Skip to main content

Resep Kue Goreng Sederhana Enak dan lezat

cara membuat kue goreng
source by. pixabay.com


resepke17.id - Assalamualaikum wr wb
Resep Kue Goreng Sederhana - Selamat sore menjelang malam sobat susan semua, Apakabar nya nih? mudah-mudahan dalam kaeadaan sehat ya, udah pada makan belum nih, tenang kalo yang sudah makan tinggal ngopi cemilananya ya?  Pada artikel kali ini susan akan membahas tentang Resep Kue Goreng Sederhana Enak dan lezat, Yaitu cemilan kering yang terbuat dari tepung terigu ataupun kue goreng dari tepung beras.

Memang banyak sekali sih varian dari Resep Kue Goreng Sederhana Enak dan lezat ini, diantaranya kue bolang baling manis,roti goreng tawar, kue telur gabus,kastengel,biji ketapang nah itulah resep yang saya sebutkan tadi kita buatkan resep dan cara pembuatanya ya? yukk sob kita langsung saja ke tutorial pembuatannya..

1. Resep kue bolang-baling manis 
resep kue bolang baling

Kue bolang baling adalah kue yang mirip dengan donat, dan jika di banyumas kue ini juga disebut dengan galundeng yang terbuat dari tepung terigu sumber:wikipedia.. ini dia resepnya..

Bahan-bahan :

  • 250 gr tepung terigu
  • 1 butir telur
  • 1 sdt fermitan atau ragi
  • 1/4 sdt vanili
  • 100 ml air hangat
  • 2 sdm mentega
  • 4 sdm gula pasir
  • Wijen gula pasir untuk taburan

Langkah pembuatanya :

  1. waktu yang dibutuhkan 45 menit 
  2. Larutkan terlebih dahulu  fermitan, gula ditambah dengan air hangat. Aduk selama 3- 5 mnt. 
  3. Dan Jika sudah berbusa itu  tandanya fermitan / ragi masih aktif. tetapi Kalau sudah tidak berbusa tandanya ragi sudah mati Sebaiknya ragi diganti saja.
  4. Dan Campurkan semua bahan. Masukkan larutan fermitan sedikit demi sedikit.Uleni smpai adonan tidak lengket di tangan. Bisa juga menggunakan mixer.  
  5. Diamkan adonan 45 mnt / sampai 1jam. Tutup dengan kain. Tunggu sampai adonan mengembang 2 kali lipat. 
  6. Ambil semua adonan. Letakkan pada wadah datar. Pipihkan merata. Olesi bagian atas adonan dengan air. Lalu taburi gula dan wijen (skip). Secukupnya saja. Tutup kembali. Tunggu sampai 15 mnt. 
  7. Potong2 adonan memanjang lalu potong lagi kotak2 /sesuai selera. Letakkan adonan pada wadah yang sudah di taburi tepung agat tidak lengket dan tidak menempel kembali.  Olesi bagian atas atau 2 sisinya dengan air lalu balurkan ke gula dan wijen (skip). Boleh satu sisi atau dua sisi. 
  8. Panaskan minyak. Goreng adonan hingga habis.  
  9. Dan Siyaapp untuk disantap.. bersama keluarga


2. Resep roti goreng tawar yang simple
resep kue roti tawar goreng

Pasti sudah tidak asing lagi dong dengan makanan yang satu ini simak yukk cara pembuatanya:

Bahan-bahan
  • 1 bungkus roti tawar (aku masak 10lbr roti)
  • 3 butir telor (kocok)
  • 1 bungkus messes
  • 1 bungkus kecil keju (parut)
  • 1 bungkus glazee mocca
Langkah pembuatanya :
  1. Waktu yang dibutuhkan 30 menitan
  2. Ambil 1 lembar roti tawar lalu taburkan messes atau keju parut diatasny kemudian tutup dengan 1 lembar lagi roti tawar
  3. Ulangi sampai jadi 5 roti tawar yang udh diisi messes atau keju  
  4. Celupkan roti tadi kedalam telor yang udah dikocok hingga merata 
  5. Lalu goreng hingga masak 
  6. Setelah masak semua di kasih glazze mocca diatas roti dan taburkan sedikit mutiara warna warna warni
  7. Dan Roti siap untuk disantap 


3. Resep kue telur gabus
resep kue

Kue telur gabus adalah kue yang dibuat dari campuran tepung  Sagu atau kanji , telur dan keju memiliki rasa yang nikmat dan gurih. Rasa asin dan gurih serta tekstur yang begitu lembut akan senantiasa memanjakan lidah anda. yukk simak cara pembuatanya :

Bahan-bahan
  • 350 gr tepung kanji / sagu tani
  • 3 butir telur, kocok sebentar pakai garpu
  • 1 sdt garam halus
  • Minyak untuk menggoreng
Langkah pembuatanya :
  1. Waktu yang dibutuhkan 35 menit
  2. Ayak dan campur tepung dan garam
  3. Masukkan telur sedikit demi sedikit sambil di adon hingga adonan dapat di pulung.  
  4. Ambil adonan sedikit lalu pulung pakai telapak tangan hingga membentuk bulat panjang  
  5. Masukkan ke wajan yang berisi minyak dingin 
  6. Setelah itu goreng pakai api sedang, dan jangan langsung di bolak balik jika adonan belum mengapung ke atas  
  7. Goreng sampai matang dan siap untuk di sajikan
4.  Kastengel simple
kue kastengle

Kastengel adalah kue kering yang cukup populer di masyarakat indonesia yang cara pembuatanya  dipanggang di dalam oven. .. ukuranya sangat kecil hanya sebesar ibu jari kita dengan panjang sekitar 5 centimeter. cara membuat Adonannya sama dengan salah satu kue populer lainnya yaitu nastar. Simak saja yukk cara pembuatanya :

Bahan-bahan
  • 450 gr tepung terigu
  • 250 gr margarin
  • 50 gr butter
  • 250 gr keju cheddar (d parut tipis)
  • 2 kuning telur
  • 1 telur utuh
  • 100 gr maizena
  • olesan
  • 2 kuning telur + minyak sayur sedikit
Langkah pembuatanya :
  1. Kocok 2 kuning telur + 1telur utuh + margarin + butter  
  2. Masukan tepung terigu,maizena dan keju(pisahkan sedikit di kira2 aja utk taburan atas)  
  3. D ulen sampai k aduk semua rata dan d cetak.. Lalu oles campuran dari 2 kuning telur dan minyak 
  4. Oven kurang lebih 40 menitan.. Tergantung ovennya.. Di intip saja jangan sampai gosong ya??


5. Biji ketapang
telur gabus enak

Biji ketapang adalah salah satu kudapan yang sangat renyah Simak saja cara pembuatanya :

Bahan-bahan
  • untuk bahan sebanyak 1,5kg
  • 1 kg tepung terigu
  • 250 gr gula halus(claris merah)
  • 200 gr blue band(cake & cookie)
  • 1 butir telur
  • secukupnya garam
  • 200 ml air
Langkah pembuatanya :
  1. Campur sampai rata tepung terigu, gula halus dan garam
  2. Tambahkan blue band, aduk rata  
  3. Tambahkan telur, aduk rata. Terakhir masukan air sedikit demi sedikit sampai kalis  
  4. Pulung2 panjang adonan, lalu gunting2. Lalu goreng minyak panas api sedang  
Samapi juga nih sobat susan di penghujung artikel Resep Kue Goreng Sederhana Enak dan lezat mudah - mudahan dengan adanya resep ini semoga sobat semua mendapatkan banyak manfaatnya. Jika sobat semua suka silahkan share artikel ini, Dan nantikan Resep dan artikel terbaru lainya.

Wassalamualaikum wr wb
Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar