Skip to main content

4 Makanan dan cemilan Pencegah Batuk agar tidak Semakin Parah

cemilan pencegah batuk

Cemilan saat batuk - Ketika kita sedang terjangkit flu dan batuk,butuh waktu yang agak lama untuk sembuh total. Selain harus minum obat,anda juga harus menghindari makanan berlemak seperti gorengan dan minuman dingin,karena jika kita memaksakan untuk menkonsumsinya tidak menutup kemungkinan flu dan batuk akan semakin parah.

Penyebab flu dan batuk

Ada beberapa penyebab flu dan batuk menyerang terhadap tubuh kita. Apa lagi sama anak-anak hal ini mungkin sering terjadi di antaranya karena pergantian musim,infeksi menular dari orang yang terjangkit flu dan batuk,polusi udara,asap rokok,sistem kekebalan tubuh yang drop,atau mungkin dari makanan yang kita konsumsi.

Akan tetapi sakit tenggorokan dan batuk itu juga dapat disebabkan oleh infeksi dari bakteri seperti sinusitis dan radang tenggorokan. Apapun penyebabnya anda harus menghindari dan mencegah beberapa hal yang dapat membuat flu dan batuk semakin parah.

Nah disini saya akan menjelaskan apa saja sih makanan dan cemilan yang tidak membuat batuk dan flu semakin parah?

1. Makanan yang bisa melindungi tenggorokan

preda sementara sakit tenggorokan

Saya contohkan madu,kenapa demikian? karena madu dapat membentuk dinding pelapis pada radang tenggorokan. Dengan menkonsumsi madu satu sendok saja ketika kita batuk,itu akan mengurangi gatal dan bisa mengurangi batuk.Bisa juga madu dicampur dengan teh herbal pereda batuk.

2. Makanan yang lembut

pencegah sakitm flu dan batuk

Ketika tenggorokan sakit dan batuk menyerang itu akan membuat kita menelan makanan akan sangat sulit.Maka dari itu coba hindari makanan seperti popcorn dan roti bakar,karena bisa menggores dinding tenggorokan dan menyebabkan iritasi. Maka dari itu cobalah anda memakan makanan yang lunak,licin,dan basah seperti puding,pasta,agar-agar,sup dan bubur.

3. Makanlah buah-buahan  

bisa menjadi obat penangkal batuk dan flu

Tapi jangan asal buah dikonsumsi ya? contohnya duren atau durian karena ini bisa berbahaya untuk pengidap asam lambung. Apa lagi kita sedang batuk dan sakit tenggorokan. Cobalah konsumsi buah-buahan yang mengandung vitamin C yang banyak seperti : alpukat,jeruk,lemon,kiwi,pepaya,jambu biji,lemon,nanas,dan pisang.

4. Makanlah makanan yang Mengandung banyak air

bisa dijadikan obat penangkal batuk f;u dan filek

Saat kita batuk dan flu, Kalian butuh banyak sekali minum agar tak dehidrasi. Ketika kita banyak minum, tenggorokan akan lembap serta dahak menjadi encer, dua faktor yg akan bikin tenggorokan nggak terlalu sakit lagi.

Yang wajib Kalian hindari saat sakit tenggorokan merupakan minum beralkohol, bersoda, serta kafein. Misalnya cola, teh hitam, serta kopi. Tiga minuman itu justru bikin tenggorokan makin kering. Minuman yang paling baik adalah minumlah minuman yang jernih seperti air putih dan minuman yang herbal.

Ingat !

Cara mengurangi sakit tenggorokan serta batuk di atas berbahaya apabila dilakukan terhadap anak-anak. Misalnya madu, bahan makanan ini berpotensi menyebabkan botulisme pada anak usia kurang dari 1 tahun.

Kadang-kadang batuk serta sakit tenggorokan hanya butuh ditunggu sembuh sendiri, tak butuh diberi obat kimia. Kecuali… batuk serta sakit tenggorokan tak kunjung reda seusai lewat dari seminggu. Jika sakit berlanjut coba untuk hubungi dokter.

baca juga:

5 Resep Minuman Yang Bisa Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Si kecil 

Bahaya jika makan alpukat secara berlebihan

10 Manfaat jika kita sering Menkonsumsi Susu Beruang


Demikian itulah tadi ulasan cemilan saat batuk akan tidak semakin parah. Nantikan resep sehat alami dan masakan indonesia maupun manca negara. Semoga bermanfaat dan menambah wawasan untuk anda terimakasih www.resepke17.id

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar