Skip to main content

5 Resep Minuman Yang Bisa Menyembuhkan Radang Tenggorokan



resepke17.id - Assalamualaikum wr wb 
Selamat pagi sobat susan semua? lagi pada ngapain nih? kali ini susan akan berbagi resep untuk sobat yang mempunyai penyakit radang tenggorokan nih, ada yang mengalami penyakit ini???
mudah-mudahan jangan deh ya? karena saki itu gak enak heheheh..

Pengertian dan penyebab radang tenggorokan
Radang tenggorokan adalah peradangan pada kelenjar tonsil atau amandel,salah satu kelenjar yang berfungsi sebagai sistem pertahanan tubuh dan sebagai penangkap dan membunuh kuman pada saluran pernapasan, penyebab radang amandel pada ummunya karena terinfeksi virus dan bakteri..

Yuk ahh sob langsung saja ke pembuatan dan tutorial pembuatan resepnya..

1. jahe hangat lemon madu 
Bahan-bahan

  • untuk 1 gelas
  • 1 gelas air putih
  • 1 ruas jahe dikupas Dan dipotong
  • 1/2 lemon
  • 1 sdm madu

Langkah pembuatanya :

  1. Rebus air mendidih masukan jahenya sampai warna air jadi agak kecoklatan karena dari rebusan jahe  
  2. Siapkan cangkir tahan panas/mug masukan lemonnya Dan saring  
  3. Masukan madunya  
  4. Setelah matang air jahenya saring ke cangkir /mug aduk yg rata 
  5. Silahkan diminum.. pasti joss langsung nyoss


baca juga : 10 Manfaat Jika Tiap Pagi anda Rajin Konsumsi Jeruk Nipis


2. Jahe teh hangat
Bahan-bahan

  • untuk 2 porsi atau 2 gelas
  • 500 ml air putih
  • 36 gr (jahe dan kencur) dirumah cuma ada segini
  • 1 batang sereh
  • 1 kantong teh celup
  • 1.5 sdm gula pasir

Langkah pembuatanya :

  1. Bersihkan dan bakar jahe dan kencur hingga tercium wanginya, kemudian geprek jahe, kencur dan sereh, sisihkan.
  2. Masak air beserta jahe, kencur dan sereh. Masak hingga mendidih. 
  3. Setelah mendidih, masukkan teh celup, jika sudah coklat segera matikan kompor. Saring minuman ke gelas (saya lebih suka semua ampasnya ikut dituang ke gelas), tambahkan gula pasir.  
  4. Siap disajikan saat cuaca mendung, tenggorokan sakit, masuk angin/gak enak badan.


3.Minuman tradisional cukup 3 bahan 
Bahan-bahan :

  • 1 ruas Jahe, kupas, bersihkan lalu di geprek
  • 2 tangkai asam jawa (kalo kuat asam bisa ditambah)
  • secukupnya Gula aren, di iris2 tipis
  • Air panas

Langkah pembuatanya :

  1. Didihkan air, tuang ke gelas.
  2. dan Masukkan asam jawa, jahe dan gula aren. 
  3. TerusAduk-aduk rata. Biarkan sejenak sampai rempah benar-benar larut ke air. Minum dehh. Segeeerr
  4. Banyak nya gula aren tergantung masing-masing yaa.. aku pakai nya gak terlalu banyak, sekedar buat mengurangi rasa asam dari asam jawa nya aja. Kalo mau lebih nyegrak bisa di banyakin jahe nya, kalo mau enak bisa di tambah sereh jugaa. Aroma & rasanya tambah mantep tuhh
4.Jus detox pelega tenggorokan
Bahan-bahan

  • untuk 1 porsi
  • semangka
  • 1 ruas jahe
  • 2 sendok makan lemon/jeruk nipis, peras
  • 1 sendok madu

Langkah pembuatanya

  1. hanya 5 menit
  2. Blender semua kecuali madu, kemudian saring hingga tinggal ampasnya 
  3. tuang ke gelas dan tinggal tambahkan madu. jadi deh jus detox pelega tenggorokan 😊😊
  4. Untuk yang pengen diet bagus banget tapi semangkanya diilangin hanya tinggal jahe, lemon ma madu diminum setiap malam sebelum tidur.


tambahan :

5. Sop Organik tanpa Msg / Obat tenggorokan & Flu
Bahan-bahan

  • untuk 4 porsi
  • 2 buah jagung
  • 4 buah wortel
  • 8 buah bawang putih
  • 6 buah bawang merah
  • 1/2 sdt merica butir

Langkah pembuatanya :
  1. Sisir dua buah jagung (pake pisau yah nyisirnya)  
  2. Potong2 wortel sesuai bentuk selera
  3. Rebus jagung hingga mendidih, air rebusan kurg lebih Hampir setengah gayung  
  4. Setelah rebusan jagung mendidih masukkan wortel  
  5. Uleg bawang merah, bawang putih, dan merica butir (kalau pake merica butir dan yang bubuk rasanya beda ya kuncinya disini)  
  6. Jika wortel mau matang , kemudian masukkan  bumbu yang sudah diuleg tadi. Lalu takar garamnya, boleh tambahin gula sdkit tapi karena ini utk yg batuk, jd saya gak pakai  
  7. Aduk2 sampai mendidih, makan selagi hangat, oya kalau ada daun bawang, kentang, dan kol rasanya akan lebih mantap.

Sampai disini pembahasan 5 Resep Minuman Yang Bisa Menyembuhkan Radang Tenggorokan, mohon maaf jika banyak yang kurang dipahami, dan jika kalian suka dengan artikel ini silahkan share sebanyak-banyaknya, Nantikan artikel terbaru lainya..

Wassalamualaikum wr..... wb....


 

Comment Policy: Silahkan tuliskan komentar Anda yang sesuai dengan topik postingan halaman ini. Komentar yang berisi tautan tidak akan ditampilkan sebelum disetujui.
Buka Komentar
Tutup Komentar