Skip to main content

Apakah Boleh Makan gorengan saat Hamil?

Menkonsumsi gorengan dengan berlebihan nyatanya akan berdampak buruk pada kesehatan anda. Gorengan merupakan cemilan yang khas dari kuliner indonesia,dan sangat mudah untuk menemukan tukang gorengan,baik di warung atau pedagang kaki lima. Mungkin yang sering kita dengar Apakah boleh ibu hamil makan gorengan? atau mungkin Bolehkah ibu hamil makan Cireng?

apakah boleh ibu hamil makan cireng

Tahukah anda,Bahwa Cireng sudah termasuk ke dalam kategori cemilan gorengan. Ketika hamil mungkin bunda mengalami ngidam dan ingin memakan makanan yang tidak bisa di tahankan. Sayangnya jika ibu hamil banyak sekali pantangan,Salah satunya jangan menkonsumsi gorengan cireng,bakwan,dll.

Menkonsumsi gorengan yang berlebih ternyata akan berdampak pada kehamilan anda. Dalam sebuah studi jurnal diabetologia mengatakan, bahwa perempuan yang menkonsumsi makanan yang digoreng akan mempunyai resiko terkena diabetes gestasional.Studi tersebut dilihat dari kuesioner pola makan dari 15.000 perempuan yang terdaftar dalam nurses health study.

Penelitian tersebut menemukan bahwa wanita yang menkonsumsi gorengan dalam tujuh hari berturut-turut atau lebih,mempunyai resiko terkena diabetes gestasional lebih besar 88 persen. Daripada perempuan yang hanya satu kali menkonsumsi gorengan dalam satu minggu.

Pada studi tersebut para peneliti hanya menyorot pada gorengan yang dijual oleh padagang kaki lima dan warung makan.Sebab,banyak pedagang yang memakai minyak yang sudah melalui proses hidrogenasi. dan oksidasi.

Menurut Cuilin Zhang, MD, seorang penyelidik di Eunice Kennedy Shriver National Institute of Child Health and Human Development.Mengatakan bahwa“Menggunakan minyak yang berulang,maka akan menghasilkan lebih banyak bahan kimia yang cukup merugikan”. Ungkap dia.

Kemudian Alat penggorengan yang dipakai juga,dapat menimbulkan senyawa pada peradangan yang pada akhirnya menyebabkan atau berisiko pada kerusakan sel dan diabetes.

Ibu hamil makan gorengan juga dihubungkan dengan bahaya makanan dengan lemak jahat. Lemak jahat ini tidak hanya meningkatkan kolesterol jahat tetapi dapat menurunkan kolesterol baik yang dapat melindungi jantung.

Bahkan, berbagai penelitian telah menunjukkan hubungan lemak jenuh dengan tingkat endometriosis dan infertilitas yang lebih tinggi. Dan beberapa studi mengaitkan lemak jahat berhubungan dengan berat badan lahir rendah serta berisiko pada bayi yang lahir dengan fisik kecil.

Tak hanya pada gorengan saja, terdapat beberapa jenis makanan yang mengandung lemak jahat misalnya creamer,margarin dan masih banyak lagi bahan makanan dalam kemasan lainnya.

Bunda perlu mengecek label nutrisi pada setiap produk untuk menghindari asupan lemak jahat yang berlebihan.Bunda juga bisa memilih bahan makanan yang tinggi kalsium dan protein untuk kesehatan kehamilan.

Lemak jahat juga terkandung pada makanan kemasan termasuk biskuit atau makanan ringan lainnya. Apalagi dengan kandungan gula di dalamnya yang juga berisiko obesitas pada ibu hamil yang berujung pada komplikasi masalah kehamilan hingga preeklamsia.

Baca juga :

Makanan yang dianjurkan untuk ibu hamil

bunda hamil dilarang memakan gorengan berlebih

Menurut Dr Jessica Winoto di laman Alo. Mengatakan bahwa daripada menkonsumsi gorengan ketika hamil, Beliau merekomendasikan jika bunda yang sedang hamil,lebih baik mengonsumsi makanan sehat yang sangat diperlukan untuk kesehatan perkembangan janin.

Makanan tersebut misalnya seperti memiliki kandungan asam folat, zat besi, vitamin D, serta kalsium. Suplemen kehamilan juga diberikan untuk melengkapi kebutuhan nutrisi janin. Sumber alamiah asam folat umpama  sayuran hijau, kacang-kacangan, serta jeruk.

Kemudian dia juga mengatakan, “Zat logam mampu didapatkan dari sayuran hijau gelap, kacang-kacangan, serta daging tanpa lemak. Vitamin D mampu didapatkan dari ikan salmon, daging, telur, serta berjemur di bawah sinar matahari. Sedangkan kalsium mampu berasal dari tempe, tahu, susu kedelai, serta kacang merah. Sebaiknya konsumsi makanan sehat ketika dalam masa kehamilan.”

Nah itulah bund kenapa sebabnya ibu hamil tidak boleh memakan gorengan,karena dapat berdampak buruk terhadap kesehatan janin dan ibu hamil.Saran dari saya lebih baik memakan makanan yang baik untuk kesehatan ibu dan janin sesuai yang sudah saya sebutkan diatas.

Nantikan artikel terbaru dan lebih menarik lainnya,masih di blog yang sama www.resepke17.id yang membahas tenang aneka resep masakan,aneka resep minuman kekinian,tips sehat alami,sehat alami dalam masa kehamilan,gaya hidup,dan masi banya yang lainnya. Jika anda suka dengan artikel ini silahkan share saja. semoga bermanfaat.. terimakasih

sumber :
  • parenting,orami,co,id
  • id,theasianparent,com



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar