Skip to main content

5 Cara membedakan antara gejala tifus dan dbd

cara membedakan gejala tifus dan dbd


Resepke17.id - Memang sudah tidak heran jika kita keliru dalam membedakan penyakit tifus atau demam berdarah dongue.Karena keduanya memiliki gejala yang hampir mirip dan yah hampir serupa lah, misalnya demam yang tinggi selama beberapa hari ditambah lagi badan terasa sangat lemas.

Gejala tifus disebabkan oleh

Tipes atau tifus adalah penyakit yang ditularkan oleh bakteri salmonella typhi. Yang cara penyebarannya melalui makanan,air,dan bisa juga ditularkan oleh orang yang sudah terinfeksi penyakit tifus tersebut. Obat gejala tifus anda dapat segera dengan cepat menanganinya yaitu kompres dengan air hangat, Minum anti biotik, konsumsi ekstrak cacing tanah, Hindari makanan yang pedas,dan banyak istirahat.

Gejala dbd dapat disebabkan oleh 

Demam berdarah dongue atau DBD. penyakit ini disebabkan oleh nyamuk yang menggigit pada tubuh kita. Gejalanya sangat khas yaitu suhu tubuh meningkat dan panas,nyeri persendian,otot,sakit pada tulang belakang, mata sakit,dan sakit kepala.

Gejala tifus pada anak

hal yang menyebabkan gejala tifus pada anak

Pada umumnya gejala tifus bisa menyerang siapa saja mau dewasa ataupun anak-anak. Gejala tifus atau tipes bisa berat maupun ringan itu juga tergantung pada kesehatan kita,usia dan vaksinisasi kita semasa kecil.
Gejalanya ialah:
  • demam tinggi bisa mencapai 40 drajat
  • Sakit perut dan disertai diare
  • sakit kepala
  • nyeri tenggorokan
  • merasa lemah dan nyeri persendian
  • nafsu makan berkurang
  • sembelit

5 cara membedakan gejala tifus dan DBD

1.  Masalah pada pencernaan

Bagi orang yang mengidap penyakit demam berdarah akan mengalami nyeri sendi,tulang dan otot. Sehingga akan menyebabkan demam,selain itu pengidapnya juga akan sakit kepala,mual dan muntah-muntah. Nah sebaliknya jika gejala tifus akan menyebabkan saluran pencernaan terganggu seperti sakit perut,sembelit dan disertai diare.

2. Demam Bagi pengidap tifus akan naik turun

Gejala ini akan berbanding terbalik dengan pengidap demam berdarah karena jika demam berdarah akan demam tinggi selama berhari-hari,sedangkan gejala tifus akan naik turun. misalkan jika demam tinggi pada pagi hari,akan turun pada malam hari.

3. Bintik Karena infeksi

Gejala tifus akan mengeluarkan bintik merah pada kulit yang disebabkan oleh infeksi bakteri salmonella. Sedangkan demam berdarah Akan mengeluarkan bintik merah karena terjadi akibat pendarahan,dan jika ditekan bintik ini akan pudar. Dan dapat mengalami mimisan dan pendarahan ringan pada gusi.

4. Tidak terasa nyeri

\Gejala tifus hanya akan menimbulkan rasa tidak enak pada perut. Sedangkan demam berdarah Akan mengalami rasa nyeri yang khas pada ulu hati,tidak sama dengan sakit maag.

5. Bukan gejala musiman

Bila diselidiki lebih lanjut demam berdarah bisanya sering terjadi pada musim penghujan. Karena pada musim penghujan nyamuk-nyamuk dapat dengan cepat berkembang biak pada lingkungan yang lembab dan banyak genangan air.Sedangkan penyakit tifus  dapat mengintai siapa saja sepanjang tahun jika kita tidak menjaga kebersihan lingkungan dengan rapih.

Baca juga :

Bahaya Junk Food dan Manfaatnya

Manfaat Buah Jeruk Untuk Kesehatan Si kecil 

5 Resep Minuman Yang Bisa Menyembuhkan Radang Tenggorokan

Rica Rica Biawak Berkhasiat untuk Berbagai Macam Penyakit

Nah itulah bund cara membedakan antara demam berdarah dan tifus termasuk gejala yang disebabkan penyakit tersebut, jangan sungkan jika penyakit berlanjut untuk segera munghubungi dokter atau bidan terdekat,agar segera tertangani dan tidak bertambah parah.Semoga artikel ini bermanfaat nantikan artikel terbaru dan lebih menarik lainnya. terimakasih www.resepke17.id



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar