Skip to main content

7 Cara Mengolah Daging Kambing Supaya tidak bau ketika dimasak

Selain daging ayam dan daging sapi, Daging kambing juga adalah sumber protein hewani yang paling banyak di konsumsi oleh masyarakat indonesia pada umum'nya.Apa lagi saat akan menjelang hari raya kurban alias hari raya idul adha. Selain sumber protein daging kambing juga mengandung zat yang lebih berguna untuk tubuh misalnya zat besi,kolestrol,dan lemak.

7 Cara Mengolah Daging Kambing Supaya tidak bau ketika dimasak

Ternyata daging kambing atau domba ini teksturnya lebih enak dan lezat jika cara memasak dan mengolahnya dengan benar. Namun kelemahan dari daging kambing ini mempunyai ciri bau yang khas yaitu bau prengus kambing.Nah jika anda memasaknya tidak benar maka dagimg kambing akan bertekstur tidak empuk dan alot. Maka dari itu resepke17.id akan menjelaskan nya untuk anda tentang cara mengolah daging kambing supaya tidak bau prengus, dan cara memasaknya supaya tidak alot dan cepat empuk sehingga mendapatkan citarasa ysng lezat. Anda bisa menkombinasikan dengan resep sate kambing,sop kambing,gulai kambing,atau kari kambing.

Jika kita bandingkan dengan daging ayam maupun daging sapi,memang kalah populer. Namun tahukah anda? Menurut penelitian jika daging kambing ini dikonsumsi oleh 70% penduduk di bumi atau di dunia menkonsumsi daging kambing loh. Namun jika di bandingkan di negara kita tercinta menkonsumsi makanan ini kalah dengan daging ayam ataupun daging sapi. Padahal makanan ini sangat enak dan lezat sehingga memiliki citarasa dan aroma yang khas jika kita mengolahnya dan memasak daging kambing dengan benar.

Baca juga :

MANFAAT DAGING KAMBING UNTUK KESEHATAN KITA

Tahukah anda jika daging kambing ini mempunyai lemak dan kolestrol lebih sedikit  apabila kita bandingkan dengan daging ayam maupun daging sapi itu per 100 gram nya. Sehingga jika kita mengolah dan memasak daging kambing dengan benar maka akan banyak manfaat nya untuk tubuh kita.Seperti meningkatkan sumber energi,meningkatkan sistem kekebalan tubuh,menguatkan ksehatan tulang,kesehtan jantung dan kesehatan kulit.Selain itu jika kita mengolah daging kambing dengan benar maka dapat mencegah penyakit seperti kanker,stroke,gagalk ginjal,dan mencegah depresi.

BAHAYA MENKONSUMSI DAGING KAMBING BERLEBIH

Fakta menyebutkan memang benar sih jika daging kambing memiliki efek yang kurang baik utuk ksehatan. Sebagai contoh untuk penderita kolesterol dan diabetes janganlah menkonumsi dalam jumlah banyak apalagi secara berlebihan karena kandungan zat besi dapat meningkatkan tekanan darah apalagi penderita darah tinggi.Maka tidak disarankan untuk menkonsumsinya,walaupun daging kambing sudah diolah dengan benar.

Nah setlah anda mengetahui tentang gizi dan manfaat daging kambing bagi kesehatan. Sekarang resepke17.id akan berbagi tips bagaimana cara mengolah daging kambing atau domba supaya tidak bau prengus,Dan tips memasak daging kambing agar teksturnya tidak alot dan cepat empuk.

CARA MENGOLAH DAGING KAMBING DAN CARA MEMASAKNYA

1. Jangan di cuci cukup direbus saja

Daging kambing yang kita beli di pasar ataupun baru disembelih, Anda tidak perlu mencucinya ketika akan dimasak.Lebih baik langsung direbus saja, ini adalah kareakteristik unik dari daging kambing. Karena jika kita langsung mencucinya maka bau khas prengus kambing akan semakin keluar. Maka dari itu anda cukup merebus dan buang kotoran dan air busa yang keluar dari proses perebusan. Setelah itu anda tinggal siapkan bumbu untuk dijadikan gulai kambing atau sop kambing.

2. Hilangkan bau prengus kambing dengan parutan nanas

Cara yang ke dua untung mnghilangkan bau prengus pada daging kambing yaitu dengan parutan nanas.Kupas kulit nanas tersebut sampai bersih kemudian parut(alangkah baiknya nanas yang masih muda). Setelah parutan nanas selesai kemudian ambil wadah dan rendam daging kambing (sudah dipotong-potong sesuai selera ya) sampai terendam semua.Lalu diamkan selama 15 sampai 30 menit saja. Ingat jangan terlalu lama karena jika terlalu lama daging kambing akan terlalu lembek jika kita olah nantinya.

Baca juga :

3. Menggunakan daun pepaya supaya cepat empuk

Anda bisa menggunakan daun pepaya dengan membungkus daging kambing agar cepat empuk ketika akan diolah.Caranya adalah cuci bersih daun pepaya atau anda bisa menggunakan lap supaya kotoran yang menempel pada daun pepaya bersih.Kemudian bungkus daging kambing tersebut selama beberapa saat,supaya daging tidak alot.

4. Hilangkan Bau dengan membuang lemak pada daging kambing

Selain daging kambing ang mengandung bau,lemaknya juga dapat menyebabkan bau prengus ketika sudah diolah,sebaiknya buang terlebih dahulu lemaknya sebelum anda memasaknya. Cara paling mudah yaitu daging kambing disimpan di dalam frezzer atau kulkas,nah setelah mengeras lemaknya tinggal dibersihkan,kata "orang sunda bilang buang gajihnya"

5. Cara memasak daging kambing dengan rempah alami

Jika ternyata daging kambing sudah terlanjur di cuci bersih,dan bau prengus masih menempel. Maka Langkah yang ke lima adalah dengan menggunakan bahan alami yang memiliki aroma khas kuat yaitu batang serai,daun jeruk,kemangi.cengkeh,kapulaga.dll

6. Coba tambahkan garam beryodium

Cara selanjutnya ketika daging kambing lupa langsung dicuci,adalah dengan memberi taburan garam beryodium.aduk hingga merata dan diamkan selama 60 menit.Supaya daging kambing bisa netral kembali dan bau prengus bisa menghilang.Setelah itu cuci dengan air dingin sebelum anda masak dengan resep andalan anda.

7. Gunakan air jeruk nipis

Cara yang terakhir untuk menghilangkan bau prengus pada daging kambing yaitu menggunakan air perasan jeruk nipis.Siramkan air perasan jeruk nipis ke permukaan daging hingga merata.Dan dimkan selama 30 sampai 60 menit.Setelah itu daging kambing siap untuk di olah dengan resep daging kambing andalan keluarga, hehe.

Simak juga :
Itulah 7 trik yang bisa anda coba di rumah untuk cara mengolah daging kambing yang akan dimasak supaya tidak bau prengus. Selain dapat menghilangkan bau khas pada daging kambing, beberapa tips yang kita berikan diatas juga bisa digunakan untuk cara memasak daging kambing supaya cepat empuk dan tidak alot. Teman-teman tinggal memilih cara memengolah kambing mana yang paling mudah dan cocok buat teman-teman. Setelah itu tinggak dimasak dengan Resep Sop Kaki Kambing atau Resep Cara Membuat Sate Kambing Bumbu Kacang Spesial.

Nantikan artikel terbaru dan lebih update lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id yang berbagi aneka resep masakan,aneka resep minuman,ide usaha jualan rumahan,kesehatan,dll. semoga bermanfaaat
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar