Skip to main content

14 Resep Kue Kering Yang Membuat Momen Lebaran Jadi Lebih Spesial

Resep kue lebaran sederhana - Apa makanan yang bisa anda sediakan untuk tamu di rumah jika momen hari raya lebaran tiba? Pernahkah anda mencoba membuat kue kering di rumah? Atau bunda lebih suka membeli dari pada membuat resep aneka kue lebaran sendiri?

Bunda pasti ada niat donk untuk membuatnya sendiri dirumah? Sekali-kali yuk tunjukan bakat memasak bunda, agar para tamu yang datang bisa betah dirumah bunda dengan aneka kue lebaran yang bunda buat sendiri,hehehe. Terutama untuk para Mahmud(mamah muda) nih yang masih punya energi dan cepat ketika membuat resep kue lebaran unik, Agar rumah bunda dihiasi dengan anaeka kue.

Daripada anda penasaran apa saja sih resep yang sudah disediakan oleh blog resepke17.id  yuk langsung saja ke tutorial cara membuat kue lebaran di bawah ini :

Resep kue kering lebaran 

1. Resep kue kering coklat mede

dan cara membuatnya

Bahan-bahan
  • 200 gr mentega
  • 50 gr margarine
  • 180 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 500 gr terigu kunci biru
  • 30 gr coklat bubuk
  • 150 gr DCC (Dark Cooking Chocolate/coklat batang),tim
  • 3 sdm tepung maizena
  • 25 gr susu bubuk (saya pakai 1 sachet dancow bubuk)
  • garam secukupnya
  • 200 gr kacang mede,sangrai,haluskan(bagi yang tidak suka kacang mede boleh di skip)
Langkah dan cara membuat kue kering coklat mede
  1. Mixer mentega,margarine,gula halus sebentar. Tambahkan kuning telur,kemudian mixer kembali.
  2. Masukkan DCC,dan aduk sampai rata.
  3. Lalu Masukkan semua bahan kering,aduk dengan spatula hingga adonan kalis bisa dibentuk.
  4. Bentuk adonan sesuai selera anda
  5. Masukan kedalam Oven selama 20 menit dengan suhu 160°C
  6. Dan Angat lalu tiriskan, Taraa kue kering siap untuk dinikmati bersama keluarga tercinta 

2.Resep Kue Kering Kastengel


Bahan-bahan
  • 150 grm Keju Parut Sisakan Sebagian Buat Topping nya
  • 230 grm Margarin
  • 2 Butir Kuning Telur
  • 2 sdm Gula halus
  • 2 sdm Maizena
  • 1 Sashet susu bubuk
  • 2 sdm Room Butter
  • 450 grm Tepung Terigu Protein Rendah
Bahan Olesan :
  • 2 Butir Kuning Telur
  • 1 Sdm Minyak
  • 1 sdt Susu Cair
Langkah cara membuat kue kering kastengel
  1. Mixer Margarin,Room Butter, Gula,Vanili Cair Hingga Lembut Lalu masuk kan Susu Bubuk, Keju parut, Maizena dan Tepung Terigu Lalu Aduk Rata.
  2. Lalu Gilas dengan Rolling Pin Dan Bentuk menurut Selera. Olesin Bagian Atas Dengan Bahan Olesan Lalu Taburin dengan keju parut dan Oven Hingga matang.
  3. Setetelah Matang Angkat Lalu Dinginkan Dulu Dan Siap di Kemat Di Toples. (Maaf Blom di
  4. Toplesin Karena Baru Mateng 

3.Resep kue kering takaran sendok / cookies kacang hijau 


Kue kering takaran sendok adalah kue yang ketika dibuat memakai takaran dengan sendok,dan tidak memakai timbangan.
Bahan-bahan
  • 7 sdm margarine
  • 1 sachet SKM (40 gram)
  • 1 sdm gula halus
  • 1/4 sdt garam
  • 1 butir kuning telur
  • 5 sdm pasta kacang hijau
  • 1 sdm maizena
  • 10 sdm tepung terigu serbaguna
 Bahan Olesan: 
  • 1 butir kuning telur
Langkah cara membuat kue kering takaran sendok
  1. Campur margarine, SKM, gula halus dan garam dalam wadah. Aduk rata.
  2. Tambahkan telur, aduk rata. Tambahkan pasta kacang hijau, aduk rata.
  3. Masukkan maizena, aduk rata.Masukkan tepung terigu, aduk rata hingga bisa dibentuk
  4. Bentuk adonan sesuai selera. Tata di atas loyang. Beri olesan kuning telur. Panggang hingga kecokelatan. Sesuaikan dengan oven masing-masing

4.Resep kue kering pandan thumbprint cookies


Bahan-bahan
bahan untuk cookies :
  • 100 gr tepung almond
  • 50 gr tepung keto
  • 75 gr butter
  • 3 btr kuning telur
  • 1 sdt baking powder
  • 2 sdm condensed milk
  • 50 gr keju cheddar parut
  • 1 sdt pasta pandan
bahan topping :
  • 100 gr dark chocolate
  • 5 bks diabetasol atau gula bubuk
Langkah dan cara membuat kue kering pandan thumbprint cookies 
  1. Campur semua bahan cookies dan aduk hingga merata
  2. Bentuk bulatan lalu tekan tengah nya dengan telunjuk
  3. Panggang dengan Suhu 140°C sampai matang
  4. Angkat dan dinginkan
  5. Lelehkan chocolate dan pemanis, dinginkan lalu masukan dalam plastik segitiga beri isian pada cookies
  6. Dinginkan lalu masukan dalam toples kedap udara

5.Resep kue kering kacang


Bahan-bahan
  • Banyaknya untuk 4 toples
  • 400 gr kacang. Sangrai kemudian blender
  • 800 gr terigu, sangrai hingga harum, dinginkan, ayak
  • 350 gr gula tepung
  • 5 sdm susu bubuk
  • 500 ml minyak goreng baru. (Saya pakai minyak kelapa kara)
  • 1 sdt garam
  • 1 sdt baking powder
Bahan olesan :
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdm minyak goreng
  • Bahan Pewarna kuning secukupnya(ingat bahan pewarna khusus makanan ya)
Langkah dan cara membuat kue kering kacang 
  1. Campur semua bahan jadi satu kecuali minyak goreng. Kemudian aduk sampai rata.
  2. Tambahkan minyak goreng sedikit demi sedikit sambil terus diaduk.
  3. Setelah rata dan kalis cetak sesuai selera. Olesi dengan kuning telur. Oven hingga matang.

6.Resep kue kering semprit renyah dan lembut


Bahan-bahan
  • Banyaknya untuk 4 toples nastar
  • 500 gr mentega
  • 150 gr maizena
  • 500 gr tepung segitiga biru
  • 200 gr gula halus/gula pasir di hasulkan
  • sedikit margarin untuk olesan loyang
Langkah dan cara membuat kue semprit
  1. Mixer mentega hingga hancur dengan kecepatan sedang kurang lebih 2 menit.
  2. Masukkan gula halus kemudian mixer hingga tercampur.
  3. Masukkan tepung maizena dan segitiga biru, lalu mixer hingga tercampur.
  4. Cetak kue semprit menggunakan cetakan di atas loyang yang telah diolesi margarin.
  5. Panggang kue kurang lebih setegah jam dengan api kecil hingga kue matang rata.
  6. Keluarkan kue dan masukan ke dalam toples.

7. Resep kue kering nastar

Bahan-bahan
  • 1/2 kg bluband
  • 150 gram gula tepung
  • 6 butir kuning telur
  • 100 gram maizena
  • 100 gram butter(Orchid)
  • 900 gram tepung terigu segitiga biru
  • 200 gram susu bubuk dancaw
Isiaan :
  • Slay nanas
  • Olesan
  • 2 butir kuning telur
  • 2 sdt madu
Langkah cara membuat kue kering nastar
  1. Mix bluband butter dan kuning telur asal tercampur rata
  2. Masukan susu gula halus dan maizena sedikit demi sedikit aduk pake spatula
  3. Ambil 2 sendok adonan aduk dengan terigu uleni sedikit sedikit Bun biar adonanya bagus nanti kalo adonan habis ambil lagi adonan campur dgn terigu ulangi sampai adonan habis
  4. Bulatkan masukan isian nanas dan lakukan sampai adonan habis
  5. Beri olesan kuning telur dan madu oven di api 120c selama 20 menit
  6. Lalu angakat dan tiriskan. tara kue nastar sip untuk dihidangkan

8. Resep kue kering sus keju


Bahan-bahan
  • Untuk 5 porsi
  • 150 gram Tepung terigu
  • 125 gram Margarin/ Mentega
  • 200 ml Air
  • 4 butir Telur
  • 1/2 sdt Baking powder
  • 1 sdm Gula pasir
  • 1/2 sdt Garam
Bahan fla :
  • 250 ml Susu cokelat cair
  • 1/2 bks Ceres kecil/ 2 blok Cokelat batang
  • 2 sdm Maizena
  • 3 sdm air (untuk mencairkan maizena)
Langkah dan cara membuat kue kering sus
  1. Cairkan margarin dan air, tunggu sampai mendidih, kecilkan air lalu masukan tepung sedikit demi sedikit dan tetep diaduk hingga kalis.
  2. Dinginkan adonan lalu letakkan pada wadah dan mixer bersama telor, baking soda, gula dan garam dengan kecepatan sedang.
  3. Masukan adonan pada plastik segitiga dan cetak diatas loyang yang sudah diolesi margarin.
  4. Oven selama 45 menit, oleskan fla cokelat diatasnya dan taburin dengan parutan keju

Bahan-bahan
  • 1 butir telur
  • 75 gram tepung sagu tani
  • 4 siung bawang putih haluskan
  • 1/2 sdt garam
  • 1 sdm butter lelehkan
  • 1 sdmtepung terigu
  • minyak untuk menggoreng secukupnya saja
Langkah dan cara membuat kue kering bawang
  1. Kocok lepas telur, masukkan semua bahan, campur rata hingga adonan bisa dipulung
  2. Siapkan wajan, isi dengan minyak dingin. Pulung-pulung adonan kecil kecil saja supaya hasilnya renyah
  3. Masukkan kedalam minyak dingin. Lakukan terus sampai adonan habis. Jangan lupa telapak tangan diberi tepung terigu sedikit biar tidak lengket. Setelah semua selesai dipulung, naikkan keatas kompor. Nyalakan api kecil. Jangan di bolak balik sebelum adonan naik ke atas minyak. Setelah kekuningan angkat, tiriskan
  4. Ketika baru diangkat dari penggorengan, telur gabus teksturnya akan empuk. Tapi setelah dingin, akan renyah kok.
  5. simpan di wadah tertutup setelah telur gabus dingin. Siap dinikmati

10.Resep kue kering tanpa telur Black Snow White Cookies 

Bahan-bahan
  • 250 gr tepung terigu protein sedang
  • 200 gr salted butter (saya pakai wisjman)
  • 50 gr margarine
  • 100 gr gula halus
  • 40 gr susu bubuk full cream
  • 25 gr coklat bubuk hitam (saya pakai merk tulip yang noir)
  • 125 gr biskuit oreo yang dihaluskan (tanpa krim)
Langkah dan cara membuat kue kering tanpa telur
  1. Kocok salted butter, margarin, dan gula halus dengan mixer dengan speed rendah selama kurang lebih 1menit
  2. Masukkan susu bubuk, bubuk oreo, coklat bubuk hitam, aduk rata menggunakan mixer
  3. Ambil adonan sedikit demi sedikit di wadah terpisah dan campur dengan tepung sedikit demi sedikit sampai menjadi adonan yang gampang dibentuk (cara ini agar menghindari adonan yg terlalu keras apabila semua tepung dimasukkan kedalam adonan)
  4. Bentuk adonan bulat bulat atau sesuai selera, oven diatas api sedang kurang lebih 40-50menit dengan 100-150 derajat celcius
  5. Setelah matang, biarkan cookies hangat, lalu gulingkan cookies pada gula donat, lalu susun di toples. Siap dinikmati

11. Resep kue kering putri salju

Bahan-bahan
  • 500 gr tepung terigu
  • 3 butir kuning telur nya saja
  • secukupnya Tepung maizena
  • secukupnya Susu bubuk
  • secukupnya Margarin
  • secukupnya Butter
Toping :
  • secukupnya Gula halus
Langkah cara membuat kue kering putri salju
  1. Masukkan margarin, butter dan kuning telur kocok hingga warnanya berubah agak pucat. Setelah itu campurkan tepung terigu, susu bubuk dan tepung maizena sedikit demi sedikit sampai adonan kalis dan tidak lengket.
  2. Setelah itu pipihkan adonan sampai batas ketebalan yang diinginkan, kemudian cetak adonan sesuai selerai menggunakan cetakan kue.
  3. Siapkan teflon dan sarangan. Olesi sarangan dengan margarin sampai rata, kemudian susun adonan yang sudah dicetak keatas sarangan.
  4. Panggang teflon dengan api sangat kecil selama kurang lebih 27 menit. Jangan lupa tutup teflon sampai rapat agar panasnya merata. Untuk mengetahui kalau kue sudah matang cek bagian bawah kue jika sudah berwarna coklat dan saat ditekan sudah keras dan tidak lembek artinya kue sudah matang.
  5. Setelah kue matang lalu angkat dan diamkan beberapa menit sampai kue tidak terlalu panas.
  6. Setelah itu taburi dengan gula halus sampai semua permukaan tertutupi.
  7. Kemudian susun di dalam toples sesuai selera.
  8. Dan Selamat mencoba bund

12. Resep kue kering garpu Manis

Bahan-bahan
  • 300 gr tepung terigu
  • 2 butir telur
  • 1/2 sdt garam
  • 100 gr/ setengah gelas gula pasir
  • 50 gr blue band, cairkan
  • Minyak untuk menggoreng secukupnya
Langkah cara membuat kue kering garpu manis
  1. Masukkan telur gula dan garam lalu kocok sampai agak pucat.
  2. Lalu masukkanterigu sedikit demi sedikit sampai tetcampur rata.
  3. Kemudian masukkan margarin yg sdh dicairkan tadi kedalam adonan, lalu uleni sampai kalis (kalau masih lembek bisa ditambahkan tepung terigu).
  4. Uleni sampai kalis, sampai bisa dibulatkan. Bulatkan secukupnya, pakai punggung garpu, lalu tekan atau pipihkan kemusian gulung. Lakukan sampai adonan habis.
  5. Goreng dlm minyak panas dgn api sedang cenderung kecil, sampai kuning keemasan. Angkat, tiriskan. Siap dinikmati atau disimpan di wadah kedap udara, utk lebaran bulan depan 

13.Resep kue kering lidah kucing


Bahan-bahan
  • 125 gr margarin/butter boleh mix
  • 70 gr gula halus
  • 38 gr putih telur
  • 105 gr tepung kunci / segitiga
  • 7 gr susu bubuk
  • 30 gr tepung maizena
Langkah dan cara membuat kue kering lidah kucing
  1. Mixer margarin/butter dan gula halus sampai putih mengembang dan pucat. Masukkan putih telur. Kocok rata.
  2. Masukkan tepung terigu, susu bubuk, maizena yang sudah diayak, kocok asal rata.
  3. Masukkan pipig bag, semprot ke loyang lidah kucing yang udah dioles margarim/oles loyang.
  4. Oven di suhu 160°C selama 25 menitan (sesuaikan suhu oven masing-masing). Pindahkan di rak kawat sampai suhu dingin.

14. Resep kue kering jahe

Bahan-bahan
  • 150 gr bater
  • 250 gr mentega
  • 150 gr gula merah
  • 125 gr gula halus
  • 2 butir kuning telur
  • 700 gr tepung terigu
  • 60 gr tepung maizena
  • 50 gr susu bubuk full krim
  • 1 sdt bumbu spikuk
  • 4 sdt jahe parut
  • 2 sdt kayu manis
Langkah dan cara membuat kue kering jahe
  1. Mix bater,margarin,gula merah, gula halus,jahe parut sampai lembut.
  2. Lalu masukkan 2 kuning telur mix sebentar asal tercampur saja.
  3. Kemudian masukkan tepung terigu,maizena,susu bubuk,bumbu spikuk,kayumanis campur jadi satu.masukkan kedalam adonan sedikit demi sedikit sambil diayak.
  4. Aduk pakai sendok kayu hingga tercampur rata dan bisa di bentuk atau di cetak,dan siap di panggang hingga matang.selamat mencoba.
Nah bagaimana bund? mudah banget bukan cara pembuatan 14 Resep Kue Kering Yang Membuat Momen Lebaran Jadi Lebih Spesial, kenapa demikian karena tamu yang hadir akan lebih nikmat jika kue tersebut adal;ah bikinan bunda sendiri. Nantikan aneka resep masakan indonesia dan resep sehat alami lainnya masih di blog yang sama www.resepke17.id semoga bermanfaat terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar