Skip to main content

Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan

resep ayam geprek sambal matah


resepke17.id - Assalamualaikum .. wr.. wb.. Selamat pagi sobat susan semua apa kabar?? udah pada masak belum nih?? kebetulan kali ini susan akan membahas tentang Resep ayam nih,cocok buat menu makan siang nya nih, ayam memang menjadi menu pavorit setiap orang dong pasti nya... dalam masalah harga ayam memang tergolong kategori ya lumayan lah nyaman di kantong, hheehehe

Resep Ayam Geprek Sambel Mentah rumahan, memang resep ini susan khusus buatakan untuk para sobat yang benar- benar sangat ingin tahu sekali resep ayam gepreknya, heheh yuuk langsung saja ke tutorial pembuatanya.. silahkan sobat pilih salah satu resep dibawah ini sessuai selera kalian..

1. Ayam geprek sambel matah

Bahan-bahan :
  • 6 potong ayam
  • 5 tahu kuning
  • 1 bks bumbu ayam goreng
  • Secukupnya garam, ketumbar bubuk,air,minyak goreng
  • Bahan sambel
  • 10 cabe rawit
  • 1 terasi (yg 1000)
  • 1 tomat merah
  • Secukupnya gula, dan garam
Langkah pembuatanya :
  1. Ayam yg sudah dibersihin masuk ke panci kasih air sampe diatas ayam, masukan bumbu ayam goreng, tahu, rebus sampe ayam empuk tambah garam& ketumbar bubuk
  2. Sampe ayam &tahu empuk angkat kemudian goreng sampe kering sisikan 
  3. Ulek bahan sambel sesuai selera mau halus/kasar, sudah jd sambel. Geprek ayam &tahu taro sambel diatas'y,,,, jd deh

2. Ayam Geprek Sambal Matah  

Bahan-bahan :
  • untuk 3 Porsi
  • 200 gram Dada Ayam Fillet
  • 200 gram Tepung Serbaguna
  • Secukupnya Garam
  • Secukupnya Lada Bubuk
  • 1/2 sdt Baking Powder/ 1 btr Telur
  • 8 siung Bawang Merah
  • Minyak untuk menggoreng
  • Secukupnya Air
  • 3 lbr Daun Jeruk
  • 10 buah Cabe Rawit
  • 3 batang Serai (Ambil bagian dalam/ bagian lunak)
  • Secukupnya Minyak Panas
  • 1-2 buah Jeruk Limau
  • Secukupnya Daun Kemangi
  • 1 siung Bawang Putih Besar
  • 1/2 sdt Gula Pasir
Langkah pembuatanya :
  1. Bagi dada ayam dengan dipotong melebar dan dibagi menjadi 2-3 bagian 
  2. Celupkan potongan ayam ke adonan basah, lalu gulingkan ke adonan tepung kering. Adonan tepung kering ini terdiri dari tepung terigu, garam, dan lada bubuk.
  3. Pertama buat adonan basah. Adonan basah terdiri dari 3 sdm tepung, sejumput garam dan baking powder, yang dilarutkan dengan air. Buat kekentalan yang pas, jangan terlalu cair ataupun kental. Oya untuk baking powder bisa diganti dengan 1 butir telur. 
  4. Happy trying dan semoga suka! :)) 
  5. Ayam geprek selesai, tinggal disajikan dengan nasi hangat dan diberi sambal matah yang dibuat tadi. Mudah kan?  
  6. Sisihkan sambal matah, karena sambal matah selesai! Mari lanjutkan membuat ayam geprek. 
  7. Untuk kamu yang males beribet-ribet ria, bisa menskip membuat ayam goreng tepungnya dan mengganti dengan membelinya langsung saja ke abang-abang dekat rumah ehehe 
  8. Celupkan lagi ayam ke adonan basah, lalu gulingkan lagi ke tepung kering sambil dipijet-pijet bep biar tepung nempel. Ulangi 1-2 kali untuk membuat kulit tepung ayam yang mekar. 
  9. Setelah itu goreng ayam dalam minyak panas hingga berwarna kuning keemasan 
  10. Mari lanjutkan dengan membuat sambal matah! Pertama iris tipis bawang merah, cabe rawit, serai, dan daun jeruk.  
  11. Tambahkan 1/2 sdt garam, dan gula lalu aduk-aduk sampai semua bahan tercampur dan sedikit layu. Selesai itu tambahkan perasan jeruk limau, sesuai selera masing-masing ya bep banyak sedikitnya. Oya untuk jeruk limau ini bisa diganti pake jeruk nipis atau lemon, balik lagi ke selera masing-masing ehehe
  12. Siapkan bawang putih, sedikit garam atau penyedap rasa dan cabe rawit kalo suka pedes ya bep! Lalu #DiulekAsyik yaa. Terakhir tambahkan daun kemangi, dan ulek kembali tapi jangan sampai halus.  
  13. Setelah itu tambahkan ayam yang sudah digoreng, dan digeprek. Sambil diaduk biar ayam tercampur bumbu ulek tadi ya bep!  
  14. Setelah itu tambahkan minyak yang benar-benar panas. Aduk lagi sampai sambal matah tercampur.  
  15. Lalu lanjutkan dengan membuat sambal matah dan menggeprek ayamnya! Simple bukan? hihi  
  16. Untuk melihat resep-resep simple lainnya bisa click follow dan kirim foto recooknya yaa biar si-aku semangat berbagi resepnya. Oya jangan lupa likenya ehehe

3. Sambal bawang (ayam geprek) dijamin enak
Sambal bawang kesukaan orang rumah enak banget apalagi buat ayam geprek pasti nambah!
Bahan-bahan
  • Cabe rawit merah (saya beli di tk.sayur yg bungkusan 5rb)
  • 3 siung Bawang putih
  • 1 siung Bawang merah
  • 1/2 buah Tomat
  • Garam
  • Royco
  • Gula
Langkah
  1. Cuci semua bahan bahan lalu tiriskan
  2. Ulek cabe,bawang,dan tomat (sesuai selera kalau saya suka yg ulek kasar)  
  3. Tambahkan gula garam dan royco sesuai selera  
  4. Panaskan sedikit minyak diwajan, lalu goreng sambal yang sudah di ulek  
  5. Goreng sampai wangi nya sedap dan matang  
  6. Sambal siap disajikan

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar