Skip to main content

6 Minuman Pereda Batuk Agar tidak semakin Parah

Dalam pergantian musim pada saat ini,Badan akan rentan sekali terkena penyakit deman,flu,dan batuk.Kalau kita sudah terserang penyakit tersebut tubuh kita akan terasa cape,sesak napas, tenggorokan sering mengganjal,menelan makanan susah,Hidung tersumbat dan meler,hingga tidur pun terganggu.

minuman pereda batuk

Akan tetapi anda harus tenang,Karena setiap penyakit pasti ada obatnya. Anda bisa membuat olahan bahan alami yang ada disekitar anda. Seperti di buat minuman menyegarkan yang bisa meredakan batuk dan menenangkan hati. Supaya batuK tidak semakin parah,Anda bisa membuat minuman pereda batuk berikut ini :

MINUMAN PEREDA BATUK

1. Kecap dan jeruk nipis

Ini adalah obat turun temurun dari sejak dulu,minuman Kecap dan jeruk nipis ini sangat ampuh untuk mengobati batuk,susah bernafas hingga tenggorokamn gatal.Cara pembuatannya cukup praktis hanya satu sendok makan kecap ditambah perasan air jeruk nipis,dan konsumsi setiap sesudah makan.

2. Jeruk nipis dan air panas

Jika anda gak suka kecap,Anda bisa membuat minuman ini hanya sediakan air hangat stengah gelas yang kemudian ditambahkan perasan air jeruk nipis bisa 1 buah atau 2 buah.Dan jika terlalu asam anda bisa menambahkan madu sebanyak 2 sedok saja ya jangan terlalu banyak. Pada dasarnya jeruk nipis itu mempunyai manfaat untuk obat penurun panas,melemasakan otot-otot pernapasan,dan mengatasi serak karena di sebabkan oleh tenggorokan yang gatal.

3. Jamu kencur

Jamu adalah ramuan tradisional sekaligus obat herbal yang sangat manjur karena khasiatnya akan terasa setalah anda menkonsumsinya.Nah maka dari itu cobalah untuk meminum satu gelas jamu kencur,agar tenggorokan anda yang berlendir ketika batuk berdahak semakin berkurang.

4. Madu

Kebanyakan anak-anak tidak akan menyukai obat karena rasanya yang pahit.Untuk mencari solusinya anda bisa menggunakan Madu,Karena sangat efektif untuk meredakan batuk anak.Khasiat madu sebagai obat batuk anak sudah diakui oleh WHO (World Health Organisation).

Cara gampang dan mudah,Cukup satu sendok saja,langsung di minumkan kepada anak yang terkena batuk.Selain anak-anak orang dewasa juga bisa.Madu berkhasiat untuk mengobati dan mengurangi iritasi pada tenggorokan.

5. Wedang jahe

Jahe mengandung minyak astiri, yang memiliki banyak manfaat untuk menjaga kesehatan tenggorokan. Dari beberapa jenisnya, jahe merah dinilai paling ampuh karena mengandung minyak astiri 2,5 persen lebih banyak.

Baik wedang jahe, atau air rebusan jahe dapat dikonsumsi malam hari sebelum tidur. Sebab, batuk biasanya semakin menjadi-jadi saat malam hari. Oleh karena itu, agar tidur bisa nyenyak tanpa gangguan batuk, minumlah segelas wedang jahe sebelum tidur.

6. Cuka Sari Apel dan Madu

Jika sedang mengalami batuk-batuk, maka kita dapat meminum kombinasi dari cuka sari apel dan madu sampai batuk berhenti.Cuka sari apel dapat mengatur tingkat pH, dan madu dapat melindungi selaput lender kita.

Namun, jika batuk tidak kunjung reda lebih dari dua pekan, sebaiknya periksakan ke dokter agar mendapat perawatan yang tepat.Sehingga penyakit batuk tidak akan semakin parah.

baca juga :


Nah itulah informasi tentang minuman pereda batuk agar tidak semakin parah.Saran saya jika sakit berlanjut cepat hubungi dokter.Nantikan artikel kesehatan lainnya masih diblog yang sama www.resepke17.id yang berbagi aneka resep masakan,minuman,tips sehat alami,dll. Jika artikel ini bermanfaat silahkan share.Terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar