Skip to main content

5 Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama kita Berpuasa

agar kesehatan pencernaan tetap sehat


Menjaga kesehatan selama bulan ramadhan itu sangat penting loh,Apalagi kesehatan pada sistem pencernaan kita.Kenapa demikian,Karena jika kesehatan pencernaan kita bermasalah hal ini akan memberikan dampak negatif dan akan menghambat aktivitas selama kita berpuasa nanti. Terus apa saja sih yang harus kita lakukan supaya pencernaan atau kesehatan lambung saat puasakita tetap sehat? berikut ini tipsnya :

5 Tips agar pencernaan sehat selama berpuasa 


1. Cobalah untuk membatasi Makanan yang Berlemak

Dengan membatasi makanan yang mengandung lemak tinggi,Sistem pencernaan anda akan sehat. Kenapa kita harus membatasi makanan berlemak? karena jika memakan makanan yang mengandung lemak secara berlebihan, itu akan memperlambat proses pencernaan makanan pada tubuh kita. Dan anda juga akan sering terkena sembelit.

Sebenarnya memakan makanan yang berlemak itu memang penting karena untuk menyimpan cadangan energi untuk kita. Akan tetapi cobnalah untuk mengimbangi dengan makanan yang mengandung serat tinggi,agar bisa mencerna makanan yang mengandung lemak.

2. Makanlah makanan yang mengandung serat saat berbuka dan sahur

Dengan memakan-makanan yang mengandung serat tinggi itu selain pencernaan kita sehat dan lancar. Dapat membatu mencegah dan mengobati pada sistem pencernaan kita seperti sembelit,wasir, dan radang usus besar. Selain itu dengan memakan makanan yang berserat tinggi itu dapat membantu anda dalam menjaga tubuh yang ideal.

Maka dari itu Cobalah untuk memakan makanan yang kaya akan serat seperi kacang polong,biji-bijian,sayuran,dan buah-buahan. Agar sistem pencernaaan pada tubuh anda tetap sehat

3. Cobalah untuk Menghindari dan Mengurangi Stress

Dalam salah satu penelitian bahwa Stress dapat mengakibatkan gangguan dan mempengaruhi kesehatan pada sistem pencernaan kita.Stress dapat mengakibatkan radang pada usus yang bisa mengganggu sistem saraf.

Maka dari itu cobalah untuk mengurangi stress pada diri kita,ya kalo bisa kita harus menghindari stress agar tubuh kita tetap sehat.. sehingga kita harus mudah senyum heheheheh

4. Makan-makanan Yang Mengandung probiotik 

Apa saja sih makanan yang mengandung probiotik itu? Seperti yogurt atau kimch, Kenapa demikian karena yogurt itu mengandung bakteri baik yang dapat menguntungkan pada usus manusia,Yaitu dapat mencegah dan mengurangi masalah dalam penernaan kita.

Dengan makan makanan probiotik, Kalian mampu melancarkan persoalan sembelit serta membikin makanan lebih cepat dicerna oleh tubuh. Para pakar menyarankan untuk makan alias minum suplemen probiotik dikala puasa di waktu berbuka untuk menormalkan pergerakan usus besar Anda.

5. Minum air cukup, 8 gelas sehari

Untuk menjaga sistem pencernaan masih sehat saat puasa, Kalian masih butuh minum air sebanyak 2 liter per hari.Sama halnya jika tubuh kurang memakanan makanan yang berserat,Jika kita kurang minum air itu mampu menyebabkan persoalan pencernaan. BAB tak teratur alias sembelit, misalnya.

Usahakan minum 2 gelas air dikala sahur, 4 gelas air seusai salat tarawih, serta terbaru 2 gelas sebelum alias sesudah sahur. Dengan tutorial semacam itu, Kalian akan masih terhidrasi serta terhindar dari persoalan pencernaan.

baca juga :

4 Sumber Makanan Yang Wajib Anda Konsumsi Selama Bulan Ramadhan

Menu Buka Puasa Dan sahur Ketika kita Sedang Diet

5 Menu Sahur Sehat dan Sederhana Untuk satu Bulan full 

8 Resep Minuman Kekinian Untuk Berbuka Puasa


Nah itulah bund tips yang bisa saya sampaikan dalam Cara Menjaga Kesehatan Pencernaan Selama kita Berpuasa. Semoga kedepannya saya dapat memberikan tips atau resep yang lebih menarik lagi. semoga bermanfaat terimakasih salam www.resepke17.id
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar