Skip to main content

Bahaya Junk Food dan Manfaatnya, yang bisa Bikin anda Ketagihan

Bahaya dan manfaat  junk food


Resepke17.id - Junk Food adalah makanan yang memiliki kandungan rendah nutrisi atau makanan yang tidak sehat. Junk food memiliki kandungan lemak yang tinggi yang bisa mengakibatkan kolesterol tinggi,obesitas dan penyakit jantung. Junk food ini termasuk makanan cepat saji yang kebanyakan orang tidak menyadarinya akan bahayanya yang bisa menggerogoti kesehatan otak.

Makan junk food dapat membuat orang ketagihan

Junk food artinya tipe makanan yg tinggi kandungan gula, lemak, garam, dan minyak. Kombinasi inilah, ditambah dengan wangi makanan dan beberapa paduan rasa lainnya, yg membikin makanan terasa nikmat menggoyang lidah. Kemudian, saraf pengecap pribadi mengirim sinyal untuk merangsang otak memproduksi hormon senang dopamin dalam jumlah tinggi.

Selain itu, dilansir dari Huffington Post. Steven Witherly, seorang ilmuwan di bidang makanan, menganggap bahwa kecanduan junk food juga mampu dipengaruhi oleh kombinasi sensasi yg tak sama dalam satu kali makan. Misalnya krim keju bertekstur lembut yg dioleskan merata di atas sepotong pizza renyah, alias burger dengan isi daging tebal dan juicy yg ditambah beberapa lembar daun selada renyah.

Kombinasi campur aduk ini yg kemudian membikin otak mendefinsikan makan junk food sebagai sebuah pengalaman yg menyenangkan. Sebagai tindak lanjutnya, otak memproduksi lebih tak sedikit dopamin.

Efek menyenangkan dari makan junk food tersebut akan membikin tubuh mengidam dengan cara otomatis, jadi Kalian merasa perlu untuk mengulangi makan lagi. Semakin tak sedikit dan terus lama Kalian terbiasa makan junk food akan membikin efek ketagihan terus kuat, sebab kadar dopamin yg menumpuk dalam tubuh mampu mengganggu manfaat otak.

Otak mampu salah menduga,ketika kita sudah makan akan makan lagi

Masih menurut Witherly, junk food tak jarang melibatkan bahan-bahan makanan yg mampu “hilang” dalam sekejap. Misalnya saus mayonaise alias lelehan keju mozarela yg mudah meleleh di lidah. Ketika pengecap mendeteksi bahwa tak ada lagi makanan dalam mulut, saraf pengecap akan memberi sinyal ke otak bahwa Kalian tak lebih makan alias sedang tak makan.

Otak kemudian berpikir Kalian kekurangan kalori jadi akan cepat bereaksi dengan memicu pelepasan hormon lapar ghrelin untuk mencegah Kalian kelaparan. Akibatnya, Kalian cenderung makan berlebihan ketika sedang bersantap makanan cepat saji.


baca juga :

7 Jenis Makanan Yang berbahaya di Dunia

Makanan pembakar lemak perut buncit 



Kita jadi susah berpikir atau lemot ketika telah kecanduan junk food

Dalam sebuah penelitian di American Journal of Clinical Nutrition pada tahun 2011 memperlihatkan bahwa individu sehat yg makan junk food selagi lima hari berturut-turut mengalami penurunan manfaat kognitif otak. Ini ditandai dengan kurangnya fokus perhatian, kecepatan bertindak, ingatan yg lebih buruk, dan perubahan mood drastis.

Di dalam otak, dopamin dosis tinggi yg dihasilkan seusai makan junk food menghambat kerja hippocampus dan menyebabkan peradangan. Hippocampus artinya kawasan pembentukan dan penyimpanan memori jangka panjang.

Namun, makanan yang tinggi akan gula dan lemak inimampu menurunkan manfaat sinaps otak yg bertanggung jawab untuk pembelajaran dan performa mengingat, dan mengganggu aktivitas peptida otak yg disebut brain-derived neurotrophic factor (BNFD) yg menolong menambah ajaran darah ke otak dan mencegah kerusakan sel otak.

Manfaat ketika menkonsumsi junk food


1. Pencernaan menjadi lancar

Tubuh kita akan mempunyai pencernaan yg lancar jikalau telah menghindari makan junk food. Karena sebagian besar junk food mempunyai kadar garam yg tinggi membikin perut kembung dikarenakan adanya zat sodium yg bersifat menahan air. Maka sebaiknya, kita mulai mengkonsumsi makanan sehat semacam sayur dan buah untuk memperlancarkan sistem pencernaan dan membuang zat–zat racun dari dalam tubuh.

2. Lebih bertenaga

Mengonsumsi junk food mampu membikin kita merasa kenyang. Namun, junk food gagal dalam memberi nutrisi dan energi yg lumayan untuk tubuh. Jadi seusai beberapa hari kita makan junk food tubuh akan terasa lebih lemah dan lelah. Jika kita berhenti makan junk food, dan mengganti dengan asupan yg lebih sehat, tubuh akan lebih bertenaga dan lebih bugar.

3. Kulit bersih dan cerah

Sebab junk food mempunyai kandungan garam dan lemak yg tinggi, kulit kita akan tampak kusam sampai berjerawat. Jika mengurangi mengongsumsi junk food, kita akan mempunyai kulit yg sehat dan bersih. Jadi, mari menghindari makan junk food

4. Memiliki tidur yg berkualitas

Sebagian besar makanan junk food mempunyai kadar garam yg lumayan tinggi. Sehingga membikin kita lebih tak jarang haus dan dehidrasi. Saat kita dehidrasi kita lebih tak jarang tersadar untuk minum, jadi nilai tidur akan berkurang. Jika mengurangi makan junk food pastinya kita akan mempunyai tidur yg nyenyak tiap malamnya.

5. Mengurangi berat badan

Nah, jikalau kamu punya resolusi di tahun 2018 ini untuk mengurangi berat badan, menghindari makan junk food artinya salah satu solusinya. Karena tubuh akan mendapatkan asupan garam dan lemak lebih sedikit. Selain itu, kita juga memperoleh tubuh yg sehat dan ideal.

Hmm nah itulah bund bahaya sekaligus manfaatnya jika kita sering menkonsumsi junk food, yang akan membuat anda ketagihan.Nantikan artikel terbaru dan bermanfaat lainnya terimakasih www.resepke17.id 


Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar