Skip to main content

Apakah boleh Si kecil makan Telur Setengah matang?


Resepke17.id - Untuk sebagian orang ketika memakan telur setengah matang itu sangat enak dan lezat. Memiliki tekstur yang sedikit cair akan memberi sensasi tersendiri bagi orang yang menyukainya. Namun dibalik itu semua apakah boleh anak kita yang masih kecil apa lagi yang masih bayi boleh memakan telur setengah matang?

Pasalnya,ada yang mengatakan jika si kecil memakan telur setengah matang itu akan terserang bakteri yang akan membuat anak kita sakit. Maka dari itu sebelum kita memberikaanya pada si kecil yuk baca dulu ulasanya sebagai berikut:

Apakah aman si kecil menkonsumsi telur setengah matang?


Ketika kita sedang sibuk dan memiliki sedikit waktu untuk menyiapkan sarapan untuk anak kita. Pasti jalan pintasnya untuk memasak telur. Kenapa harus telur? tidak mie instan? karena cara memasak telur itu paling mudah dan praktis, tidak memerlukan bumbu yang banyak. Untuk mie instan ita sangat tidak aman untuk balita ya bund?Kita bisa memasak telur ceplok,telur dadar ataupun telur orak-arik kesukaan anak kita. 

Tahu gak bund? jika telur itu mengandung protein,mineral,vitamin, dan asam lemak omega 3, yang tidak ditemukan pada makanan yang lain. Walaupun nutrisinya itu beraneka macam, Anda juga harus memperhatikan bagaimana cara mengolahnya. Tanpa anda sadari jika menyajikan makanan denngan asal-asalan untuk anak kita,itu akan mempengaruhi nutrisi yang diserapnya loh bund?

Telur setengah matang itu memang sangat enak dan nikmat.Akan tetapi ada sebagian orang menganggap jika makanan itu tidak sehat karena sangat rentan menyebarkan penyakit. Pasti ada yang bertanya? apakah boleh anak kita menkonsumsi telur setengah matang?

Menurut Dr. Madelyn frenstrom PhD adalah pakar gizi dan kesehatan "Anak balita tidak dianjurkan untuk memakan telur setengah matang. "Anak usia dibawah 5 tahun hanya boleh memakan telur matang". Kenapa demikian karena telur yang yang dimasak secara tidak benar itu sangat rentan mengandung bakteri salmonella yang dapat membahayakan tubuh.

Bahaya bakteri salmonella pada telur setengah matang

Menurut para ahli sebenarnya bukan hanya anak-anak saja yang harus menghindari telur yang dimasak setengah matang. Orang dewasa juga kalau bisa harus bisa meghindari telur yang dimasak secara setengah matang.

Apalagi bagi orang yang sistem imunnya dibawah standar seperti anak-anak dan lansia karena akan lebih rentan terjangkit infeksi bakteri salmonella. Menurut Badan POM di Amerika serikat(FDA). Telur yang terkontaminasi akan menyebabkan 142.000 kasus infeksi salmonella per tahun. Bahkan kebanyakan yang keracunan pada makanan itu akibat dari bakteri salmonella pada telur yang sudah tekontaminasi.

Pada saat memasak telur dianjurkan harus benar-benar matang karena panas pada saat memasak telur itu dapat membunuh bakteri salmonella yang ada di dalam telur. Sebaliknya jika dimasak alakadarnya maka tidak menutup kemungkinan bakteri salmonella akan tertinggal di dalam telur,dan ketika kita makan akan menginfeksi tubuh kita.

Ketika bakteri salmonella masuk kedalam tubuh kita,hal ini dapat menimbulkan gejala yang hampir mirip dengan keracunan pada makanan. Gejala yang ditimbulkan bakteri salmonela meliputi mual,muntah,sakit keepala,perut keram,diare dan demam. Gejala tersebut mungkin dapat hilang dengan sendirinya namun terkadang kita memerlukan antibiotik untuk mengurangi komplikasi.


Harus di ingat hanya boleh memberi telur yang matang untuk anak


Untuk menjaga kesehatan anak dari penyakit, jangan sesekali menawarkan telur setengah matang untuk anak. Pastikan dulu tahap kuning dan putih telur yg Kalian masak sangatlah matang, ya.

Misalnya dengan merebus telur, membikin telur dadar, telur mata sapi, telur orak-arik, alias olahan telur untuk anak lainnya. Masak telur dengan suhu minimal 85 derajat Celcius dan tunggu hingga telur sangatlah matang sempurna. Hal ini berfungsi agar bakteri Salmonella yg mungkin ada di dalam telur akan mati dan tak mengontaminasi tubuh si kecil.

Perhatikan juga proses pengolahan telurnya. Kalian boleh mengolah telur dengan tutorial digoreng, umpama membikin telur dadar alias telur ceplok, untuk anak. Namun, ada baiknya jangan terlalu tak jarang sebab minyaknya dapat meningkatkan kolesterol pada telur.

Berikan variasi yg lain, umpama dengan tutorial direbus dan ditambah dengan irisan tomat, brokoli, alias sayuran rebus lainnya yg anak sukai. Dengan begitu, si kecil akan memperoleh asupan vitamin dan mineral yg lebih lengkap dan sehat bagi perkembangannya.

Informasi untuk anda:






Nah itulah bund penjelasan tentang bahaya akan menkonsumsi telur setengah matang khususnya untuk anak-anak dan pada umumnya untuk kita semua. Nantikan resep sehat alami dan resep masakan indonesia maupun mancanegara lainnya. semoga bermanfaat www.resepke17.id terimakasih
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar