Skip to main content

Nah ini Dia! 12 Manfaat Buah Naga Merah Untuk Bayi - Yang tak banyak ibu ketahui

manfaat buah naga merah untuk bayi


Resepke17.id - Buah naga yang bernama latin Hylocereus polyrhizus,ini termasuk ke dalam jenis kaktus yang berbunga dan kemudian berbuah.Bahkan belakangan ini buah yang satu ini sedang banyak di gandrungi oleh masyarakat indonesia.Pada saat awal masuk ke Indonesia buah naga memiliki harga jual yang cukup tinggi dan sempat meroket mengalahkan harga buah-buahan pada umumnya. Tanaman kaktus ini berasal dari dari daerah amerika tengah,amerika selatan,dan meksiko dan pada saat ini buah naga sudah menyebar ke berbagai penjuru dunia dan sangat mudah untuk di budidayakan.

Karena buah naga dapat tumbuh di daerah yang beriklim tropis,subtropis atau bahkan di daerah beriklim kering,seperti di daerah timur tengah. Sebab buah naga ini tidak  membutuhkan banyak air seperti tanaman kaktus pada umumnya, yang melainkan membutuhkan panas yang cukup.
baca : Buah Buahan Penghancur Lemak untuk Perut Buncit

Buah naga untuk bayi 

Meskipun buah naga sekarang ini sangat mudah didapat,Banyak ibu yang tidak tahu akan kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga. Banyak manfaat yang didapat jika kita menkonsumsi buah naga salah satunya untuk kesehatan. Bahkan manfaat itu bukan untuk orang dewasa saja,akan tetapi untuk bayi juga sangat bagus untuk anak anak terutama untuk bayi.

Bagi anak bayi 6 bulan ke atas dan sudah mulai diberikan makanan pendamping ASI,maka buah naga sangat cocok untuk makanan bayi karena sangat menyehatkan dan bisa diberikan secara rutin.Selain kandungan nutrisi yang terdapat pada buah naga, ini memiliki tekstur daging yang mudah dicerna sehingga sangat baik untuk pencernaan bayi yang masih rentan. 

Apa saja sih kandungan yang terdapat pada buah naga merah dan manfaatnya untuk bayi. berikut susan uraikan dibawah :

1. Kandungan air yang tinggi

Buah naga memiliki kandungan air 90% dari bobot totalnya,yang artinya mampu untuk memenuhi kebutuhan air pada tubuh sikecil.Hal ini menguntungkan untuk si bayi,terutama untuk bayi yang mulai aktif tetapi untuk sumber air utamanya masih mengandalkan ASI atau air susu ibu. Dengan memberikan buah naga secara rutin, ibu jangan kawatir anak bayinya kekurangan air seperti masalah dehidrasi,atau bahkan kulit akan mengering.

2. Membiasakan anak bayi untuk memakan buah dan sayuran

Kebiasaan anak yang tidak mau makan buah atau sayuran sebenarnya muncul dari perlakuan orang tua saat bayi.Sering kali banyak orang tua yang memaksa anaknya unuk memakan buah dan sayuran,sehingga yang pada akhirnya memilih untuk memberikan menu lain untuk si kecil. Padahal kebiasaan itu akan berdampak hingga dewasa kelak.

Sebelum terlambat,coba berikan buah naga secara rutin ketika masih bayi itung itung untuk memiliki kebiasaan memakan buah sedari kecil.Apalagi dengan tektur yang dimiliki buah naga itu segar dan lembut,tentunya akan menambah selera makan.

3. Sesuai untuk sistem pencernaan bayi

Buah naga memiliki tektur yang lembut sehingga aman untuk pencernaan bayi,meskipun belum tumbuh gigi dan tidak dapat mengunyah  dengan baik sekalipun.Begitu juga pada saat di dalam pencernaan biji buahnya yang lunak ketika tertelan,ibu tidak usah khawatir akan bahayanya. Biji tersebuat memang akan tertelan tetapi tidak akan dicerna oleh sistem pencernaan si bayi. Coba bervariasi ketika memberikan buah naga pada sikecil untuk tidak membuatnya bosan ketika memakan buah naga,misalnya di jus, atau dibuat pudding terlebih dahulu. baca : 10 Manfaat Jika Tiap Pagi anda Rajin Konsumsi Jeruk Nipis

4. Mengandung Zat Pokok yang dibutuhkan Tubuh

Buah naga ternyata mengandung beberapa zat pokok yang banyak dibutuhkan tubuh seperti  protein karbohidrat. Dalam 100 gr buah naga rata-rata memiliki kandungan sekitar 11,5 gr karbohidrat dengan total kalori sebesar 60 kkal. Sedangkan jumlah proteinnya sebesar 0,53 gram/100 gram.Hal ini sangat dibutuhkan oleh bayi untuk menunjang pertumbuhannya. Meski sebagian protein juga dapat diproduksi sendiri oleh tubuh, akan tetapi tetap saja ada beberapa jenis protein yang hanya bisa didapatkan dari makanan.

Vitamin-Vitamin Penting pada Buah naga

Usia 0-2 tahun atau usia bayi menjadi fase yang sangat penting bagi tumbuh kembang anak.Nah Pada masa inilah yang paling ideal untuk memberikan nutrisi yang lengkap Agar dapat mendukung perkembangannya. Vitamin menjadi salah satu zat yang bisa memberikan manfaat yang baik dari buah naga untuk kesehatan si kecil.

Berikut vitamin yang terkandung dalam buah naga :

5. Vitamin B1

Thiamin atau vitamin B1 yang ada dalam buah naga memiliki beberapa manfaat penting diantaranya sebagai berikut :membantu katabolisme glukosa dengan bertindak sebagai ko-enzim sehingga dapat menghasilkan energy, turut bertanggung jawab dalam produksi asetilkolin, yakni suatu neurotransmitter yang berperan penting pada fungsi kardiovaskuler.

Memelihara kesehatan mata, menjaga fungsi syaraf dan otak, membantu sistem pencernaan dengan memproduksi asam hidroklorat dan meningkatkan nafsu makan.Bisa membantu pembentukan sel baru pada mukosa tubuh, berperan sebagai antioksidan  dan produksi  darah merah.


6. Vitamin B3

Vitamin B2 dikenal dengan nama lain sebagai niasin. Vitamin ini juga banyak terdapat dalam kacang-kacangan ini mempunyai fungsi penting bagi tubuh diantaranya untuk menjaga membantu pencernaan, sirkulasi darah,menjaga fungsi otak,dan  kesehatan kulit.

Selain banyaknya manfaat buah naga untuk bayi yang bisa diberikan, vitamin B dan C merupakan vitamin yang dapat larut dalam air sehingga tidak bisa disimpan dalam tubuh. Maka dari itu sangat tepat sekali jika ibu rutin memberikan buah naga untuk memenuhi kebutuhan vitamin C dan vitamin B harian untuk buah hati Anda. baca : resep masakan untuk anak 2 tahun ke atas yang susah banget untuk makan

7. Vitamin C

Kandungan vitamin C pada buah naga tergolong tinggi dan cukup untuk memenuhi kebutuhan tubuh bayi. Vitamin C atau asam askorbat ini memiliki banyak sekali kegunaan bagi tubuh. Pertama, vitamin C berperan penting untuk memelihara sistem pertahanan tubuh sehingga dapat mencegah timbulnya berbagai penyakit.

Kedua, vitamin C dibutuhkan tubuh untuk memproduksi ligament, yakni bahan dasar pembuatan tendon, ligamen, serta pembuluh darah. Selanjutnya, asam askorbat juga membantu penyerapan zat besi dari bahan makanan lain dan membantu perbaikan jaringan yang rusak.

8. Vitamin B2

Peran vitamin B2 bagi tubuh ialah membantu dalam proses metabolisme sebagai ko-enzim. Riboflavin atau vitamin B2 dibutuhkan dalam proses metabolisme beberapa bahan makanan seperti karbohidrat, lemak, dan asam amino. Riboflavin juga merupakan senyawa antioksidan bagi tubuh.

Kandungan Mineral dalam Buah Naga


Selain zat-zat di atas, buah naga juga dilengkapi dengan mineral yang semakin memperkaya kandungan gizinya. Berikut beberapa bahan mineral yang terdapat dalam buah naga

9. Magnesium

Mineral magnesium berperan dalam berbagai proses biokimia dalam tubuh. Fungsi penting lainnya ialah menjaga kesehatan otot dan saraf, menjaga kestabilan detak jantung, berperan dalam system kekebalan tubuh, dan juga menjaga kekuatan tulang.

10. Kalsium

Ada Sekitar 8,8 persen dari total nutrisi buah naga dilengkapi oleh kalsium. Sedangkan fungsi kalsium bagi tubuh ialah untuk pertumbuhan serta memelihara kesehatan tulang dan gigi. Bagi bayi atau anak-anak yang sedang dalam masa pertumbuhan tentu saja sangat penting. Selain itu, kalsium juga berperan dalam proses pembekuan darah saat terjadi luka.

11. Fosfor

Mineral dari buah naga selanjutnya ialah fosfor. Fosfor merupakan mineral kedua terbanyak yang ada dalam tubuh. Kegunaan mineral fosfor bagi kesehatan sendiri diantaranya ialah untuk menjaga fungsi otak, mencegah kelelahan serta nyeri otot, berperan dalam sintesis protein, memperbaiki sel tubuh yang mengalami kerusakan, serta menjaga kesehatan ginjal sehingga dapat memelihara  fungsi urinaria.

12. Kandungan Serat yang Baik Untuk Pencernaan

Serat sudah lama dikenal sebagai zat yang dapat melancarkan pencernaan. Bagitu juga dengan kandungan serat yang ada pada buah naga tentu saja sangat baik bagi pencernaan si kecil. Serat tersebut akan menjaga kesehatan usus serta melancarkan buang air besar. Tidak hanya itu, serat juga menimbulkan rasa kenyang yang lebih lama sehingga si kecil dapat menghindarkan si kecil dari konsymsi makanan ringan berlebih.

Secara umum, buah naga yang sering kita temui mempunyai beberapa warna berbeda pada daging buahnya yakni ada yang berwarna putih, ungu, atau merah. Pada dasarnya semua memiliki tekstur serta kandungan nutrisi yang hampis sama. Hanya saja buah naga dengan warna daging putih mempunyai cita rasa lebih lezat. Akan tetapi, kandungan nutrisinya lebih banyak pada buah naga dengan warna daging merah atau ungu.

Kandungan dan Manfaat Lainnya

Selain beberapa kandungan serta manfaat yang sudah dijabarkan diatas, buah naga juga masih memiliki beberapa zat cukup penting bagi tubuh seperti kandungan karoten yang baik untuk kesehatan mata serta zat besi yang merupakan komposisi penting bagi pembentukan sel darah merah.

Mengingat nutrisi dan manfaat yang sangat besar tersebut, maka bagi Anda yang memiliki bayi atau anak kecil namun belum pernah memberikannya, mungkin setelah ini bisa memutuskan untuk mencoba. Demikianlah artikel mengenai manfaat buah naga untuk bayi.Silahkan share jika anda semua suka,dan nantikan artikel terbaru lainnya dari blog www.resepke17.id



Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar