • 1 butir telur ayam
  • 2 gelas air
  • minyak goreng secukupnya
  • secukupnya gula
  • Secukupnya penyedap rasa (mee royco ayam)

Bahan untuk kuah :

  • 6 cabe merah
  • 15 cabe rawit setan (selera)
  • 4 bawang merah
  • 3 bawang putih
  • Seruas kencur (selera)
  • 1 biji kemiri
  • 1 setengah sendok teh Lada bubuk

Langkah pembuatanya :

  1. Tumis bumbu kuah yg sudah di blender sampe wangi
  2. Setelah itu masukan air. Bakso dan sawi juga ceker.  
  3. Lalu Tambahkan gula dan penyedap rasa. Koreksi rasa jika sudah mantap siap untuk di hidangkan untuk keluarga tercinta  
  4. Dan Selamat mencoba


baca juga : Resep Dan cara Membuat Mie Ayam Solo 

3.Ceker bumbu kencur
ceker seblak kencur


Bahan-bahan

  • 10 potong ceker
  • Seruas jari kencur
  • 3 siung bawang putih
  • 50 gr gula merah
  • 10 bh Cabe rawit (tambahkan jika suka pedas)
  • 2 sdm saus sambal
  • 2 lbr daun salam
  • 3 lembar daun jeruk
  • Seruas jari jahe, geprek
  • Seruas jari lengkuas, geprek
  • secukupnya Garam
  • 100 ml air putih

Langkah pembuatanya :

  1. waktu yang dibutuhkan 60 menit
  2. Rebus ceker sampai empuk
  3. Sementara itu halus kan kencur, bawang putih, rawit dan gula merah.  
  4. Kemudian Tumis bumbu yang sudah di haluskan tadi hingga harum. Masukkan air. Masukkan ceker yang sudah di rebus. Aduk rata dengan bumbu halus. Masukkan garam, daun salam, daun jeruk, lengkuas dan jahe yang di geprek, dan saos sambal.  
  5. Test rasa. Angkat jika bumbu sudah meresap dan mengenal.


4.Ceker kecap pedas manis
ceker kecap pedas


Bahan-bahan

  • 1/4 kg ceker ayam
  • 2 potong sosis ayam
  • Bumbu halus
  • 3 siung bawang putih
  • 5 siung bawang merah
  • 6 buah cabe mercon
  • 3 sdm saus Tomat
  • 1 sdm saus tiram
  • 5 sdm kecap
  • Secukupnya minyak goreng untuk menumis
  • Secukupnya garam
  • 2 buah jeruk nipis
  • 2 lembar daun salam
  • 1 sdm gula pasir
  • 100 ml air

Langkah pembuatanya :

  1. Bersihkan ceker, buang kulit ari dan kuku lalu beri 1 buah perasan jeruk nipis diamkan selama kurang lebih 20 menit lalu Rebus ceker sampai empuk sambil menunggu potong sosisnya dan sisihkan
  2. Kemudian Haluskan bumbu terlebih dahulu, Terus lalu tumis dengan minyak goreng hingga harum  
  3. Masukkan potongan sosis, setelah itu beri saus tomat, saus tiram dan kecap. Beri sedikit air, garam dan gula. Tunggu hingga mendidih. 
  4. Masukkan ceker, beri air serta perasan jeruk nipis.  
  5. Tunggu hingga airnya mendidih dan susut lalu angkat.

baca juga : Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan


5.Sop ceker bakso
soup ceker bakso


Bahan-bahan

  • 1/2 kg ceker
  • 10 butir bakso ukuran kecil
  • 1 buah wortel
  • 2 ons brokoli
  • 2 btg daun bawang
  • 3 btg daun seledri
  • 5 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • Sedikit jahe,kunyit dan pala
  • 2 bungkus ladaku bubuk
  • 1 bgkus Masako ayam
  • 2 lmbr daun salam
  • 2 butir kapulaga
  • 2 butir bunga lawang
  • 2 sdm minyak wat numis bumbu
  • secukupnya Gula pasir n garam
  • Bawang goreng wat taburan

Langkah pembuatanya :

  1. Siapkan semua bahan terlebih dahulu  
  2. Lalu potong2 sesuai selera  
  3. Giling semua bumbu kecuali rempah2 nya,lalu tumis sampe harum,sisihkan  
  4. Rebus ceker dan wortel sampe mendidih dah empuk, lalu masukkan brokoli dan bakso serta bumbu yg sudah ditumis dengan rempah2 nya  
  5. Tambahkan gula pasir,garam,lada bubuk dan Masako,aduk2 sampe tercampur rata  
  6. Biarkan semua bahan mateng sambil sesekali diaduk, koreksi rasa  
  7. Sebelum diangkat masukkan daun bawang n seledri,aduk2 sebentar lalu angkat dan sajikan dgn taburan bawang goreng  
  8. Selamat menikmati


Sampai juga nih dipenghujung artikel Resep Ceker Merecon Paling Pedas. Semoga artikel kali ini menjadikan banyak manfaat, jika sobat semua suka silahkan share sesuka hati, Nantikan artikel terbaik dan terunik lainya.

Wassalamualaikum wr wb  
 



Kamis, 04 Oktober 2018

5 Resep Membuat  Masakan ayam Lezat dan Simpel

5 Resep Membuat Masakan ayam Lezat dan Simpel

Resep Membuat  Masakan ayam


bubur ayam dan ayam bakar panggang

resepke17.id - assalamualikum wr wb.
Selamat siang sobat susan dimanapun anda berada. Bagaimana kabarnya? mudah-mudahan dalam keadaan fresh segar bugar ya? setelah sebelumnya susan sudah membuat artikel Belum tahu, Cara Membuat Resep Ayam Geprek Bensu?? yukk simak

Pada artikel kali ini susan akan membahas bagaimana sih cara membuat resep masakan ayam, atau cara membuat bubur ayam, ada yang digoreng dengan tepung goreng ayam spesial,ada juga ayam bakar,ada juga ayam bakar panggang, Wah banyak sekali ya varuasi rasa yang khas dari makanan dan masakan ayam ini. yuk langsung saja kita kupas tuntas di artikel ini..

1 Resep cara membuat Bubur ayam brokoli

Saya selalu memanfaatkan nasi yang masih tersedia dalam rice cooker yang porsi nya gak akan mungkin dimakan rame-rame, tapi bisa jadi makanan yang lezat dan bisa dinikmati bahan2 yg saya gunakan pun sangat simple saja memanfaatkan apa yang masih tersedia didalam kulkas.

Bahan-bahan

  • Dada ayam fillet (saya gunakan apa yg ada dikulkas, kalau mau
  • Pakai ayam kampung pasti lebih enak
  • jahe
  • garam secukupnya
  • kaldu bubuk ayam 
  • Minyak wijen
  • Kecap asin
  • Brokoli
  • Daun bawang
  • Air untuk merebus


Langkah pemuatanya :

  1. Pertama yang harus  kita lakukan ; setelah ayam dicuci bersih dan langsung rebus dengan air dan jahe dan sedikit garam.
  2. Berikutnya setelah ayam sudah terlihat empuk dan matang, tiriskan ayam dan potong dadu.. Sesuai selera ya.  
  3. Ambil nasi, campurkan dengan air rebusan ayam dan jahe kalau terlihat kurang tambahkan lagi airnya.masukkan kaldu ayam kampung dan potongan ayam dadu, Kacau terus sampai nasi menjadi bubur. (atau mungkin ibu2 mau buat lgsg dari beras silahkan, tapi jgn lupa beras setelah dicuci bersih rendam selama 1jam ya, spy kita tidak terlalu lelah berdiri untuk mengacau beras nya.
  4. Setelah itu bubur sudah terlihat sempurna tidak terlalu cair dan tidak terlalu kental, masukkan minyak wijen. Sekali lagi semua sesuai selera ya. Minyak wijen guna nya untuk menambah aroma dan rasa gurih ada bubur.  
  5. Setelah itu, ibu siapkan kukusan untuk mengukus brokoli. Boleh juga direbus. 
  6. Buat lidi jahe iris tipis2, campur dg kecap asin. Boleh juga dengan rawit, biasanya saya buat terpisah jahe dan rawit. Daun bawang diiris tipis2 
  7. Selamat mencoba   
  8. catatan : Saya tidak cantumkan lada/merica bubuk, Kebetulan saya gak pake, itu terserah kamu ya sob

2. Ayam goreng tepung renyah dan simple

Bahan-bahan
  • 1 kg ayam
  • 2 sendok makan saos tiram
  • 2 sendok makan rajarasa
  • Garam secukupnya
  • Telur ayam
Bahan tepung
  • 100 gram maizena
  • 100 gram terigu
  • 100 gram kanji
  • 1 shacet royco

Langkah pembuatanya :

  1. Ayam di potong sesuai kebutuhan,cuci kemudian balur dengan rajarasa,saos tiram dan garam,ratakan,kemudian masukan frezer selama sejam 
  2. Campur bahan tepung
  3. Kocok telur ayam,ambil putih nya aja,ayam masukan dalam kocokan telur,kemudian guling2kan di adonan tepung,goreng ayam sampai keemasan,Jangan lupa dengan api kecil,supaya ayam matang di dalam dan tidak gosong


3. Ayam Bakar Balado

Jngan seblak ceker saja yang memakai bumbu balado, ayam bakar juga lebih mantap jika memakai bumbu balado. segera siapkan :

Bahan-bahan
  • 1 kg paha ayam
  • 1 bungkus desaku balado bubuk
  • 1 sachet kecap manis
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt gula
  • 1/2 sdt royco
  • 400 ml air
Bumbu Halus:
  • 8 siung bawang merah
  • 4 siung bawang putih
  • 2 butir tomat
Langkah pembuatanya :
  1. Rebus 1 liter air hingga mendidih.
  2. Masukkan paha ayam, rebus. Angkat, tiriskan.  
  3. Tumis bumbu halus hingga harum.  
  4. Tambahkan 400 ml air. Masukkan bumbu balado. Aduk rata.  
  5. Tambahkan gula, garam, dan penyedap rasa. Aduk rata, tunggu hingga mendidih. 
  6. Masukkan ayam yang sudah di rebus. Aduk rata. Tutup, tunggu hingga air surut. Jangan lupa sesekali di aduk supaya tidak gosong.  
  7. Setelah air surut, masukkan kecap, aduk hingga tercampur rata.  
  8. Panaskan panggangan. Saya pakai panggangan batu.  
  9. Tata ayam di atas panggangan. Bolak balik ayamnya sambil di oleso sisa bumbu ungkep.  
  10. Panggang hingga kecoklatan. 
  11. Hidangkan dengan sambal.

4. Ayam rica rica simple mudah Sedap Pedas Mantap

Bahan-bahan
  • 5 potong Ayam
  • 5 potong Ayam ukuran sedang
  • 1 ikat daun kemangi
  • 1 buah sere
  • 4 buah daun salam
  • 6 buah daun jeruk
  • 2 buah daun bawang
Bahan yang harus di Blender:
  • 6 siung bawang merah ukuran besar
  • 3 siung bawang putih ukuran besar
  • 10 biji cabai rawit merah
  • 20 biji cabai merah
  • Laos, bersihkan dahulu
  • Kunyit, bersihkan terlebih dahulu
  • Jahe, bersihkan terlebih dahulu
Bumbu pelengkap
  • Garam secukupnya
  • Gula secukupnya
  • Minyak untuk menggoreng
  • Jeruk nipis
Langkah pembuatanya :
  1. Bersihkan ayam, buang kulitnya.
  2. Ambil jeruk nipis dan garam, baluri ke ayam. Biarkan selama 15 menit  
  3. Setelah 15 menit goreng ayam, kalau saya agak kering biar mateng. Tiriskan.  
  4. Blender bumbu (beserta laos, kunyit dan jahe yg sudah di bersihkan), jangan terlalu halus.  
  5. Sembari nge belender. Geprek sere, daun salam di remukan, daun jeruk dipotong, daun kemangi di petik.  
  6. Setelah bumbu di blender, masukan sere, daun jeruk, tumis sampai harum.  
  7. Masukan Ayam yang sudah di goreng ke dalam tumisan cabai tadi.. Aduk aduk. 
  8. Lalu masukan air secukupnya.  
  9. Tunggu sampai kuah surut dan ayam meresap.  
  10. Cek rasa, jika terlalu pedas tambahkan garam dan gula pasir. 
  11. Jika kuah sudah mulai surut, beri daun kemangi dan daun bawang, aduk rata.



5.Ayam Suwir Pedas

Bahan-bahan
  • Untuk 5 porsi
  • 1 kg Ayam
  • 1 buah jeruk limau
  • 4 siung bawang merah
  • 2 siung bawang putih
  • 2 batang serai (geprek)
  • 10 buah cabai rawit (optional)
  • 1 cm kunyit
  • 3 cm lengkuas
  • 3 lbr daun jeruk (sobek)
  • 2 batang daun bawang (iris tipis)
  • secukupnya garam, merica, bubuk ketumbar, dan penyedap rasa
  • secukupnya minyak goreng
  • secukupnya air
Langkah pembuatanya :
  1. Waktu pembuatan 60 menit
  2. Cuci bersih potongan ayam lalu tambahkan air perasan jeruk limau. Diamkan selama 5 menit kemudian rebus dengan api sedang sampai matang, tiriskan, lalu suwir.
  3. Haluskan bawang putih, bawang merah, cabai rawit, kunyit dan lengkuas.
  4. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk dan serai hingga wangi. Kemudian masukkan suwiran ayam.
  5. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air. Kemudian masak sampai bumbu meresap. 
  6. Tambahkan garam, gula, merica, ketumbar bubuk dan atau penyedap rasa. Bumbui sesuai selera. 
  7. Tambahkan irisan daun bawang kemudian masak hingga bumbu meresap dan cukup kering sesuai selera.  
  8. Haluskan bawang putih, bawang merah, serai, cabai rawit, kunyit dan lengkuas.  
  9. Panaskan minyak, lalu tumis bumbu halus bersama dengan daun jeruk hingga wangi. Kemudian masukkan suwiran ayam.
  10. Jika terlalu kering, tambahkan sedikit air. Kemudian masak sampai bumbu meresap. 
  11. Tambahkan garam, gula, merica, ketumbar bubuk dan atau penyedap rasa. Bumbui sesuai selera.
  12. Tambahkan irisan daun bawang kemudian masak hingga bumbu meresap dan cukup kering sesuai selera.
Allhamdulilah sudah dipenghujung artikel 5 Resep Membuat  Masakan ayam Lezat dan Simpel, mohon maaf jika banyak kekurangan, dan jika kalian suka dengan artikel cara membuat resep ayam ini, Silahkan share sebanyak-banyaknya. Dan nantikan artikel terbaru lainya

Wassalamualaikum... wr... wb...

Sabtu, 29 September 2018

Belum tahu, Cara Membuat Resep Ayam Geprek Bensu?? yukk simak..

Belum tahu, Cara Membuat Resep Ayam Geprek Bensu?? yukk simak..

resep ayam geprek bensu
pixabay.com


resepke17.idAssalamualaikum wr wb
Cara Membuat Resep Ayam Geprek Bensu - Selamat pagi menjelang siang nih,.. lagi pada ngapa nih? kali ini susan membahas tentang ayam geprek bensu nih, ada yang belum tahu ayam geprek, atau udah bosen dengernya?? hehehe... Sebelum ke cara pembuatan resepnya yukk simak dulu penjelasanya.

Dilansir dari kompas.com Ayam geprek adalah masakan yang pertama kali dibuat di jogjakarta pada tahun 2003 yang lalu, oleh pemilik warung makan di jalan wulung lor papringan. yang bernama Ruminah yang pertama kali membuat ayam geprek ini
Namun seperti kita tahu bahwa masakan ayam geprek ini sangat berkembang pesat,adapun namanya cukup beragam tergantung pada daerah masing-masing dalam penyebutan nama ayam geprek itu sendiri ada ayam geprek bensu bogor,ayam geprek bensu medan
ayam geprek bensu surabaya, ayam geprek bensu bandung.

baca juga : Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan

Tahu gak Perbedaan antara ayam geprek dan ayam penyet??
Jika ayam geprek adalah hidangan cepat saji dengan di goreng  cita rasa indonesia yang khas dan perpaduan tepung asal amerika, di tambah dengan sambal nusantara. sedangkan ayam penyet adalah
hidangan ayam yang di ungkep dengan bumbu kuning dan diberi sambal di atasnya, bumbu ayam penyet terbilang sangat lengkap dari berbagai rempah yang ada di seluruh nusantara.

Nahh langsung saja yukk kita ke  pembuatan dan tutorial cara memasak ayam geprek bensu nya:
dan bunda harus menyiapkan bumbu ayam geprek bensu. Bahan-bahan yang harus di sediakan sebelum ke cara pembuatanya :

Resep ayam geprek bensu medan

  • untuk 8 porsi
  • waktu yang dibutuhkan 45 menit
  • siapkan 1 ayam ukuran besar (potong 8)
  • 35 buah cabe rawit merah
  • 3 siung bawang putih
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt penyedap rasa (sasa)
  • 3 bks kobe tepung krispy
  • 1 buah jeruk nipis
  • 25 gram keju parut (sesuai selera)


Cara membuat ayam geprek bensu :

  1. Cuci bersih ayam dengan air mengalir lalu garis"in ayam dengan pisau di tiap sisi supaya bumbu menyerap 
  2. Baluri ayam dengan perasan jeruk nipis, aduk hingga merata dan diamkan selama ±5 menit 
  3. Cuci bersih cabe dan bawang lalu ulek kasar dan beri garam dan penyedap rasa secukupnya dan ulek kembali, setelah selesai pindahkan ke piring 
  4. Siapkan bahan celupannya.. Ambil 4 sdm tepung bumbu kobe lalu beri air secukupnya, jangan terlalu cair dan jangan terlalu kental, lalu baluri ayam dengan merata sampai ke garis" pisau tadi lalu masukan ke tepung bumbu yg kering. Baluri hingga merata
  5. Goreng dengan minyak yg banyak dan api kecil, agar matang merata 
  6. Goreng hingga tepung berubah warna kecoklat emasan, angkat lalu tiriskan..  
  7. Geprek ayam dengan ulekan hingga hancur (sesuai selera) beri sambal secukupnya di atasnya lalu geprek lagi, begitu seterusnya hingga ayam dan sambal habis  
  8. Hidangkan di piring dan taburi dengan keju parut sesuai selera  
  9. Di makan saat hangat dengan nasi dan lalapan emang paling enak.. 
  10. siap untuk disajikan dan Selamat mencoba bunda... 
baca juga : telur geprek bensu

Resep sambal ayam geprek bensu


Bahan-bahan yg  diperlukan untuk membikin sambal, meliputi:
  • Bawang Putih 3 butir/porsi
  • Garam secukupnya
  • Penyedap rasa secukupnya
  • Lombok setan secukupnya
Cara membuat sambal ayam geprek bensu:
  1. Pertama, membikin sambal terlebih dahulu dengan menyiapkan cobek, kemudian masukkan bawang putih, cabai, garam, serta penyedap rasa ke dalam cobek, kemudian uleg alias haluskan hingga terasa agak halus. Namun usahakan jangan hingga terlalu halus supaya tetap tersedia bentuk cabai kasar yg meningkatkan kenikmatan rasa. Jumlah cabai yg diberikan mampu diadaptasi dengan selera, mampu ditambah alias dikurangi apabila tak suka pedas.
  2. Ayam crispy yg telah digoreng tadi dimasukan ke dalam cobek yg telah berisi sambal yg telah sehingga tersebut. Kemudian geprek-geprekan alias pukul-pukul ayam pada sambal yg telah diuleg sambil dibolak balik hingga sambal merata keseluruh tahap ayam. Usahakan ayam yg digeprek tak terlalu halus alias terlalu kasar
  3. Letakan ayam yg telah digeprek serta tercampr bumbu pada piring saji bersama nasi hangat. Beri pelengkap semacam kol, mentimun serta tomat. 
  4. Dan taraaaaa Ayam geprek siap disantap
Tambahan :

Resep Ayam geprek keju bensu

Bahan-bahan

  • 1 ekor ayam ukuran sedang
  • 1 bungkus bumbu tepung Ayam goreng
  • 1 butir telur ayam

Bahan sambal geprek :

  • 1 siung bawang putih
  • 4 buah rawit merah alias Sesuai selera
  • secukupnya Garam
  • Minyak panas
  • Keju Parut/mozarella

Langkah dan cara pembuatan ayam geprek mozarella :

  1. Cuci bersih ayam,potong menjadi 4 tahap alias sesuai selera  
  2. Rebus sebentar ayam di air mendidih,angkat,tiriskan  
  3. Campur telur ayam dengan segelas air serta 1 sdm tepung ayam,aduk rata
  4. Celupkan potongan ayam pd larutan tadi kemudian balurkan pada tepung ayam yang kering...proses ini diulang hingga 2x  
  5. Panaskan minyak  
  6. Goreng ayam dg api sedang hingga matang,angkat tiriskan  
  7. Untuk sambal,uleg kasar bawang putih & rawit merah,tambahkan garam secukupnya kemudian siram minyak panas bekas goreng ayam tadi 
  8. Penyelesaian : geprek Ayam diatas ulekan cabai tadi,tambahkan keju Parut alias keju mozzarella yang dipanaskan
  9. Selamat mencoba

baca juga : Menu Aneka Takjil Buka Puasa Paling Mudah Dibuat

Itulah tadi penjelasan,latar belakang dan asal usul nama ayam geprek , mudah-mudahan pada artikel kali ini bisa mendapatkan banyak ilmu dan manfaatnya, Jika sobat semua suka dengan artikel ini silahkan share, Dan nantikan artikel terbaru dan terunik lainya..

Wassalamualaikum wr... wb...
Resep Dan cara Membuat Mie Ayam Solo

Resep Dan cara Membuat Mie Ayam Solo

mie ayam solo
pixabay.com


resepke17.id - Assalamualaikum wr wb
cara Membuat Mie Ayam Solo - Jumpa lagi nih sama susan di blog resepke17.id jangan bosan ya? karena susan akan membagikan tips,cara,tutorial tentang pembuatan semua resep masakan indonesia maupun luar, terlengkap dengan gratis... hehehehe. Pada artikel kali ini susan akan membahas resep dan cara membuat mie ayam.

Mie ayam adalah jajanan yang banyak dijual di daerah, meskipun demikian, mie ayam adalah jajanan sehat dan bergizi, makanan yang satu ini mempunyai banyak kandungan gizi yang sangat komplit, dari mulai karbohidrat,protein,dan yang pastinya gizi yang erdapat dari sayuran pelengkapnya.

Sejarah mie ayam
Tahukah sobat semua bahwa mie ayam adalah, mie yang pertama kali dibuat didataran china sekitar 2000th yang lalu saat pemerintahan dinasti han.. dan sampailah ke negara indonesia ini..

Jika sobat semua penasaran dengan cara pembuatan dan tutorialnya langsung saja kita praktekan..

baca juga : Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan


Mie Ayam Solo
Ini adalah menu makanan favorit keluarga kecil ku.
Bahan-bahan yang harus dipersiapkan sebelum pembuatan mia ayam solo ini :

  • untuk 4-6 porsi
  • 1/2 dada ayam
  • 1 kg mie basah (bisa diganti mie kering kuda menjangan)
  • 6 buah ceker ayam (boleh skip)
  • 1 sdm garam peres
  • 1/2 sdm gula pasir
  • 1/2 sdm kaldu bubuk
  • 5 sdm kecap manis
  • 750 ml air (untuk semur ayam)
  • 1 liter air (kuah kaldu)
  • 2 batang daun bawang (potong dadu)

Minyak ayam:

  • 150 ml minyak goreng
  • 100 gr lemak ayam (kulit ayam)
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 2 siung bawang putih (geprek)
  • 1/4 sdt garam

Bumbu halus:

  • 4 siung bawang putih
  • 6 siung bawang merah
  • 1 sdm ketumbar
  • 1/2 sdt bubuk pala
  • 1/2 sdt merica bubuk
  • 3 cm kunyit
  • 2 cm jahe

Bahan pelengkap:

  • Sawi hijau
  • Bawang goreng
  • Saus tomat/pedas
  • Daun bawang (iris tipis utk taburan)
  • Sambal (cabe direbus lalu di ulek)




Langkah dan cara pembuatanya :

  1. Cuci bersih ayam, rebus 15 menit. Angkat daging ayam, suwir. Air rebusan jangan dibuang, disaring. Masukan suwiran ayam ke air rebusan tadi. 
  2. Haluskan bumbu. Tumis dengan daun salam, daun jeruk dan potongan dadu daun bawang hingga berubah warna dan harum.  
  3. Masukan tumisan bumbu tadi ke rebusan daging ayam. Masak dengan api sedang. Tambahkan kecap manis,garam,gula dan kaldu ayam. Koreksi rasa. Sisihkan  
  4. Kuah kaldu: tulang sisa rebusan daging tadi di masukan dalam air lalu rebus sampai mendidih 
  5. Siapkan mangkok. Isi 1 1/2 sdm minyak ayam, 2 sdm kuah semur ayam, garam dan penyedap rasa sesuai selera.  
  6. Rebus mie dan sawi. Setelah matang angkat dan masukan ke mangkuk yg sudah di beri bumbu. Aduk rata 
  7. Tambahkan suwiran ayam, bawang goreng,irisan daun bawang, saus dan sambal  
  8. Sajikan... bersama keluarga tercinta dan selamat mencoba


Allhamdulilah sampai juga nih di penghujung artikel tentang Resep Dan cara Membuat Mie Ayam Solo ini. Mudah-mudahan sobat semua suka dengan pembahasan artikel ini, dan jika kalian semua suka silahkan sahre artikel di blog ini, Nantikan artikel terbaru dan terunik lainya..

Wassalamualaikum wr... wb...

Rabu, 26 September 2018

Resep Ayam Kecap Mentega Simple dan Praktis

Resep Ayam Kecap Mentega Simple dan Praktis

goreng ayam
pixabay.com


resepke17.id - Assalamualaikum wr wb
Resep Ayam Kecap Mentega - Hai... hai- hai selamat pagi sobat susan semuanya?? gak bosan nih susan menyapa kalian semua apa kabarnya nih? mudah-mudahan dalm keadaan sehat semuanya aminn...  kebetulan nih susan sudah beres pagi di pagi hari yang ini,gak bosan juga susan akan berbagi ilmu yang di dapat dari browsing - browsing di internet yang kali ini susan akan membahas Resep Ayam Kecap Mentega Simple dan Praktis, semoga kalian semuanya suka ya?

Sedikt informasi nih cara pengolahan ayam potong ada beberapa cara yang bisa kita jadikan resep yang pastinya akan sangat membantu dan mengoleksi  kamus permasakan kita hehehehehe
  • Resep ayam rica-rica : memang makanan yang satu ini sudah kita kenal masakan manado yang kita kenal dengan kepedasnya, dan hanya memakai bahan alami untuk bumbunya diantaranya bawang putih,cabe merah, cabe rawit, jahe, lengkuas, kemiri,dan serai.
  • Resep ayam bakar : dalam cara pengolahan ayam ini memang dengan cara di bakar namun harus punya trik dan cara khusus agar cita rasa menjadi primadona, Kelebihan dari ayam bakar ini untuk mengurangi kandungan lemak yang terdapat pada ayam apalagi jika ayam negri wihh lemanya menggunung heheheh.
  • Resep opor ayam : masakan kuah yang sangat lezat dong pastinya, dengan bumbu kuning yang khas, dan yang sangat penting dari pmbuatan opor ayam ini adalah santa asli ya sob.
Demikian itu tadi hanya flashback cara pengolahan ayam potongnya, dan sekarang yuk sob kita ke tutorial dan cara pembuatan Resep Ayam Kecap Mentega Simple dan Praktis, silahkan pilih dari 3 menu yang sudah susan siapkan :



1. Ayam Kecap Sambal Padang
Bahan-bahan
  • Untuk 5 Orang
  • 1 potong daging dada ayam
  • 2 buah kentang
  • 1 siung bawang bombay
  • 11 siung bawang merah
  • 7 siung bawang putih
  • 3 buah tomat merah
  • 3 sdm cabe merah halus
  • 7 sdm kecap manis
  • 3 sdm saos sambal
  • 3 helai daun jeruk
  • secukupnya Air
  • secukupnya Minyak
Langkah pembuataya :
  1. waktu yang dibutuhkan 30 Menit, untuk memasak hingga selesai
  2. Potong kentang ukuran dadu. Dan di goreng.
  3. Potong ayam ukuran dadu. Dan sisihkan. 
  4. Iris halus tomat, bawang merah, bawang putih, dan bawang bombay.
  5. Siapkan teflon. Panaskan minyak. Tumis semua bawang sampai kekuningan. Kemudian masukkan cabe merah dan tomat, aduk2 sampai mateng.  
  6. Setelah mateng, masukkan potongan ayam, aduk rata, dan tutup. Aduk2 sebentar, tambahkan air sedikit sedikit dan tutup kembali.  
  7. Setelah bumbu meresap ke dalam daging, masukan kecap, saos sambal dan daun jeruk. Aduk rata dan tutup. Setelah mateng, masukkan kentang yang telah di goreng, aduk2 dan angkat. Selamat mencoba.

2.Ayam Kecap Mentega
 Bahan-bahan
  • 500 gram Ayam
  • 400 ml Air
  • 1/2 buah Bawang Bombay, Iris
  • 5 buah Cabe Rawit Merah, Utuh (Boleh skip)
  • 2 lembar Daun Salam
  • 1 ruas Lengkuas, Geprek
  • 2 sdm Mentega
  • 2 sdm Minyak Goreng
Bumbu:
  • 4 sdm Kecap Manis
  • 1 sdm Saus Tiram
  • 1,5 sdt Lada Hitam Butir, Ulek kasar
  • 1 sdm Gula Merah, Sisir
  • Secukupnya Garam, Kaldu Bubuk Ayam
Bumbu Halus:
  • 6 siung Bawang Merah
  • 5 siung Bawang Putih
  • 2 butir Kemiri, Goreng
Langkah pembuatanya :
  1. waktu yang diperlukan 35 menit hingga matang
  2. Panaskan air. Rebus ayam sampai empuk. Tiriskan. Sisihkan air rebusan ayam.
  3. Panaskan 2 sdm minyak dan 2 sdm mentega. 
  4. Selanjutnya Tumis bumbu yang dihaluskan tadi, ditambah daun salam dan lengkuas sampai baunya harum dan matang. 
  5. Masukkan ayam, aduk rata. Masukkan air rebusan ayam, cabe rawit dan bumbu. Aduk rata, tes rasa.
  6. Setelah beberapa saat, masukkan bawang bombay. 
  7. Dan Masaklah menggunakan api kecil sampai bumbu mengental dan meresap. koreksi rasa dan
  8. Sajikan saat masih hangat bersama keluarga tercinta


3. Ayam Kecap Pedas
Bahan-bahan
  • 600 gr ayam
  • 250 gr kentang, belah dua
  • 1 btg serai, geprek
  • 2 cm lengkuas, geprek
  • 25 bh cabe rawit
  • 15 bh cabe rawit, iris
  • 1 btg daun bawang, iris serong
  • 1 bh tomat, iris
  • 3 lembar daun salam
  • 2 lembar daun jeruk, buang tulang daunnya
  • 1 sdm gula merah
  • Kecap
  • Air
  • secukupnya Garam
Bumbu halus
  • 6 bh bawang merah
  • 1 bh bawang putih
  • 8 bh cabe merah
  • 1 cm kunyit
  • 1 cm jahe
  • 1/4 sdt merica
  • 1/2 sdt ketumbar
  • 4 bh kemiri
  • Pala 
Langkah pembuatanya :
  1. waktu yang diperlukan 45 menit sampai matang
  2. Ayam yang sudah dicuci bersih, rebus kira2 selama 3 menit, buang air rebusan dan tiriskan.
  3. Tumis bumbu yang sudah dihaluskan hingga harum, dan masukkan gula merah, tomat dan daun bawang. Tumis sampai gula larut.
  4. Masukkan serai, lengkuas, daun salam, daun jeruk, kecap dan air. Aduk rata.  
  5. Masukkan kentang dan ayam. Masak dengan cara ditutup, sambil sesekali di aduk, agar bumbu meresap dan kental.  
  6. Setelah tampak masak, beri garam, dan koreksi rasa. Taburkan cabe rawit bulat. Aduk rata dan dan siap untuk di sajikan bersama keluarga tercinta 
Sampai disini pembuatan dan cara tutorial Resep Ayam Kecap Mentega Simple dan Praktis, semoga artikel ini medapatkan banyak manfaat, dan mohon maaf jika sobat kurang memahaminya,jika sobat semua suka dengan artikel ini silahkan sahre sebanyak-banyaknya, nantikan artikel terbaru dan terunik laninya,,, babay,,,

Wassalamualikum wr,,, wb....

Kamis, 13 September 2018

Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan

Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan

resep ayam geprek sambal matah


resepke17.id - Assalamualaikum .. wr.. wb.. Selamat pagi sobat susan semua apa kabar?? udah pada masak belum nih?? kebetulan kali ini susan akan membahas tentang Resep ayam nih,cocok buat menu makan siang nya nih, ayam memang menjadi menu pavorit setiap orang dong pasti nya... dalam masalah harga ayam memang tergolong kategori ya lumayan lah nyaman di kantong, hheehehe

Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan, memang resep ini susan khusus buatakan untuk para sobat yang benar- benar sangat ingin tahu sekali resep ayam gepreknya, heheh yuuk langsung saja ke tutorial pembuatanya.. silahkan sobat pilih salah satu resep dibawah ini sessuai selera kalian..

1. Ayam geprek sambel matah

Bahan-bahan :
  • 6 potong ayam
  • 5 tahu kuning
  • 1 bks bumbu ayam goreng
  • Secukupnya garam, ketumbar bubuk,air,minyak goreng
  • Bahan sambel
  • 10 cabe rawit
  • 1 terasi (yg 1000)
  • 1 tomat merah
  • Secukupnya gula, dan garam
Langkah pembuatanya :
  1. Ayam yg sudah dibersihin masuk ke panci kasih air sampe diatas ayam, masukan bumbu ayam goreng, tahu, rebus sampe ayam empuk tambah garam& ketumbar bubuk
  2. Sampe ayam &tahu empuk angkat kemudian goreng sampe kering sisikan 
  3. Ulek bahan sambel sesuai selera mau halus/kasar, sudah jd sambel. Geprek ayam &tahu taro sambel diatas'y,,,, jd deh

2. Ayam Geprek Sambal Matah  

Bahan-bahan :
  • untuk 3 Porsi
  • 200 gram Dada Ayam Fillet
  • 200 gram Tepung Serbaguna
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada Bubuk
  • 1/2 sdt Baking Powder/ 1 btr Telur
  • 8 siung Bawang Merah
  • Minyak untuk menggoreng
  • Secukupnya Air
  • 3 lbr Daun Jeruk
  • 10 buah Cabe Rawit
  • 3 batang Serai (Ambil bagian dalam/ bagian lunak)
  • Secukupnya Minyak Panas
  • 1-2 buah Jeruk Limau
  • Secukupnya Daun Kemangi
  • 1 siung Bawang Putih Besar
  • 1/2 sdt Gula Pasir
Langkah pembuatanya :
  1. Bagi dada ayam dengan dipotong melebar dan dibagi menjadi 2-3 bagian 
  2. Celupkan potongan ayam ke adonan basah, lalu gulingkan ke adonan tepung kering. Adonan tepung kering ini terdiri dari tepung terigu, garam, dan lada bubuk.
  3. Pertama buat adonan basah. Adonan basah terdiri dari 3 sdm tepung, sejumput garam dan baking powder, yang dilarutkan dengan air. Buat kekentalan yang pas, jangan terlalu cair ataupun kental. Oya untuk baking powder bisa diganti dengan 1 butir telur. 
  4. Happy trying dan semoga suka! :)) 
  5. Ayam geprek selesai, tinggal disajikan dengan nasi hangat dan diberi sambal matah yang dibuat tadi. Mudah kan?  
  6. Sisihkan sambal matah, karena sambal matah selesai! Mari lanjutkan membuat ayam geprek. 
  7. Untuk kamu yang males beribet-ribet ria, bisa menskip membuat ayam goreng tepungnya dan mengganti dengan membelinya langsung saja ke abang-abang dekat rumah ehehe 
  8. Celupkan lagi ayam ke adonan basah, lalu gulingkan lagi ke tepung kering sambil dipijet-pijet bep biar tepung nempel. Ulangi 1-2 kali untuk membuat kulit tepung ayam yang mekar. 
  9. Setelah itu goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan 
  10. Mari lanjutkan dengan membuat sambal matah! Pertama iris tipis bawang merah, cabe rawit, serai, dan daun jeruk.  
  11. Tambahkan 1/2 sdt garam, dan gula lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dan sedikit layu. Selesai itu tambahkan perasan jeruk limau, sesuai selera masing-masing ya bep banyak sedikitnya. Oya untuk jeruk limau ini bisa diganti pake jeruk nipis atau lemon, balik lagi ke selera masing-masing ehehe
  12. Siapkan bawang putih, sedikit garam atau penyedap rasa dan cabe rawit kalo suka pedes ya bep! Lalu #DiulekAsyik yaa. Terakhir tambahkan daun kemangi, dan ulek kembali tapi jangan sampai halus.  
  13. Setelah itu tambahkan ayam yang sudah digoreng, dan digeprek. Sambil diaduk biar ayam tercampur bumbu ulek tadi ya bep!  
  14. Setelah itu tambahkan minyak yang benar-benar panas. Aduk lagi sampai sambal matah tercampur.  
  15. Lalu lanjutkan dengan membuat sambal matah dan menggeprek ayamnya! Simple bukan? hihi  
  16. Untuk melihat resep-resep simple lainnya bisa click follow dan kirim foto recooknya yaa biar si-aku semangat berbagi resepnya. Oya jangan lupa likenya ehehe

3. Sambal bawang (ayam geprek) dijamin enak
Sambal bawang kesukaan orang rumah enak banget apalagi buat ayam geprek pasti nambah!
Bahan-bahan
  • Cabe rawit merah (saya beli di tk.sayur yg bungkusan 5rb)
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 siung Bawang merah
  • 1/2 buah Tomat
  • Garam
  • Royco
  • Gula
Langkah
  1. Cuci semua bahan bahan lalu tiriskan
  2. Ulek cabe,bawang,dan tomat (sesuai selera kalau saya suka yg ulek kasar)  
  3. Tambahkan gula garam dan royco sesuai selera  
  4. Panaskan sedikit minyak diwajan, lalu goreng sambal yang sudah di ulek  
  5. Goreng sampai wangi nya sedap dan matang  
  6. Sambal siap disajikan