Skip to main content

Resep IKAN BAKAR sederhana, bikin gak berhenti Makan


ikan bakar sederhana

resepke17.id - Assalamualikum wr wb

Selamat pagi semua sobat susan semua, Apa kabarnya nih? mudah-mudahan dalam keadaan sehat ya, udah pada masak belum nihh, Buat menu sarapan pagi nya arau buat menu Maksi atau makan siangnya nih, heheeh... dalam artikel kali ini susan akan membahas tentang menu yang sudah tak asing lagi nihh yaitu Resep IKAN BAKAR sederhana, bikin gak berhenti Makan.

Ikan bakar memang banyak digandrungi bagi setiap orang pada umumnya, disamping cara pengolahanya yang cukup gampang namun menu kali ini bakalan bikin sobat ngiler dong pastinya. Dalam hal harga memang ikan cukup  ramah dikantong, kecuali untuk ikan laut pastinya  cukup "WAH" harganya heheheheh... tergantung untuk jenis ikan tertentu sihh..

Langsung saja jika sobat semua penasaran dengan menu dan resep ikan bakar kali ini kita ke tutorial pembuatanya silahkan sobat susan siapkan bahan - bahanya, silahkan sobat pilih salah satu dari ke 4 resep di bawah ini yang sudah saya tuliskan tergantung selera sobat semua.

1. Ikan bakar kecap lada hitam

Bahan-bahan :
  • 1/2 kg Ikan kakap/ikan bawal/atau ikan apa aja deh bisa
  • 5 siung bawang putih
  • 3 siung bawang merah ukuran besar
  • 6 buah cabai rawit
  • 3 buah cabai merah
  • 2 saschet saori lada hitam
  • 1/2 sachet merica bubuk halus
  • 1 sendok ketumbar halus
  • 1/2 jari jahe
  • 1/2 jari kunyit
  • 1/2 sendok makan Garam
  • Penyedap rasa (jika ingin pakai)
  • Minyak goreng
  • sedikit Air
  • Jeruk nipis
  • Sejumput gul merah
Langkah pembuatan :
  1. Cuci ikan hingga bersih lalu sayat garis miring tahap badannya... Rendam dengan sedikit garam serta perasan jeruk nipis
  2. Tumbuk / blender bumbu2 diatas tadi hingga halus... Kemudian tumis dengan minyak panas api sedang.. 
  3. Sudah berubah warna masukman merica bubuk.. Saori lada hitam..garam.. Penyedap Dan ketumbar aduk rata.
  4. Tambahkn sedikit air serta gula merah tunggu agak mengental masukkn ikan serta diamkn 10 menit.
  5. Disini ikannya seusai direndam, saya goreng setengah matang supaya tak hancur ketika dibakar ya bunda...
  6. Setelah bumbu meresap, bakar memakai teflon api kecil aj supaya tdak cepat gosong. 
  7. Jangan tak jarang dibolak balik kelak ikan dapat hancur..
baca juga : Resep Ikan Mujair HOT nya bikin nagih

2. Ikan Bakar Bumbu Santan



Bahan-bahan
  • untuk 4 Porsi
  • waktu pembuatan 35 menit
  • 1 Ekor ikan ukuran besar
  • 1/4 sachet santan kara ukuran kecil, (yg harga 3000/sachet)
 Bumbu halus :
  • 5 Bawang merah, goreng
  • 3 Bawang putih, goreng
  • 3 Butir kemiri, sangrai
  • 3 Cabe keriting, goreng
  • 5 Cabe rawit, goreng
  • 1 Buah tomat goreng
  • 3 Batang daun bawang iris halus
  • 1/2 belah jeruk nipis/jeruk purut
  • 3 Sdm minyak goreng
  • 1 Sdm kecap manis
  • 1 Sdm gula
  • Sejumput garam
Langkah
  1. waktu pembuatan 30 menit
  2. Bersihkan ikan dari isi perut serta di belah jangan hingga putus, serta di cuci bersi.beri sejumput garam serta jeruk purut, sisihkan
  3. Goreng bahan bumbu sebelum di haluskan kecuali kemiri saja yg di sangrai serta daun bawang yg hanya di iris tipis. 
  4. Iris halus daun bawang. 
  5. Haluskan semua bumbu dengan pribadi di campur garam serta gula. Bagi bumbu menjadi dua bagian, tahap pertama di beri minyak goreng serta tahap lainnya di beri santan kara. Bumbu yg tercampur minyak goreng untuk ikan ketika di bakar serta bumbu ikan goreng yg tercampur santan untuk ikan seusai di bakar.  
  6. Baluri tahap tubuh ikan serta tahap perut ikan yg sudah kita belah dengan memakai bumbu balus yg di campurkan minyak goreng tadi, lalu ikan di panggang dengan api kecil.
  7. Setelah ikan matang serta semua bumbu sudah kering, matikan kompor serta angkat.
  8.  Eksekusi bumbu seusai ikan di bakar. 
  9. Masukan kecap manis dibagian bumbu yg sudah di campur santan kara serta aduk hingga rata.  
  10. Masukan daun bawang yg sudah di iris tipis serta beri perasan jeruk nipis, campur hingga rata, sisihkan. 
  11. Sekarang kita baluri bumbu santan pada tubuh serta isi perut ikan yg sudah di bakar.
  12. Baluri hngga rata di mulai dari tahap perut. 
  13. Lalu baluri pada semua tahap luar tubuh ikan.  
  14. Siap di sajikan...simple bngt...rasanya maknyussssss bgdh lohh bundsay...,, selamat mencoba..yaaa good luck..,

 3. Gurami Bakar Kecap 


 Bahan-bahan
  • 8 siung bawang putih
  • 3 butir kemiri
  • 1 sdt ketumbar
  • 1 sdm air jeruk nipis
  • 1 ruas jahe
  • 1 jari kunyit
  • 800 gram Ikan gurami
Bahan olesan:
  • secukupnya Margaein
  • secukupnya Kecap
  • 2 sdm Madu
Langkah
  1. rendam ikan dengan bumbu marinasi min hingga 5 jam 
  2. Bakar hingga matang  
  3. Sebelum benar benar matang lapisi. Kemudian bakar hingga kering
  4. dian ikan siap untuk di santap selamat mencoba
baca juga : Resep Cumi- Cumi Asam Manis Pedas

4. Ikan bawal bakar



Bahan-bahan

  • 1/2 kg ikan bawal
  • 1 buah Jeruk nipis untuk perasan ke ikan
  • Bumbu halus
  • 5 buah bawang merah
  • 3 buah bawang putih
  • 5 buah cabai merah
  • 1 ruas kunyit
  • 1/2 ruas jahe
  • Bahan olesan
  • 3 sdm kecap manis
  • 3 sdm kecap asin
  • 3 sdm minyak wijen
  • 3 sdm saos tomat
  • Secukupnya garam
Langkah
  1. Bersihkan ikan lalu peras jeruk nipis di atas nya
  2. Balur ikan dengan bumbu halus hingga rata lalu tambahkan garam sedikit
  3. Masukkan ikan kedalam lemari es kurleb 1 sd 2 jam supaya bumbu meresap 
  4. Setelah 1 sd 2 jam keluarkan ikan dr lemari es lalu panaskan teflon dengan margarin, oles ikan dengan bahan olesan.bakar ikan di atas teflon hingga matang 
  5. Balik ikan oles kembali dengan bahan olesan serta bakar ikan hingga matang
  6. Setelah matang, angkat serta sajikan 
  7. Sajikan bersama nasi putih serta sambal terasi  
  8. Selamat mencoba   
sampai disini pembahasan artikel Resep IKAN BAKAR sederhana, bikin gak berhenti Makan, semoga banyak manfaatnya jika sobat semua silahkan share sebanyak- banyaknya, dan nantikan artikel terbaru dan menarik lainya,

Wassalamualaikum wr... wb...

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar