kumpulan resep masakan indonesia dan resep sehat alami: resep aneka kue kering dan basah | masakan enak dan sehat

kumpulan resep masakan indonesia dan resep sehat alami

berbagi resep masakan dan minuman tiap hari gratis untuk menuju sehat alami dan memiliki asuransi kesehatan

Tampilkan postingan dengan label resep aneka kue kering dan basah. Tampilkan semua postingan
Tampilkan postingan dengan label resep aneka kue kering dan basah. Tampilkan semua postingan

Rabu, 22 Mei 2019

Jadikan Momen Puasa Anda Lebih Berarti Dengan Membuat Kue Basah Ramadhan

Jadikan Momen Puasa Anda Lebih Berarti Dengan Membuat Kue Basah Ramadhan

Kue basah ramadhan - Anda biasanya jika adzan maghrib tiba,lalu berbuka puasa dengan takjil apa? Kolek pisang,es buah,es campur pelangi,atau es teler 77 asli? Jika semua makanan yang disebutkan tadi membosankan,mending kita kolaborasikan dengan membuat Resep kue basah praktis yang pastinya bisa dijadikan momen berbuka puasa yang tida terlupakan. Sebelum kita prektek ke tutorial pembuatan resep kue basah, kita simak ulasan bahan-bahan yang sangat penting dalam pembuatannya

Bahan kue basah :

Kue basah memiliki ciri khas yang sangat unik biasanya terletak pada teksturnya lembut dan agak kenyal,hingga memiliki rasa yang legit. Rata-rata Resep kue tradisional jawa dibuat dari tepung beras,gula merah,tepung ketan dan santan.

Tepung beras
Tepung beras adalah bahan yang paling umum dalam pembuatan resep kue basah,karena akan memberikan tekstur yang lembut dan lentur. Tepung beras sendiri berasal dari beras yang berkualitas,kemudian ditumbuk memakai alu,dan bisa juga kita giling terlebih dahulu.

Tepung ketan
Sangat mirip sekali dengan tepung beras,Namun hanya jenis berasnya saja yang berbeda. Tepung ketan dibagi menjadi dua yaitu tepung ketan hitam dan putih. Kegunaanya adalah membuat kue yang kita buat menjadi lebih berasa dan membuat kue jadi lembut,legit dan lentur.

Gula merah
Gula merah adalah salah satu bahan pelengkap yang membuat kue basah ramadhan jadi lebih berasa.Gula merah bisa menjadi bahan campuran,isian hingga saus,pada kue putu atau kelepon gula merah menjadi isian yang khas dan enak.

Santan
Santan adalah kunci dari setiap pembuatan kue,santan bisa langsung dicampurkan dalam pembuatan adonan kue atau jadi bahan siraman untuk kue basah yang akan disajikan.

Resep kue basah Ramadhan 

resep kue putu mayang kuah kinca

1. Resep kue putu mayang kuah kinca

Bahan-bahan :
  • 150 gr tepung beras
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt vanili
  • 120 ml santan / air mendidih
Kuah kinca :
  • 50 gr gula merah
  • 150-200 ml santan (me: kara 65 ml, air 3/4 gelas blimbing)
  • 1/2 sdt vanilli
Langkah dan cara pembuatan kue putu kuah kinca :
  1. Masak air 120 ml hingga mendidih
  2. Tuangkan ke dlam tepung, hasil adonan hampir mirip adonan cireng,
  3. Setelah tercampur rata, bagi menjadi 3 bagian, atau bisa 1 warna juga,
  4. Masukan ke dalam cetakan putu mayang, atau pelastik piping bag
  5. Aku pakai cetakan, di olesi dulu minyak biar mengkilap,
  6. Cetak sesuai selera, atau bisa di ganti cetakan nya pake daun atau pelastik ya
  7. Kukus kurleb 15-25 menit atau hingga matang dengan api sedang
  8. Angkat keluarkan dari cetakan,biarkan dingin
  9. Cara buat kinca, rebus gula,santan vanilli dan air secara bersamaan, koreksi rasa
  10. Hidangkan dingin lebih nikmat
2. Resep Dadar gulung mawar

Bahan-bahan :
Bahan unti kelapa :
  • 1/2 buah kelpa muda parut
  • 1 gelas air kelapa
  • 1/4 kg gula kelpa (iris halus)
  • 10 sdm gulpas (sesuaikn dg kesukaan)
  • 1 lembar Daun pandan sedang
Bahan kulit :
  • 1/4 kg tepung terigu
  • 2 sdm gulpas
  • secukupnya  garam
  • 1 butir telur
  • secukupnya Air 
Langkah dan cara membuat dadar gulung mawar :
  1. Buat unti kelapa dulu ya bunda, campur semua bahan, masak dg api sedang cenderung besar sampai mendidih sambil trus di aduk, terlihat udah berkurang kadar air, api bisa di kecilkn sambil trus aduk, sampai kadar air mengering. Angkat
  2. Buat kulit, campur semua bahan kecuali air,campur sampai rata tambahkn air sedikit demi sedikit, sampai adonan encer ya bunda. 
  3. Siap di warna sesuai keinginan
  4. Siapkn teflon oles dg margarin dg kuas, msukkan adonan 1 centong sayur, sampai bisa di angkat.
  5. Siap di bentuk ya bunda ambil kulit iris 6 ke dlm tumpuan tengah, jgn sampai putus ya, truh unti kelapa di tengah, lipat kulit ke dalam ke unti smpai hbis. Siap sajikan atau di kemas.
3.Resep Ketan Srikaya Pandan 

Bahan-bahan :
  • Bahan Lapisan Ketan :
  • 250 gr beras ketan (rendam sekitar 2 jam)
  • 200 ml santan (dari 65 ml santan instan +135 ml air matang)
  • 1/4 sdm garam
  • 2 potong daun pandan
Bahan Srikaya Pandan :
  • 2 butir telur ayam
  • 30 gr tepung terigu
  • 150 ml santan (dari 65 ml santan instan + 85 ml air matang)
  • 100 gr gula pasir
  • 50 ml air pandan/pasta pandan
  • 1/4 sdm garam 
Langkah cara membuat ketan sarikaya pandan :
  1. Siapkan bahan-bahan utk lapisan ketan ; campurkan santan,garam & daun pandan.masak dengan magic com.kalo sdh matang sekitar 20 menit,angkat & dinginkan.
  2. Membuat Srikaya Pandan ; siapkan bahan- bahan: masukan telur,gula pasir aduk rata dengan whisk sampai gula pasir larut kemudian masukan tepung terigu,air pandan & santan.aduk dan saring.
  3. Siapkan loyang uk.20 cm ×8 cm ×7 cm,tuang ketan kemudian padatkan sampai rata.kemudian setelah padat tuang lapisan srikaya pandan di atasnya.
  4. Masukan ke dlm kukusan yg sdh di panaskan.kukus selama 20 menit (jgn lbh krn menyebabkan permukaan bergelombang).setelah matang dinginkan kemudian siap di tata & sajikan.
4.Resep Kue lupis ketan pandan 

Bahan-bahan :
  • 9 lembar daun pandan, blender dengan air, saring dan sisihkan
Bahan ketan :
  • 1 1/2 liter beras ketan putih (kualitas bagus)
  • 4 lembar daun pandan
  • 6 sendok air kapur sirih
  • Secukupnya pewarna makanan hijau pandan
Bahan gula :
  • 450 gr gula merah
  • 3 lembar daun pandan
  • 3 mata buah nangka cincang (jika ada)
  • 350 ml air bersih
Pelengkap : 
  • 1 butir kelapa parut, kerok kulitnya
  • 1/2 sdt garam
  • 5 lembar daun pandan
  • Daun pisang untuk membungkus
Langkah cara membuat kue lapis ketan pandan :
  1. Cuci bersih beras ketan, kemudian masukkan air pandan yang telah di saring, beri secukupnya pewarna makanan hijau aduk rata sambil beri air, hingga beras terendam. Rendam selama 3 jam
  2. Tiriskan beras ketan yang telah tercampur rata hijau.
  3. Ambil daun pisang Bentuk kerucut, masukkan kurang lebih 2½ sdm beras ketan, lalu padatkan dan pastikan ujuk kerucutnya terisi, Lipat menjadi segitiga, lalu ikut atau di tusuk lidih agar tidak berantakan saat di rebus, atau bisa di staples pada tiap ujung nya. Lakukan hingga habis.
  4. Susun dalam panci, lalu masukkan 5 lembar daun pandan. Rebus dengan air penuh, hingga terendam sempurna. Rebus selama 2½ jam
  5. Aduk kelapa parut dengan ½ sdt garam. Kemudian kukus hingga matang
  6. Bahan gula : rebus gula merah dengan air, dan daun pandan. Masak sampai gula larut. Angkat dan saring, masak kembali sampai sedikit kental dengan nangka cincang.
  7. Tiriskan ketan yang telah di rebus, keluarkan dari daun, lalu gulingkan dengan kelapa kukus.
  8. Sajikan dengan air gula
5. Resep Getuk Ubi 
Bahan-bahan :
  • 600 gram ubi ungu
  • 2 sdm margarin
  • 3 sdm gula pasir
  • Secukupnya garam
Toping :
  • 1/4 buah kelapa (parut)
  • Coklat
Langkah dan cara membuat getuk ubi :
  1. Kupas ubi cuci, potong2 kecil, lalu kukus hingga empuk jangan lupa beri garam. Tumbuk lalu tambahkan margarin dan gula. Mumpung masih panas. Lempengkan di atas kertas nasi, beri kelapa parut.
  2. Gulung perlahan aedikit di tekan supaya padat. Lalu potong2.. sisa nya aku bikin bulat2 dalam nya kasih toping coklat, lalu di guling2 kan ke kelapa parut. Siap di sajikan!! Selamat mencoba 
6. Resep dadar gulung pink
Bahan-bahan
  • Untuk 20 biji
Bahan kulit :
  • 250 gr tepung terigu
  • 30 gr gula putih (optional)
  • secukupnya garam
  • 1 butir telur
  • 180 ml santan (bumas)
  • 280 ml air
  • beberapa tetes pasta merah muda
  • minyak untuk pan fried kulit
Bahan unti kelapa :
  • 1/2 butir kelapa parut 
  • 100 gr gula putih
  • 50 ml santan (kara)
  • 100 ml air
  • secukupnya garam
  • 2 lembar daun pandan
Langkah dan cara membuat dadar gulung pink :
  1. Cara membuat unti kelapa : masak air, santan, daun pandan, gula putih hingga larut dan sedikit mendidih masukan kelapa parut. masak hingga air menyusut tapi tidak sampai kering. angkat dan dinginkan.
  2. Cara membuat kulit dadar gulung : campur semua bahan aduk sampai gula larut dan bagi 2 adonan, 1 adonan warna dasar, sisanya beri beberapa tetes warna merah muda/pink, jangan lupa disaring.
  3. Siapkan teflon dan panaskan dengan api kecil. ambil tissu selembar celupkan ke minyak dan usap2kan ke teflon. setelah teflon panas, tuangkan sedikit warna dasar bentuk suka-suka, lalu tuangkan secentong warna pink dan angkat memutar teflon, caranya sama seperti membuat kulit risol. masak sampai adonan berubah warna dan bisa lepas dari wajan. sisihkan dan isi dengan unti kelapa tadi
  4. Dan selamat mencoba bund
baca juga :





Bagaimana mudah banget bukan cara membuat resep kue basah praktis dan resep kue tradisional nya? kue-kue di atas sangat cocok jika dihindangkan pada saat momen berbuka puasa bersama keluarga tercinta.Nantikan resep kue basah lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id terimakasih bagi yang sudah berkunjung,semoga bermanfaat.



Sabtu, 18 Mei 2019

14 Resep Kue Kering Yang Membuat Momen Lebaran Jadi Lebih Spesial

14 Resep Kue Kering Yang Membuat Momen Lebaran Jadi Lebih Spesial

Resep kue lebaran sederhana - Apa makanan yang bisa anda sediakan untuk tamu di rumah jika momen hari raya lebaran tiba? Pernahkah anda mencoba membuat kue kering di rumah? Atau bunda lebih suka membeli dari pada membuat resep aneka kue lebaran sendiri?

Bunda pasti ada niat donk untuk membuatnya sendiri dirumah? Sekali-kali yuk tunjukan bakat memasak bunda, agar para tamu yang datang bisa betah dirumah bunda dengan aneka kue lebaran yang bunda buat sendiri,hehehe. Terutama untuk para Mahmud(mamah muda) nih yang masih punya energi dan cepat ketika membuat resep kue lebaran unik, Agar rumah bunda dihiasi dengan anaeka kue.

Daripada anda penasaran apa saja sih resep yang sudah disediakan oleh blog resepke17.id  yuk langsung saja ke tutorial cara membuat kue lebaran di bawah ini :

Resep kue kering lebaran 

1. Resep kue kering coklat mede

dan cara membuatnya

Bahan-bahan
  • 200 gr mentega
  • 50 gr margarine
  • 180 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 500 gr terigu kunci biru
  • 30 gr coklat bubuk
  • 150 gr DCC (Dark Cooking Chocolate/coklat batang),tim
  • 3 sdm tepung maizena
  • 25 gr susu bubuk (saya pakai 1 sachet dancow bubuk)
  • garam secukupnya
  • 200 gr kacang mede,sangrai,haluskan(bagi yang tidak suka kacang mede boleh di skip)
Langkah dan cara membuat kue kering coklat mede
  1. Mixer mentega,margarine,gula halus sebentar. Tambahkan kuning telur,kemudian mixer kembali.
  2. Masukkan DCC,dan aduk sampai rata.
  3. Lalu Masukkan semua bahan kering,aduk dengan spatula hingga adonan kalis bisa dibentuk.
  4. Bentuk adonan sesuai selera anda
  5. Masukan kedalam Oven selama 20 menit dengan suhu 160°C
  6. Dan Angat lalu tiriskan, Taraa kue kering siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta 

2.Resep Kue Kering Kastengel


Bahan-bahan
  • 150 grm Keju Parut Sisakan Sebagian Buat Topping nya
  • 230 grm Margarin
  • 2 Butir Kuning Telur
  • 2 sdm Gula halus
  • 2 sdm Maizena
  • 1 Sashet susu bubuk
  • 2 sdm Room Butter
  • 450 grm Tepung Terigu Protein Rendah
Bahan Olesan :
  • 2 Butir Kuning Telur
  • 1 Sdm Minyak
  • 1 sdt Susu Cair
Langkah cara membuat kue kering kastengel
  1. Mixer Margarin,Room Butter, Gula,Vanili Cair Hingga Lembut Lalu masuk kan Susu Bubuk, Keju parut, Maizena dan Tepung Terigu Lalu Aduk Rata.
  2. Lalu Gilas dengan Rolling Pin Dan Bentuk menurut Selera. Olesin Bagian Atas Dengan Bahan Olesan Lalu Taburin dengan keju parut dan Oven Hingga matang.
  3. Setetelah Matang Angkat Lalu Dinginkan Dulu Dan Siap di Kemat Di Toples. (Maaf Blom di
  4. 3.Resep kue kering takaran sendok / cookies kacang hijau Toplesin Karena Baru Mateng 

Kue kering takaran sendok adalah kue yang ketika dibuat memakai takaran dengan sendok,dan tidak memakai timbangan.
Bahan-bahan
  • 7 sdm margarine
  • 1 sachet SKM (40 gram)
  • 1 sdm gula halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir kuning telur
  • 5 sdm pasta kacang hijau
  • 1 sdm maizena
  • 10 sdm tepung terigu serbaguna
 Bahan Olesan: 
  • 1 butir kuning telur
Langkah cara membuat kue kering takaran sendok
  1. Campur margarine, SKM, gula halus dan garam dalam wadah. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur, aduk rata. Tambahkan pasta kacang hijau, aduk rata.
  3. Masukkan maizena, aduk rata.Masukkan tepung terigu, aduk rata hingga bisa dibentuk
  4. Bentuk adonan sesuai selera. Tata di atas loyang. Beri olesan kuning telur. Panggang hingga kecokelatan. Sesuaikan dengan oven masing-masing

4.Resep kue kering pandan thumbprint cookies


Bahan-bahan
bahan untuk cookies :
  • 100 gr tepung almond
  • 50 gr tepung keto
  • 75 gr butter
  • 3 btr kuning telur
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm condensed milk
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 1 sdt pasta pandan
bahan topping :
  • 100 gr dark chocolate
  • 5 bks diabetasol atau gula bubuk
Langkah dan cara membuat kue kering pandan thumbprint cookies 
  1. Campur semua bahan cookies dan aduk hingga merata
  2. Bentuk bulatan lalu tekan tengah nya dengan telunjuk
  3. Panggang dengan Suhu 140°C sampai matang
  4. Angkat dan dinginkan
  5. Lelehkan chocolate dan pemanis, dinginkan lalu masukan dalam plastik segitiga beri isian pada cookies
  6. Dinginkan lalu masukan dalam toples kedap udara

5.Resep kue kering kacang


Bahan-bahan
  • Banyaknya untuk 4 toples
  • 400 gr kacang. Sangrai kemudian blender
  • 800 gr terigu, sangrai hingga harum, dinginkan, ayak
  • 350 gr gula tepung
  • 5 sdm susu bubuk
  • 500 ml minyak goreng baru. (Saya pakai minyak kelapa kara)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
Bahan olesan :
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm minyak goreng
  • Bahan Pewarna kuning secukupnya(ingat bahan pewarna khusus makanan ya)
Langkah dan cara membuat kue kering kacang 
  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali minyak goreng. Kemudian aduk sampai rata.
  2. Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Setelah rata dan kalis cetak sesuai selera. Olesi dengan kuning telur. Oven hingga matang.

6.Resep kue kering semprit renyah dan lembut


Bahan-bahan
  • Banyaknya untuk 4 toples nastar
  • 500 gr mentega
  • 150 gr maizena
  • 500 gr tepung segitiga biru
  • 200 gr gula halus/gula pasir di hasulkan
  • sedikit margarin untuk olesan loyang
Langkah dan cara membuat kue semprit
  1. Mixer mentega hingga hancur dengan kecepatan sedang kurang lebih 2 menit.
  2. Masukkan gula halus kemudian mixer hingga tercampur.
  3. Masukkan tepung maizena dan segitiga biru, lalu mixer hingga tercampur.
  4. Cetak kue semprit menggunakan cetakan di atas loyang yang telah diolesi margarin.
  5. Panggang kue kurang lebih setegah jam dengan api kecil hingga kue matang rata.
  6. Keluarkan kue dan masukan ke dalam toples.

7. Resep kue kering nastar

Bahan-bahan
  • 1/2 kg bluband
  • 150 gram gula tepung
  • 6 butir kuning telur
  • 100 gram maizena
  • 100 gram butter(Orchid)
  • 900 gram tepung terigu segitiga biru
  • 200 gram susu bubuk dancaw
Isiaan :
  • Slay nanas
  • Olesan
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdt madu
Langkah cara membuat kue kering nastar
  1. Mix bluband butter dan kuning telur asal tercampur rata
  2. Masukan susu gula halus dan maizena sedikit demi sedikit aduk pake spatula
  3. Ambil 2 sendok adonan aduk dengan terigu uleni sedikit sedikit Bun biar adonanya bagus nanti kalo adonan habis ambil lagi adonan campur dgn terigu ulangi sampai adonan habis
  4. Bulatkan masukan isian nanas dan lakukan sampai adonan habis
  5. Beri olesan kuning telur dan madu oven di api 120c selama 20 menit
  6. Lalu angakat dan tiriskan. tara kue nastar sip untuk dihidangkan

8. Resep kue kering sus keju


Bahan-bahan
  • Untuk 5 porsi
  • 150 gram Tepung terigu
  • 125 gram Margarin/ Mentega
  • 200 ml Air
  • 4 butir Telur
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 1 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdt Garam
Bahan fla :
  • 250 ml Susu cokelat cair
  • 1/2 bks Ceres kecil/ 2 blok Cokelat batang
  • 2 sdm Maizena
  • 3 sdm air (untuk mencairkan maizena)
Langkah dan cara membuat kue kering sus
  1. Cairkan margarin dan air, tunggu sampai mendidih, kecilkan air lalu masukan tepung sedikit demi sedikit dan tetep diaduk hingga kalis.
  2. Dinginkan adonan lalu letakkan pada wadah dan mixer bersama telor, baking soda, gula dan garam dengan kecepatan sedang.
  3. Masukan adonan pada plastik segitiga dan cetak diatas loyang yang sudah diolesi margarin.
  4. Oven selama 45 menit, oleskan fla cokelat diatasnya dan taburin dengan parutan keju

Bahan-bahan
  • 1 butir telur
  • 75 gram tepung sagu tani
  • 4 siung bawang putih haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm butter lelehkan
  • 1 sdmtepung terigu
  • minyak untuk menggoreng secukupnya saja
Langkah dan cara membuat kue kering bawang
  1. Kocok lepas telur, masukkan semua bahan, campur rata hingga adonan bisa dipulung
  2. Siapkan wajan, isi dengan minyak dingin. Pulung-pulung adonan kecil kecil saja supaya hasilnya renyah
  3. Masukkan kedalam minyak dingin. Lakukan terus sampai adonan habis. Jangan lupa telapak tangan diberi tepung terigu sedikit biar tidak lengket. Setelah semua selesai dipulung, naikkan keatas kompor. Nyalakan api kecil. Jangan di bolak balik sebelum adonan naik ke atas minyak. Setelah kekuningan angkat, tiriskan
  4. Ketika baru diangkat dari penggorengan, telur gabus teksturnya akan empuk. Tapi setelah dingin, akan renyah kok.
  5. simpan di wadah tertutup setelah telur gabus dingin. Siap dinikmati

10.Resep kue kering tanpa telur Black Snow White Cookies 

Bahan-bahan
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 200 gr salted butter (saya pakai wisjman)
  • 50 gr margarine
  • 100 gr gula halus
  • 40 gr susu bubuk full cream
  • 25 gr coklat bubuk hitam (saya pakai merk tulip yang noir)
  • 125 gr biskuit oreo yang dihaluskan (tanpa krim)
Langkah dan cara membuat kue kering tanpa telur
  1. Kocok salted butter, margarin, dan gula halus dengan mixer dengan speed rendah selama kurang lebih 1menit
  2. Masukkan susu bubuk, bubuk oreo, coklat bubuk hitam, aduk rata menggunakan mixer
  3. Ambil adonan sedikit demi sedikit di wadah terpisah dan campur dengan tepung sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang gampang dibentuk (cara ini agar menghindari adonan yg terlalu keras apabila semua tepung dimasukkan kedalam adonan)
  4. Bentuk adonan bulat bulat atau sesuai selera, oven diatas api sedang kurang lebih 40-50menit dengan 100-150 derajat celcius
  5. Setelah matang, biarkan cookies hangat, lalu gulingkan cookies pada gula donat, lalu susun di toples. Siap dinikmati

11. Resep kue kering putri salju

Bahan-bahan
  • 500 gr tepung terigu
  • 3 butir kuning telur nya saja
  • secukupnya Tepung maizena
  • secukupnya Susu bubuk
  • secukupnya Margarin
  • secukupnya Butter
Toping :
  • secukupnya Gula halus
Langkah cara membuat kue kering putri salju
  1. Masukkan margarin, butter dan kuning telur kocok hingga warnanya berubah agak pucat. Setelah itu campurkan tepung terigu, susu bubuk dan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan tidak lengket.
  2. Setelah itu pipihkan adonan sampai batas ketebalan yang diinginkan, kemudian cetak adonan sesuai selerai menggunakan cetakan kue.
  3. Siapkan teflon dan sarangan. Olesi sarangan dengan margarin sampai rata, kemudian susun adonan yang sudah dicetak keatas sarangan.
  4. Panggang teflon dengan api sangat kecil selama kurang lebih 27 menit. Jangan lupa tutup teflon sampai rapat agar panasnya merata. Untuk mengetahui kalau kue sudah matang cek bagian bawah kue jika sudah berwarna coklat dan saat ditekan sudah keras dan tidak lembek artinya kue sudah matang.
  5. Setelah kue matang lalu angkat dan diamkan beberapa menit sampai kue tidak terlalu panas.
  6. Setelah itu taburi dengan gula halus sampai semua permukaan tertutupi.
  7. Kemudian susun di dalam toples sesuai selera.
  8. Dan Selamat mencoba bund

12. Resep kue kering garpu Manis

Bahan-bahan
  • 300 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr/ setengah gelas gula pasir
  • 50 gr blue band, cairkan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
Langkah cara membuat kue kering garpu manis
  1. Masukkan telur gula dan garam lalu kocok sampai agak pucat.
  2. Lalu masukkanterigu sedikit demi sedikit sampai tetcampur rata.
  3. Kemudian masukkan margarin yg sdh dicairkan tadi kedalam adonan, lalu uleni sampai kalis (kalau masih lembek bisa ditambahkan tepung terigu).
  4. Uleni sampai kalis, sampai bisa dibulatkan. Bulatkan secukupnya, pakai punggung garpu, lalu tekan atau pipihkan kemusian gulung. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Goreng dlm minyak panas dgn api sedang cenderung kecil, sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan. Siap dinikmati atau disimpan di wadah kedap udara, utk lebaran bulan depan 

13.Resep kue kering lidah kucing


Bahan-bahan
  • 125 gr margarin/butter boleh mix
  • 70 gr gula halus
  • 38 gr putih telur
  • 105 gr tepung kunci / segitiga
  • 7 gr susu bubuk
  • 30 gr tepung maizena
Langkah dan cara membuat kue kering lidah kucing
  1. Mixer margarin/butter dan gula halus sampai putih mengembang dan pucat. Masukkan putih telur. Kocok rata.
  2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena yang sudah diayak, kocok asal rata.
  3. Masukkan pipig bag, semprot ke loyang lidah kucing yang udah dioles margarim/oles loyang.
  4. Oven di suhu 160°C selama 25 menitan (sesuaikan suhu oven masing-masing). Pindahkan di rak kawat sampai suhu dingin.

14. Resep kue kering jahe

Bahan-bahan
  • 150 gr bater
  • 250 gr mentega
  • 150 gr gula merah
  • 125 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 700 gr tepung terigu
  • 60 gr tepung maizena
  • 50 gr susu bubuk full krim
  • 1 sdt bumbu spikuk
  • 4 sdt jahe parut
  • 2 sdt kayu manis
Langkah dan cara membuat kue kering jahe
  1. Mix bater,margarin,gula merah, gula halus,jahe parut sampai lembut.
  2. Lalu masukkan 2 kuning telur mix sebentar asal tercampur saja.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu,maizena,susu bubuk,bumbu spikuk,kayumanis campur jadi satu.masukkan kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil diayak.
  4. Aduk pakai sendok kayu hingga tercampur rata dan bisa di bentuk atau di cetak,dan siap di panggang hingga matang.selamat mencoba.
Nah bagaimana bund? mudah banget bukan cara pembuatan 14 Resep Kue Kering Yang Membuat Momen Lebaran Jadi Lebih Spesial, kenapa demikian karena tamu yang hadir akan lebih nikmat jika kue tersebut adal;ah bikinan bunda sendiri. Nantikan aneka resep masakan indonesia dan resep sehat alami lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id semoga bermanfaat terimakasih

Minggu, 12 Mei 2019

7 Bahan Pokok Dalam Pembuatan Kue Kering Agar Rasanya Lebih Mengugah Selera

7 Bahan Pokok Dalam Pembuatan Kue Kering Agar Rasanya Lebih Mengugah Selera

foto kue kering

Bahan pokok kue - Memasak Kue kering adalah salah satu seni belajar tanpa batas. Aneka resep kue kering memang banyak sekali apa lagi ini bisa membuat anda ngiler untuk mencobanya. Anda bisa bebas untuk mengkreasikannya dengan memakai bahan-bahan pavorit yang anda suka. Walaupun demikian anda harus tahu apa saja sih bahan-bahan yang sangat penting ketika kita ingin membuat kue kering. Simak ulasannya sebagai berikut:

Aneka bahan kue :

1. Margarin

Margarin di dalam kue berfungsi untuk menyegarkan aroma dan mengempukan tekstur kue kering tersebut. Agar hasilnya bisa maksimal saya sarankan untuk menggunakan margarin merk blue band dan cookie karena mempunyai komposisi yang istimewa. Aneka resep kue kering akan lebih menggugah selera dengan aroma lembut khas butter. Blue band cake dan cookie memang diformulasikan untuk pembuatan kue kering dan cake,disamping itu mengandung banyak vitamin loh bund.

2. Tepung terigu

Tepung terigu adalah bahan pokok dalam pembuatan kue kering.Biasanya yang sering digunakan di masyarakat kita ialah tepung terigu dengan protein yang rendah. Kenapa demikian? karena dengan menggunakan tepung terigu yang berfrotein rendah itu akan menghasilkan kue kering yang renyah dan gurih. Saya rekomendasikan cobalah untuk menggunakan tepung terigu segitiga biru. Anda juga bisa menggunakan tepung pelengkap lain seperti tepung beras,tepung mizena untuk menambahkan rasa yang khas. Komposisi dalam penambahan tepung terigu dan tepung lainnya yaitu 5:1

3. Telur ayam

Hampir semua dalam pembuatan kue kering berbahan dasar telur ayam. Kenapa demikian? kaena telur ayam berfungsi sebagi perekat,pemberi rasa gurih,pelembut,dan menambah nilai gizi. Anda tidak perlu bingung, Berapa banyak telur yang harus digunakan? itu semua sudah tertera dalam resepe. Biasanya kuning telur yang sering digunakan sebagai olesan pada permukaan kue kering. Dan alhasil kue kering akan bertambah mengkilap dan rasanya sangat gurih.

4. Gula

Gula merupakan bahan pokok yang harus disediakan dalam pembuatan kue kering manis.Gula yang sering dipakai untuk membuat kue manis kering bisanya gula pasir dan gula halus. Tetapi Kalian juga mampu berkreasi dengan gula palem, gula merah, alias macam-macam gula lainnya. Gunakan gula sesuai takaran resep supaya kudapan manis kering tak terlalu manis alias mudah hangus dikala dipanggang. Selain memperlihatkan rasa manis, gula juga mampu dikreasikan menjadi hiasan untuk kudapan manis kering. Kalian mampu mencampurnya dengan pewarna serta bahan-bahan lain supaya desain kudapan manis kering terus sempurna.

5. Buah-Buahan Kering

Buah-buahan kering yg mampu meningkatkan kelezatan kudapan manis kering antara lain kurma, kismis, serta sukade. Namun Kalian wajib lebih cermat ketika menambahkan buah-buahan kering. Karena jumlah buah-buahan kering yg berlebihan mampu membikin adonan kudapan manis kering menjadi berat serta gagal mengembang. Tekstur kudapan manis kering pun mampu keras serta tak lezat dikala disantap.

6. Bahan Pengembang

Bahan pengembang yg kerap dipakai pada resep kudapan manis kering merupakan baking soda alias baking powder. Kalian tak memperlukan tak sedikit bahan pengembang untuk kudapan manis kering buatan Anda. Sebab tekstur kudapan manis kering terbukti tak wajib mengembang sampai maksimal semacam cake. Penggunaan bahan pengembang dengan cara berlebihan hanya akan membikin kudapan manis kering Kalian sehingga mudah gosong.

7. Beragam Jenis Cokelat

Ada beragam tipe cokelat yg tak jarang dipakai dalam resep kudapan manis kering. Aneka tipe cokelat tersebut antara lain cokelat masak, chocolate chips, bubuk cokelat, serta pasta cokelat. Penambahan cokelat akan membikin kudapan manis kering sehingga terasa lebih istimewa. Cokelat juga sangat mudah dipadukan dengan bahan tambahan lain semacam vanila, kacang, keju, serta buah-buahan kering.

baca juga :

Kue atau Cemilan apa saja sih yang bisa dibuat dari Tepung segitiga biru??  

Cara Membuat Kue Nastar Ukuran 1kg,yang Lembut dan lumer dimulut?

Resep Cemilan Murah Untuk dijual, Dan menghasilkan pundi-pundi rupiah

Resep Cake Pisang Yang Lembut lezat dan praktis


Nah itulah bund, Bahan paling pokok dalam pembutan kue kering yang harus anda tahu. nantikan resep dan informasi penting lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id semoga artikel ini memberikan banyak manfaat terimakasih.

Rabu, 03 April 2019

Cara membuat donat kentang Sederhana dan praktis

Cara membuat donat kentang Sederhana dan praktis


Resepke17.id - Pasti donk diantara keluarga bunda ada yang suka dan senang dengan kue yang berbentuk bulat dan bolong dim tengahnya? Ya itu dia Donat, ada banyak jenis dan bahan dasar untuk membuat doanat, salah satunya donat kentang, Udah pernah mencoba bund membuat donat kentang?

Yang sering kalian dengar biasanya merek terkenal seperti dunkin donat dan ada banyak lagi yang lainnya. Tapi disini susan bukan mau mengajak bunda cara membuat resep donat kentang yang sederhanha,praktis,empuk.Yang tidak akan kalah lezatnya dengan berbagai merek terkenal itu.

Sebenarnya ada banyak sekali varian donat yang ada di daerah kita. Ada donat kampung,donat madu,donat mini,dll. Pada dasarnya cara pembuatan donat itu hampir sama,hanya saja yang membedakanya dari bahan dasarnya dan hiasan di atas donat tersebut supaya cantik di lihat. Selain mudahn cara pembuatan donat ini,anda juga dapat menjadikan penghasilan tambahan dengan cara mejualnya sendiri kepada tetangga.

Dari pada lama mending langsung saja yuk ke cara pembuatnnya :

baca juga :

Resep Cake Pisang Yang Lembut lezat dan praktis

Resep Kue Goreng Sederhana Enak dan lezat

Resep Kue Kering bikin baper,Yang Sangat menguntungkan

Resep Cemilan Murah Untuk dijual, Dan menghasilkan pundi-pundi rupiah

Resep membuat donat kentang empuk


Bahan-bahan

  • Porsi untuk 20 buah
  • 500 gram terigu (cakra)
  • 2 saset susu bubuk fullcream (me:dancow)
  • 1/2 bks ragi instan (fermipan)
  • 100 gr gula pasir
  • 75 gr margarin
  • 2 butir kuning telur
  • 2 buah kentang (ukuran sedang) kukus haluskan
  • 1/4 sdt garam
  • 100-150 ml air es pakai sesuai kebutuhan

Langkah dan cara pembuatnnya :

  1. Dalam wadah, campur tepung terigu, gula, susu bubuk serta ragi instan lalu aduk rata.
  2. Masukkan kentang halus, tuang telur serta air es dikit2, lalu uleni hingga adonan menjadi rata serta setengah kalis.  
  3. Selanjutnya beri mentega serta garam, aduk rata serta uleni hingga adonan menjadi kalis elastis.  
  4. Istirahatkan adonan tidak lebih lebih selagi 20-30 menit hingga mengembang. 
  5. Bentuk adonan sesuai selera, dapat dibulatkan manual alias memakai cetakan donat supaya lebih praktis.
  6. Diamkan kembali adonan selagi 20 menit, hingga adonan mengembang.
  7. Lubangi adonan tahap tengahnya dg memakai jari telunjuk, putar sembari sedikit ditarik2. Goreng adonan donat ke dalam minyak dengan memakai api kecil - sedang. Putar2 donat dengan sumpit biar mengembang sempurna. Goreng hingga kuning keemasan dengan satu kali balik saja. Angkat, tiriskan diatas tisu penyerap minyak.
  8. Toping sesuai selera alias taburi icing sugar.

Hemm nah itulah bun cara mudah pembuatan donat kentang yang empuk enak dan gurih, Jika anda berniat untuk membuat usaha donat jangan lupa untuk membuat donat kentang ya bund? dijamin laris manis deh. Nantikan resep masakan dan sehat alami lainnya di www.resepke17.id semoga bermanfaat terimakasih


Kamis, 21 Maret 2019

Wow..!! Cara Membuat Kue Nastar Ukuran 1kg,yang Lembut dan lumer dimulut?

Wow..!! Cara Membuat Kue Nastar Ukuran 1kg,yang Lembut dan lumer dimulut?

Kue nastar lembut 


Resepke17.id - Banyak yang tidak menyadari jika mau menjelang hari raya khususnya Lebaran,banyak yang ingin membuat kue sendiri dan yang sering kita temuin adalah kue nastar. Bunda wajib untuk membuatmya di rumah. Resep kue nastar ini bisa menggunakan bahan dari blue band karena hasilnya pun akan sangat memuaskan bund. Ini juga dapat kita kreasikan dengan kue putri salju tergantung pada anda sesukanya.

Nah disini susan akan mengajak bunda semua untuk membuat kue nastar yang bisanya menggunakan ukuran bahan 1kg. Kue nastar yang sedang hits pada tahun ini adalah kue nastar yang lembut dan lumer dimulut ketika kita santap. Bunda juga bisa menambahkan coklat untuk mempercantik tampilan sekaligus warnanya agar lebih menarik.

Nah untuk membuat kue nastar sederhana,bunda bisa menyimak selengkapnya dibawah ini,susan jamin deh rasanya akan sangat enak,dan tidak membikin kantong bolong kok.. heheheh

Resep nastar 1kg blue band

Bahan-bahan :

  • 1 kg tepung terigu (sy : kunci biru), sangrai, ayak
  • 500 gram margarin (sy : blueband cake & cookie)
  • 100 gram butter
  • 300 gram gula halus
  • 4 butir kuning telur
  • 2 butir kuning telur rebus
  • 3 sdm susu bubuk
  • 2 sdm maizena
  • Seujung sendok garam

Bahan selai :

  • 3 buah nanas
  • 300 gram gula pasir
  • 10 cm kayu manis

Bahan olesan :

  • 5 butir kuning telur
  • 1 sachet susu kental manis
  • 3 sdm air

Langkah dan cara pembuatannya :

  1. cara Membuat selai : haluskan nanas, mampu diparut alias diblender. Rebus nanas yg sudah dihaluskan sampai airnya berkurang (sy : saring nanas yg sudah dihaluskan. Alhamdulillah air sari nanasnya diminum deh. Segaaar. Hahaha. Ampasnya yg dijadikan selai). Masukkan gula pasir serta kayu manis. Masak sampai selai mengental serta berwarna kecoklatan. Angkat. Dinginkan.
  2. Mix margarin serta butter sampai tercampur (sy : memakai whisk). Tambahkan kuning telur serta kuning telur rebus, mix lagi sampai tercampur rata.  
  3. Masukkan susu bubuk, maizena, serta garam. Aduk rata memakai spatula. Masukkan gula bubuk, aduk rata. Masukkan tepung terigu, aduk rata sampai adonan mampu dibentuk.  
  4. Bentuk adonan sesuai selera (sy : ambil adonan secukupnya, ratakan, lalu cetak. Tumpuk 2 adonan yg sudah dicetak serta di antaranya diberi selai).  
  5. Tata di loyang serta beri olesan campuran kuning telur, skm, serta air.  
  6. Panggang sampai matang. Siap disajikan. bersama keluarga tercinta 
baca juga :






Hmmm gampang banget kan bund cara pembuatan kue nastar dari ukuran bahan 1kg nya, heeehe nantikan artikel terbaru,menarik,dan bermanfaat lainnya masih di www.resepke17.id

Rabu, 20 Maret 2019

Resep dan Cara membuat kue Manja Kekinian Bisa Dijadikan Ide untuk Jualan bund

Resep dan Cara membuat kue Manja Kekinian Bisa Dijadikan Ide untuk Jualan bund

Resep kue manja


Resepke17.id - Kue manja adalah salah satu jenis kue yang menyerupai martabak cubit dan ada juga yang menyebutnya martabak terang bulan lipat.

Berawal dari hitsnya di media sosial terutama facebook kue manja ini di buat oleh bunda yunda yun,sejak saaat itulah banyak orang yang terinsifrasi untuk membuat kue tersebut. Selain itu Bahan-bahan dan dalam proses pembuatanya cukup mudah loh bund dan yang pastinya anti gagal donk. Karena sangat gampang bunda bisa mencobanya sendiri di rumah,namun bunda harus perhatikan langkah demi langkahnya ya?

Selain cara pembuatanya mudah dan gampang sekali,Kue manja ini bisa dijadikan ide untuk jualan loh bund? bisa laris manis jika kita membuatnya krena belum banyak pesaingnnya. Nah jika anda penasaran simak yuk cara pembuatanya:

Bahan-bahan Kue Manja :


  • Telur 1 butir
  • Tepung terigu 125 gram
  • Air 250 mili liter
  • Gula pasir 1 sendok makan
  • Susu bubuk 3 sendok makan
  • Minyak goreng 1 sendok makan
  • Baking powder 1 sendok teh
  • Soda kudapan manis (baking soda) 1/2 sendok teh
  • Garam 1/2 sendok teh
  • Vanili bubuk 1 sachet alias secukupnya saja

Bahan untuk Isian / Topping :

  • Selain aneka rasa semacam rasa nanas, stroberry, blueberry, nutella dll
  • Keju
  • Meises / ceres
  • Cocomaltine / Wafer Bengbeng
  • Potongan buah semacam buah pisang, stawberry, kiwi dll boleh
  • Apa saja sesuai selera

Proses pembuatan Kue Manja atau martabak sabit bulan:

  1. Di dalam wadah campur telur, gula serta vanili, aduk rata hingga gula larut saja.
  2. Tambahkan tepung terigu, baking powder serta susu bubuk, aduk rata sambil masukkan air sedikit demi sedikit.
  3. Masukkan minyak serta baking soda, aduk rata kembali.
  4. Diamkan adonan tidak lebih lebih selagi 10 menit. Jangan lupa tutup adonan memakai lap alias kain bersih.
  5. Sambil menantikan adonan di diamkan, panaskan teflon dengan memakai api cenderung kecil.
  6. Jika telah 10 menit, aduk adonan lalu bagi adonan menjadi berbagai warna yg di inginkan apabila mau membikin kudapan manis manja pelangi alias rainbow. Kalau saya pakai sedikit pasta panda, sehingga cuma 1 warna saja.
  7. Tuangkan adonan ke atas teflon yg telah di panaskan tadi dengan sendok makan alias sendok sup.
  8. Kalau telah timbul lubang-lubang alias sarang di atas kudapan manis serta bawahnya telah berwarna coklat, segera angkat lalu beri topping dalam kondisi tetap panas biar topping alias selai lengket ke kue.
  9. Terakhir lipat alias rekatkan ujung kudapan manis dalam kondisi tetap panas juga. Lakukan semakin hingga semua adonan habis.
  10. Yeah, kudapan manis manja kekinian yg adalah jajanan hitz siap untuk dinikmati.

Konon kudapan manis manja selai ini, Jika di Selandia Baru di nikmati sebagai hidangan penutup seusai makan besar. Kalau di Indoensia sih leluasa yes, mau di sajikan untuk camilan kawan minum teh alias kopi oke. Buat hidangan arisan, isian snack box serta untuk jualan juga bisa!

baca juga :

Resep Cake Pisang Yang Lembut lezat dan praktis

Kue atau Cemilan apa saja sih yang bisa dibuat dari Tepung segitiga biru??  


Resep Cemilan Murah Untuk dijual


Cara Membuat Getuk Lindri Paling enak,lembut,dan lezat


Nah itulah bund resep dan cara pembuatan kue manja yang berasal dari slandia baru,nantikan artikel terbaru dan menarik lainnya www.resepke17.id terimakasih semoga bermanfaat.

Sabtu, 09 Februari 2019

Cara Membuat Getuk Lindri Paling enak,lembut,dan lezat

Cara Membuat Getuk Lindri Paling enak,lembut,dan lezat

Getuk lindri enak dan spesial


Resepke17.id - Getuk lindri adalah makanan tradisional dari daerah jawa khususnya dari jawa tengah. Akan tetapi karena perkembangan zaman,getuk linti sudah tersebar ke daerah lainnya. 

Kehadiran Getuk lindri sangat di respon oleh para masyarakat,karena makanan yang satu ini sangat tradisonal dan sederhana sehingga diterima oleh masyarakan anak anak maupun dewasa pasti suka.
Makanan yang satu ini berbahan dasar dari singkong sama seperti getuk lainnya,namun cara pengolahannya ada yang sedikit berbeda.

Rasanya dan warnan getuk lindri pasti akan cukup menggoda,dibandingkan dengan getuk singkong biasa. Dari pada bunda penasaran yuk langsung saja kita praktekan :

Baca juga : 


Resep Getuk lindri warna-warni

Bahan utama untuk membuat getuk lindri :
  • Singkong 1kg piling yang ukuran super dan bagus
  • Gula pasir 500gr atau secukupnya
  • Pewarna makanan (warna sesuai selera) masing masing 1 sdm
Bahan toping :
  • Kelapa yang agak tua 1 butir terus di parut hingga halus
  • Garam dapur secukupnya
Cara membuat getuk lindri spesial :

  1. Hal paling utama singkong terlebih dahulu di kupas,dan dicuci sampai benar-benar bersih
  2. Potong singkong sesuai selera anda
  3. Lalu rebuslah singkong yang sudah dipotong-potong tadi sampai benar-benar matang dan bertekstur empuk dan pulen,lalu angkat dan tiriskan.
  4. Kemudian ambil singkong yang sudah di rebus tadi,lalu ulek atau tumbuk sampai halus dan lembut
  5. Masukan singkong yang telah dihaluskan dalam satu wadah, kemudian tambahkan gula pasir dan garam halus yang sudah disediakan, uleni dengan tangan sampai tercampur semua
  6. Lalu Pisahkan adonan menjadi beberapa bagian dalam wadah yang berbeda, kemudian beri pewarna yang berbeda dalam setiap adonan, aduk lagi sampai tercampur rata
  7. Siapkan cetakan getuk lindri atau bentuk adonan menjadi getuk lindri, kukus kembali sampai matang, sisihkan
  8. Sambil menunggu matang, silahkan anda campurkan parutan kelapa dengan sedikit garam, aduk lalu kukus sebentar saja
  9. Kemudian Taburi getuk lindri oleh kelapa parut yang sudah dikukus tadi di atasnya
  10. Getuk lindri siap untuk anda sajikan dan nikmati sebagai santapan nikmat.

Getuk Lindri memiliki warna yang cukup beragam dan cukup menarik perhatian anak anak untuk di nikmati. Tahukan bunda bahwa getuk adalah makanan Faforit saya karena rasanya manis dan enak. Cobain buat dech di rumah biar tambah di sayang keluarga dan suamni tentunya.Nantikan artikel terbaru dan menarik lainnya masih di www.resepke17.id terimakasih



Selasa, 30 Oktober 2018

Resep Kue Pie coklat. Enak Mengugah selera

Resep Kue Pie coklat. Enak Mengugah selera

cara membuat kue kering pie cokelat


Assalamualaikum wr wb
Resep kue pie coklat. enak mengugah selera -  Hai ketemu lagi dengan susan di blog www.resepke17.id .Sebelumnya susan minta maaf karena baru update artikel lagi. Karena banyak pekerjaan yang menumpuk hehe. pada artikel sebelumnya susan juga telah membuatkan resep kue kering dan basah seperti cokies eskrim,butter cream cookies,kue garpu dan juga resep cake pisang.

Jika bicara tentang kue kering memang banyak varian rasa dan bentukna yang unik ya. Nah jika musim lebaran tiba yang pasti tukang kue pada sibuk mengejar target, Karena kue pie ini menjadi menu andalan di kala musim lebaran. Harganya pun akan sangat melambung tinggi.

Maka dari itu Kita perlu menyipkan segala sesuatu seperti supaya jangan sampai pas hari H lebaran belum punya apa- apa. Dan daripada tidak ada kegiatan mendingan bunda semua bikin sendiri di rumah. Cara pembuatan kue pie coklat. ini sangat mudah dan simple yuk ini dia resepnya :

baca juga : Resep Kue Kering bikin baper,Yang Sangat menguntungkan

Resep kue pie coklat enak

Bahan yang perlu di persiapkan :
  •  125 gr tepung terigu
  •   75 gr margarin
  •   50 gr gula halus
  •   1/4 sdt baking powder
  •   1 btr kuning telur
Bahan untuk Isi :
  •  1 btr telur
  •   20 gr ceri, potong-potong kecil
  •   40 gr gula tepung
  •   40 gr tepung terigu
  •   20 gr coklat bubuk
  •   10 gr tepung meizena
  •   1 sdm susu cair
  •   50 gr kismis
Cara membuat Kue Pie Coklat :
  1.  cara membuat Adonan Luar : kocok terlebih dahulu margarin, gula halus sampai lembut. Lalu Tambahkan telur, aduk sampai rata.kemudian  Masukan baking powder dan tepung terigu, dan aduk sampai kalis.
  2. cara membuat  Untuk Isi : kocok telur dan gula sampai mengembang,lalu masukan tepung meizena, tepung terigu, susu cair dan coklat bubuk, kemudian aduk hingga merata.
  3. Cetak adonan luar ke cetakan pie, isi dengan potongan kismis dan ceri, tutup dengan adonan Isi. Pangganglah dalam oven dengan suhu 140 derajat celsius selama 25 menit sampai matang. Angkat dan kini sudah siap disajikan.

Bahan-bahan yang perlu dipersiapkan :

bahan kulit:
  • 75 gr margarin kondisi dingin dr kulkas potong-potong
  • 100 gr terigu segitiga
  • 25 gr Gula bubuk
  • 50 gr Kacang tanah, sangrai/panggang, blender halus, ayak
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdm air es
Bahan Isi:
  • 75 ml susu cair cokelat
  • 100 gr dcc
  • 30 gr selai Kacang chunky
  • secukupnya kenari sangrai/panggang utk taburan(optional)
Langkah pembuatan pie coklat kacang :
  1. cara membuat Kulit luar: aduk bahan pie sampai berbutir menggunakan pisau pastry/garpu. Gumpalkan. Simpan 30 menit dalam lemari es. 
  2. Bungkus dg plastik wrap yaah. Keluarkan dari lemari es. 
  3. Kemudian Gilas adonan, potong dg cutter bulat sesuaikan dg besar cetakan pie. 
  4. Lalu Masukkan ke dalam cetakan yang dioles margarin, tekan2 hingga rapi. Tusuk-tusuk dasarnya dg garpu. 
  5. Oven dengan api bawah suhu 170 derajat Celsius 25 menit sampai matang kecokelatan. dan Sisihkan.  
  6. Isian: panaskan susu cair. Tambahkan selai kacang dan potongan cokelat masak pekat.
  7.  Aduk hingga larut. Tuang ke dalam pie, beri kenari diatasnya. Simpan di Lemari es. 
  8. Tara siap untuk di Sajikaaan.
  9. Selamat mencoba ya bund.

baca juga :Resep Kue Goreng Sederhana Enak dan lezat

Resep kue pie susu keju (teflon) nan mantap

Bahan-bahan yang harus disiapkan :
  • 6 sdm tepung terigu
  • 4 sdm blueband (di cairkan)
  • 2 sdm gula halus
  • 1 putih telur
  • 1 sdm susu bubuk
  • 2 sashet skm putih
  • 1 kuning telur
  • 1 sdm tepung maizena
  • 2 sdm gula halus
  • secukupnya Keju parut
Langkah pembuatan resep pie susu keju :
  1. Campurkan terigu, gula halus, dan putih telur aduk rata, lalu tambahkan mentega cair aduk sambil di uleni sampai kalis
  2. Setelah kalis ratakan di atas teflon yg sudah di oles mentega dan di taburi sedikit tepung agar tidak lengket  
  3. Lalu tusuk2 pake garpu biar tdak gelembung saat di masak, masak di atas kompor dengan api kecil cendrung mati  
  4. Buat fla, kocok telur, gula halus,skm,sampai rata  
  5. Lalu tuang dlam teflon, tmbahkan keju tutup teflon masak 3/5 menit  
  6. Setelah matang matikan kompor diamkan sebentar lalu angkat dan taburkan parutan keju sebagai toping dan siap untuk di sajikan.
baca juga : Kue atau Cemilan apa saja sih yang bisa dibuat dari Tepung segitiga biru??  

Nah itulah resep pembuatan kue pie coklat paling enak. Jika kalian suka dengan resep ini,silahkan share, dan nantikan artikel terbaru unik lainya.

Wassalamualaikum wr wb

TAGS:
cara membuat kue pie coklat. resep kue pie coklat. kue kering dan basah. 









Selasa, 23 Oktober 2018

Resep Cemilan Murah Untuk dijual, Dan menghasilkan pundi-pundi rupiah

Resep Cemilan Murah Untuk dijual, Dan menghasilkan pundi-pundi rupiah

Resepke17.id  Assalamualaikum wr wb
Resep Cemilan Murah Untuk dijual - Bertemu lagi dengan susan di blog resepke17.id, seperti biasa susan akan berbagi informasi resep yang dapat menjadi insfirasi  kita semua, apa lagi resep ini bisa dijadikan ladang usaha yang menguntungkan.

Bila kta bicara tentang usaha,dan bingung mau mulai dari mana. Jangan hanya mengandalkan belas kasihan dari orang tua atau menunggu gajih bulanan saja, Pundi- pundi rupiah pun bisa datang dari mana saja.

Dengan cara berwirausaha atau kerja sampingan ya di bilang bisa di bilang bisnis. Dengan modal yang cukup kecil kita  bisa memulai bisnis makanan ringan atau bisnis cemilan.

Bisnis ini akan sangat menguntungkan,bahkan menggiurkan dan menjanjikan. Karena pada dasarnya bisnis ini memiliki keuntungan yang kecil, tetapi pertumbuhan perputaran keungannya akan cepat jika kita memulai bisnis ini.

Disamping itu bisnis ini mempunyai persyaratan yaitu masakan mu harus enak, unik,menarik jika dpandang. Nah jika anda berminat dengan memulai bisnis ini silahkan simak 5 resep yang sudah susan sediakan semoga menjadi barang dagangan yang menarik dan menjadi insfirasi.

insfirasi: Resep ES untuk Usaha dan Bisnis yang menjanjikan

1. Banana chocolate stick 
Resep Cemilan Murah Untuk dijual,

Mungkin bisa menjadi insfirasi pertama. Pisang memang bisa disebut makanan pengganjal perut,
akan tetapi jika kita menjualnya langsung tanpa mengolahnya terlebih dahulu orang-orang pasti bosan melihatnya juga, nah maka dari itu kita harus mengolahnya dengan hanya modal kecil kita bisa langsung dapat menjadikan makanan yang unik, menarik,enak di pandang dijamin deh pasti banyak yang ngantri, berikut resepnya :

Bahan yang dibutuhkan :

  • 3 kepok, Pisang ambon berukuran sedang, yang pastinya yg sudah matang ya.
  • 200 gram,coklat batang dan lelehkan terlebih dahulu dengan 1 sdm mentega
Bahan topping :
  • ceres, trimit, kacang, kismis atau almond.
Cara membuatnya :
  • Pertama yang harus dilakukan tusukkan potong pisang 10-14 cm pada stick eskrim.
  • Lalu celupkan pada lelehan coklat yang sudah kamu buat.
  • Tunggu sebentar, dan taburi pisang pada topping yang sudah kamu sediakan.
  • Dan Jadi lah
  • Nah sangat simple bukan cara pengolahanya, selain enak Banana chocolate stick, mempunyai nilai gizi yang tinggi, dan nilai jualnya pun dapat menguntungkan.
insfirasi lain : Resep Es Campur Pelangi,Bisa dijadikan Ladang Usaha  Yang menjanjikan

2.  Donat stick 

Ingin menambah uang jajan lagi,namun bingung mau jualan apa?  nah Donat stick jalan alternatifnya.Jika ingin Menambah uang bulanan itu ada banyak cara, selain kerja partime, kamu juga bisa memulai berbisnis kecil-kecilan. Dengan cara membuat makanan ringan yang satu ini :
Bahan-bahan

  • untuk 25 tusuk
  • 300 g tepung terigu
  • 1/2 sdm ragi instan
  • 50 g gula pasir
  • 20 g susu bubuk
  • 1 butir telur
  • 100 ml air dingin
  • 30 g margarin
  • 1 sdt garam
  • Tusuk sate

Bahan isian:

  • Keju/coklat batang di potong dadu
  • Itupun klu mau pkai...klu tdk mau jg tdk apa2..
  • Topping:
  • Terserah...klu saya pakai gorio rio yg di haluskan
  • Dan biji yg warna warni(lupa namax)

Langkah pembuatanya :

  1. Campur terigu,ragi,gula pasir,dan susu bubuk dalam satu wadah 
  2. Setelah itu masukkan telur dan air dingin sdikit demi sdikit sembari di aduk rata...  
  3. Kemudian masukkan garam dan margarin aduk hingga merata
  4. Lalui diamkan sekitar 15-20 menit agar adonan mengembang
  5. setelah mengembang buat Bulat pada adonan dan masukkan isian di tengahnya.  
  6. Buat kecil-kecil saja supay menjadi banyak   
  7. Stelah itu goreng dengan api kecil spya tdk hngus....  
  8. Dinginkan dan tusuk pda tusuk sate  
  9. Kmdian baluri dengan coklat dan meses atau gorio rio..... 
  10. Donat stick siap di santapp.....  
  11. Selamat mencoba...

3. Popsicle buah 

Popsicle buah adalah minuman segar bergizi tinggi, Nah minuman yang satu ini bisa menjadi insfirasi ketika cuaca panas, dan teriknya matahari yang menyengat tubuh. Popsicle buah  Ini bisa menjadi peluang untuk kamu menjadi bisnis kecil-kecilan nan berkah, cara pembuatanya sangat simple dan sederhana berikut ulasanya :
Mango Popsicle
Bahan-bahan : 
  • 10 Buah
  • 2 Buah Mangga Podang
  • 200 ml Greek Yoghurt
Langkah pembuatanya :
  1. Kupas dan potong-potong mangga.  
  2. Blender mangga dengan yoghurt asal kecampur ga usah terlalu lembut supaya masih ada bongkah mangganya.  
  3. Cetak di cetakan, bekukan di freezer.  
  4. Siap untuk dijual

Dengan modal yang cukup kecil agar agar Koi Fish Jelly, bisa kamu jadikan peluang bisnis yang menjanjikan. Karena orang - orang akan melihat dari keunikan yang kita buat, karena pada dasarya agar-agar selalu disajikan dengan cup. Nah berikut cara pembuatan Koi Fish Jelly, semoga jadi insfirasi.
Bahan-bahan :
Bahan ikan :
  • 1/2 sct Agar2 Swallow plain
  • 1/4 sdt/Sejumput Nutrijell plain
  • 400 ml air
  • 100 gr Gula pasir (sesuai selera)
  • 1 sct SKM
  • Secukupnya pewarna makanan warna cokelat,orange,kuning
  • Sy pakai cap kupukupu untuk pewarnanya
Bahan Kolam :
  • 3 sct Nutrijell lecy/blueberry
  • 300 gr Gula Pasir (sesuai selera/ikuti petunjuk pada kemasan)
  • 1200 ml Air (ikuti petunjuk setiap kemasan)
Langkah pembuatanya :
  1. Pertama kita buat puding ikannya dulu yah...masak semua bahan ikan sampai mendidih...Matikan api dan tunggu uap-nya hilang tuang kecetakan puding khusus ikan...biarkan dingin dan bekukan dlm kulkas...
  2. Sambil nunggu ikannya beku...kita buat kolamnya yah...masak semua bahan kolam...sampai mendidih matikan api...sambil aduk dan uap panasnya hilang masukan fruit acid-nya aduk rata...Masukan pada cup puding jangan sampai penuhnya karena nanti ada ikannya dan kolam akan penuh...  
  3. Keluarkan ikan dari cetakannya...keringkan dengan tisu agar saat dilukis tidak meleber warnanya dan nempel...setelah ikan kering...hias ikan dengan pewarna makanan warna cokelat untuk mata ikan pakai tusuk gigi (yang baru dan bersih yah hehehe...)  
  4. Dan warna orange,kuning untuk badan ikan pakai cuttonbud (korek kuping) yg bersih dan baru juga yah... 
  5. Setelah cantik ikannya masukan kedalam cup puding yang sudah terisi jelly kolam...bisa ditaruh diatas kolam atau didalam kolam beri ikan dulu baru siram jelly kolam... 
  6. Setelah dingin masukan kulkas hidangkan dingin lebih sedap...
  7. Note: pemberian warna pada ikannya hanya sedikit dan pakai pewarna makanan yang halal terjual di tbk(toko bahan kue) jadi aman untuk dikonsumsi...pemakaian nutrijell plain hanya sedikit saja gunanya agar ikan tidak terlalu kaku dan tidak patah saat dipindahkan dari cetakan...warna pada ikan hanya bertahan sehari jika terlalu lama maka warna ikan akan pudar dan tidak cantik lagi...
  8. Dan selamat mencoba sukses selalu

5. Martabak bolu mini 

Martabak menjadi salah satu makanan yang populer disemua kalangan, dengan menyajikan martabak yang unik, dan cita rasa yang enak dan lezat. Tak heran banyak yang suka akan makanan yang satu ini. Ini bisa menjadi insfirasi kita untuk dijadikan usaha dan mendulang pundi-pundi rupiah. Berikut cara pembuatanya :

Bahan-bahan :
  • untuk 15 buah martabak mini
  • 250 gram tepung terigu
  • 300 ml air
  • 1 butir telur
  • 125 gram gula pasir
  • 1/2 sdt soda kue
  • 1/2 sdt garam
  • 1/2 sdt baking powder
  • 1 sdt fermipan
  • 2 sdm minyak goreng
Topping:
  • Mentega
  • Keju
  • Messes
Langkah pembuatanya :
  1. waktu yang di butuhkan 40menit
  2. Masukkan terigu, garam, gula air, baking powder, fermipan dan air...aduk menggunakan wish sampai larut diamkan 30menit
  3. Setrlah 30menit kocok telur dalam wadah lain lalu masukkan telur dalam adonan beserta baking soda dan minyak aduk rata sampai tidak menggumpal
  4. Panaskan cetakan sampai benar2 panas...lalu masukkan adonan secukupnya,  
  5. Setelah matang angkat beri mentega saat masih panas,lalu beri topping messes dan keju sesuai selera 
  6. dan siap untuk di Sajikan...
Silahkan baca: Resep Seblak Ceker Super Pedas 

Nah itulah insfirasi Resep Cemilan Murah Untuk dijual, Dan menghasilkan pundi-pundi rupiah, Semoga memberikan berkah dalam memulai bisnis cemilan ini, dan mempunyai banyak ke untungan. Jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share, nantikan artikel terbaru,unik dan menarik lainya. Semoga jadi insfirasi

Wassalamualaikum wr wb.

Senin, 08 Oktober 2018

Resep Kue Kering bikin baper,Yang Sangat menguntungkan

Resep Kue Kering bikin baper,Yang Sangat menguntungkan

resep kue kering dan kue basah

resepke17.id - Assalamualaikum wr wb
Selamat sore sobat susan semua?? apa kabarnya nihh, Semoga dalam keadaan baik-baik saja ya?? ngomong - ngomong udah pada masak belum nih buat menu makan malamnya??? kali ini susan mau sharing atu membahas resep kue kering bikin baper, maaf bukan membahas tentang menu buat makan malamnya ya? hehe.

Dalam pembuatan kue kering ini, kita cukup menyiapkan bahan- bahan yang mudah di dapat kok, dalam pencarianya pun sangat mudah di dapat, bisa juka mencarinya di warung tetangg ataupun sobat juga bisa mencarinya di pasar traditional yang berada di wilayah sobat. adapun masalah harga pokok nya jangan ditnyakan lagi sangat nyaman dengan isi dompet ko,,

Oke langsung saja kita ke tutorial pembuatanya ya:

1.Cookies Es krim ala kafe korea. Gampang praktis serta murah!
Aku paling suka sama kue apalagi cookies. Disini waktu cookies bentuk ice cream ini lagi musim aku cukup tidak jarang beli (awalnya), tapi seusai dipikir2 mahal banget sebab hanya dipasarkan di kafe2. Anda tau nggak berapa harganya? sehingga 1 biji cookies ini harganya bila di kurs rupiah kurang lebih 20-25rb. Iya harganya per biji!! serta bila dibawa pulang, wajib beli minimal 12pcs sebab ada box nya serta dibungkusin plastik satu2. Jadi anda juga tau untuk makan cookies ini wajib keluarin uang berapa

Karena merasa ga terima, akhirnya aku mulai coba2. Udah berbagai resep aku coba serta nyatanya jumlah uang yg dikeluarkan untuk beli bahan serta beli kuenya eksklusif nyatanya jauhnya bagai langit serta bumi hahaha.
Tips :

  1. Kalau mau cookiesnya lebih lembut serta berasa mahal dimulut gunakan butter ya. Jangan lupa pake yg unsalted.
  2. Kalau anda simpan butternya di kulkas alias freezer, jangan di microwave. Keluarkan saja serta biarkan di suhu ruangan sebab akan menghipnotis tekstur serta rasanya.
  3. Anda nggak wajib pakai rasa greentea serta coklat, dapat pakai yg lain juga semacam oreo yg dihancurkan, strawberry, mint, chocochip dll. ( bila di Korea cookies and cream serta mint yg paling populer

Bahan-bahan
  • 220 gr tepung terigu kunci biru (atau tepung terigu protein rendah)
  • 150 gr unsalted butter
  • 60 gr gula halus
  • 1 sdm bubuk green tea
  • 1 sdm bubuk kakao
Langkah pembuatanya :
  1. Masukan butter, kocok sampai teksturnya halus semacam krim. Masukan gula, tepung terigu, kocok sampai menjadi adonan.
  2. Bagi 2 adonan serta taruh di mangkok yg berbeda.
  3. Tuang bubuk green tea, aduk sampai rata. 
  4. Tuang bubuk kakao, aduk sampai rata. 
  5. Campur kedua adonan sampai warnanya bercampuran. 
  6. Ambil adonan dengan scoop es krim.  
  7. Taruh di loyang dengan jarak agak jauh.
  8. Masukan ke oven dengan suhu 150 selagi 13-16 menit.  
  9. Jadi deh cookies ala kafe, selamat mencoba :)


2.Butter Cream Cookies Murah Meriah maknyoss
Bahan-bahan

  • 150 gram mentega
  • 100 gram gula halus
  • Adonan:
  • 250 gram terigu
  • secukupnya ekstrak vanila
  • Olesan:
  • 1 kuning telur
  • secukupnya gula pasir
  • secukupnya pewarna makanan sesuai selera
Langkah pembuatanya :
  1. Waktu pembuatan 120 menit
  2. Kocok mentega serta kuning telur selagi tidak lebih lebih 3 menit
  3. Setelah itu tambahkan gula halus serta ekstrak vanila sambil semakin dikocok
  4. Lalu masukan terigu sedikit saja ke dalam adonan, kocok sebentar lalu matikan mixer 
  5. Kemudian masukan lagi terigu sisanya serta uleni dengan tangan hingga bisa dibentuk (adonan jangan terlalu padat)
  6. Bentuk adonan sesuai selera (jangan terlalu tipis maupun tebal)
  7. Tata adonan yg telah dicetak di atas loyang yg telah diolesi mentega sebelumnya 
  8. Olesi adonan yg telah dicetak dengan kuning telur serta taburi dengan gula pasir yg telah dicampuri pewarna makanan terlebih dahulu dengan warna sesuai selera
  9. Oven hingga tahap bawah kudapan manis kuning kecoklatan
  10. Kue siap disajikan serta disimpan ke dalam toples untuk lebaran nanti

3.Kue garpu (kue kewuk) mudah terjangkau murah meriah
Bahan-bahan : 

  • 1 kg tepung segitiga biru
  • 200 g blue band
  • 2 btr telur
  • 2 set penyedap
  • secukupnya garam
Langkah pembuatanya :
  1. Masukan semua adonan kedalam wadah,tambahkan air secukupnya adoni hingga kalis,cetak adonan pakai punggung garpu,lakukan hingga adonan habis.doreng hingga warnanya kecoklatan.

4.Semprit mawar ekonomis
bahan-bahan :
  • 1 kg tepung terigu
  • 3 butir kuning telur
  • 700 gr margarin
  • 250 gr gula halus
Langkah pembuatanya :
  1. Mix dengan speed 1 kuning telur,margarin & gula hingga tercampur rata saja 
  2. Setelah rata,masukkan tepung terigu
  3. Cetak dengan spuit sesuai selera,diloyang yg telah diolesin margarin,beri selai nanas,(me:ambil sedikit adonan diberi warna merah,buletin,tempelin dah,)
  4. Oven hingga matang,sesuaikan dgn oven masing"

Hanya itu pembahasan menu resep kali ini, jika ada pertanyaaan silahkan tulis dikomentar yang telah disediakan, mohon maaf jika dalam penyajian menunya kurang lengkap, nantikan menu- menu menarik lainya,,,

Wassalamualikum... wr... wb...