Skip to main content

Faktor yang mempengaruhi Anak Malas Belajar Dan Cara Mengatasinya

agar anak mau belajar menulis

Faktor yang mempengaruhi anak malas belajar

Anak-anak memiliki mental yang masih sangat labil dan bisa dengan cepat merubah mood nya.Kadang-kadang mereka sangat bersemangat ketika belajar dan terkadang juga malas untuk belajar,dan dapat menyebabkan anak malas untuk pergi ke sekolah. Banyak orang tua yang menghawatirkan dengan kejadian ini,Apa lagi anak tidak mau sekolah dalam waktu yang panjang. Kan repot? Maka dari itu kita sebagai orang tua murid harus lebih memperhatikan apa saja faktor yang mempengaruhi si anak malas banget untuk pergi ke sekolah.Berikut ulasanya :

1. Sistem pembelajaran kurang menarik

Tidak semua pelajaran yang disukai oleh anak disekolah,biasanya anak-anak akan menyukai mata pelajaran yang banyak garak tubuh atau mimik wajah dari seorang guru.
Anak-anak akan cenderung bosan jika hanya mendengarkan dan diam ketika guru menerangkan dan menjelaskan pembelajaran tanpa si anak melakukan apapun.Hal ini akan mengakibatkan anak menjadi kesal dan akan memilih bermain dengan temannya. Sehingga si anak akan malas untuk pergi ke sekolah

2. Beban dari sekolah terlalu banyak

Yang bisa membuat anak malas belajar karena sistem pembelajaran yang terlalu berat,khususnya untuk anak kelas 1,2,dan 3.Karena si anak masih mmiliki naluri bermain yang cukup tinggi,dan tiba-tiba si anak harus bergelut dengan mata pelajaran yang berganti setiap harinya. Terlebih lagi pelajaran yang menguras pikiran si anak seperti menghitung maupun menghapal. Otomatis si anak akan enggan untuk pergi ke sekolah

3. Gangguan fisik

Ketika anak enggan pergi belajar ke sekolah,cobalah anda sebagai orang tua untuk mengecek fisik si anak. Apakah ada fangguan pada fisiknya seperti gangguan penglihatan,pendengarannya dan lain sebagainya.Karena hal itu akan menyebabkan si anak tidak nyaman ketika belajar dan akan malas ketika disuruh pergi ke sekolah.

Penyebab anak malas belajar menurut para ahli

Menurut para ahli yang menyebabkan anak malas belajar ada dua faktor yaitu faktor intern dan ekstern. Faktor intern adalah faktor yang berasal dari dalam diri si anak,sedangkan ekstern adalah faktor dari pengaruh lingkungan,keluarga,teman sekolah. Hal ini membuat si anak menjadi malas untuk belajar. berikut penjelasanya :

4. Si anak sulit berkonsentrasi

Konsentrasi adalah hal yang paling penting ketika si anak mendapatkan pelajaran dari sekolah. Ketika si anak sulit berkonsentrasi bukan tidak mungkin si anak akan menjadi malas untuk belajar,dan tidak ditutup kemungkinan si anak akan memilih brmain ataupun jajan di kantin.Solusinya adalah coba dengan memberikan aroma yang disukai si anak dan menciptakan suasana belajar yang baru agar si anak dapat berkonsentrasi.

5. Kurang nyaman dengan lingkungan

Ketika si anak tidak nyaman dengan lingkunganya maka akan mengakibatkan si anak akan cenderung diam ataupun murung dan akan menjadi malas untuk belajar. 

Cara mengatasi Agar anak mau belajar

Kita selaku orang tua harus pandai mendidik anak, apalagi ketika ada PR(pekerjaan rumah) disekolah. Mau tidak mau kita harus agak menekan agar si anak mengerjakan tugasnya. Karena seringkali si anak akan memilih bermain dari pada mengerjakan pr,maka dari itu kita harus mendampinginya. Apa saja tips nya agar si snsk mau belajar

6. Coba set waktu untuk belajar

Biasanya anak-anak tidak ingin waktu bermainya terganggu karena belajar dalam jangka yang lama akan membuat si anak menjadi malas untuk belajar. Maka dari itu kita sebagi orang tua harus memberikan waktu kurang lebih 60 menit untuk belajar dan mengerjakan tugas disekolah.
cara menyuruh anak belajar

7. Temani si anak ketika belajar

Ketika si anak di tinggal sendiri untuk belajar,maka itu adalah kesempatan dia untuk bermain. Kenapa tidak? karena ketika si anak menghadapi tugas yang tidak dikuasainya maka dia akan malas belajar. Maka dari itu kita selaku orang tua harus dapat membimbingnya,dan akan membuat si anak bersemangat untuk belajar.

Nah itulah beberapa tips yang bisa diterapkan kepada si anak agar mau belajar dan berkonsentrasi terhadap pelajaran. Nantikan artikel terbaru dan menarik lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id  berbagi aneka resep masakan indonesia maupun resep sehat dan bermanfaat lainnya. terimakasih jika sudah berkunjung.
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar